7 Penyebab Diabetes Mellitus Yang Perlu Kamu Ketahui

317 views

Ketahui 7 Penyebab Diabetes MellitusTerganggunya tubuh dalam menggunakan glukosa dalam sel merupakan penyebab diabetes mellitus. Saat tubuh normal mampu memecah gula dan karbohidrat yang kamu konsumsi menjadi gula khusus yang disebut glukosa. Penyakit diabetes memiliki beberapa jenis baik itu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, ataupun diabetes gestasional mempunyai efek serius pada tubuh.

Diabetes tipe 2 dapat terjadi karena hormon insulin tidak mencukupi kebutuhan sehingga tidak berfungsi dengan baik dalam mengolah gula darah. Berikut ini adalah penyebab penyakit diabetes yang perlu kamu ketahui di antaranya:

1.    Faktor genetik

Faktor genetik adalah pdfSalah satu faktor penyebab diabetes mellitus yang tidak dapat dielakkan adalah faktor genetik. Itulah mengapa penyakit diabetes sering kali dianggap sebagai penyakit keturunan.

Tapi bukan berarti kamu otomatis terkena diabetes apabila ayah atau ibu kamu mengidapnya. Beberapa penelitian menenunjukkan bahwa risiko anak terkena diabetes akan lebih besar ketika ibunya mempunyai penyakit ini.

Sedangkan jika kedua orangtua mempunyai penyakit diabetes, maka risiko anak untuk terkena diabetes jauh lebih besar sekitar 50%. Faktor genetik sebenarnya bukan penyebab diabetes mellitus tunggal, tapi ada faktor lain yang turut berperan, misalnya gaya hidup yang tidak sehat.

2.    Faktor usia

faktor usia adalahSiapa yang menyangka jika faktor usia menjadi salah satu dari penyebab diabetes mellitus? Ya, selain faktor genetik, usia juga menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes mellitus yang tak bisa di cegah.

Usia yang bertambah maka risiko terkena penyakit diabetes pun akan sangat meningkat. Hal ini dapat terjadi karena usia dan penyakit yang saling berhubungan. Semakin bertambahnya usia kamu maka fungsi tubuh juga akan mengalami penurunan, termasuk perubahan tubuh dalam menggunakan gula darah.

Alhasil, banyak orang lanjut usia yang terkena penyakit ini karena tubhnya yang tidak bisa menggunakan gula darah dengam maksimal.

3.    Resistensi insulin

cara mengatasi resistensi insulinKombinasi antara gaya hidup yang buruk dengan faktor genetik dapat menjadi penyebab resistensi insulin. Apalagi jika tubuh kamu kebal terhadap sesisten (insulin) artinya tubuh kamu tak dapat menggunakan insulin dengan baik.

Kamu mungkin bisa saja menghasilkan cukup hormon insulin untuk mengalirkan glukosa ke dalam sel-sel tubuh.
Tapi tubuh kamu belum tentu mampu menggunakan insulin secara efektif sehingga gula menjadi menumpuk di dalam darah.

Apabila kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, risiko untuk terkena penyakit diabetes mellitus akan semakin tinggi.
Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadinya resistensi insulin adalah penyebab diabetes mellitus.

4.    Banyak makan gula

Banyak makan gula arenMengkonsumsi makanan manis seperti dessert memang tidak ada salahnya, dan pastinya sulit untuk menolak makanan tersebut.

Dengan bentuk yang unik dan rasa yang memanjakan lidah membuat orang-orang menjadi ketagihan dengan makanan ini. Tapi kamu tetap perlu berhati-hati dengan tidak mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan, karena makanan manis dapat menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit diabetes mellitus.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Penyakit Jantung

5.    Malas gerak

penyebab malas gerakMengkonsumsi makanan yang manis dan di tambah dengan gaya hidup sedentary atau malas gerak bisa jadi penyebab  diabetes tipe 2.

Tidak bisa di pungkiri bahwa segala aktivitas yang kamu perlukan telah dipermudah dengan adanya berbagai aplikasi online yang menawarkan layanan pembelian mulai dari makanan barang atau jasa lainnya. Kamu hanya perlu melakukan beberapa klik saja pesanan kamu akan langsung di antar ke depan pintu atau ruangan kerja.

Selain meminimalisir waktu, aplikasi online juga membuat kamu tidak perlu capek mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk mendapat barang yang diinginkan. Perlahan tapi pasti malas gerak akan menyebabkan resistensi insulin yang menjadi faktor penyebab diabetes mellitus.

Apalagi jika diikuti dengan pola hidup yang tidak sehat seperti merokok atau minum alkohol, penyakit diabetes akan lebih cepat menyerang.

6.    Kelebihan berat badan

berat badan idealBerat badan yang berlebih atau obesitas menjadi penyebab meningkatnya risiko diabetes mellitus, dibandingkan dengan orang yang sehat. Penyebab diabetes ini dapat menimbulkan perubahan pada metabolisme tubuh yang mengakibatkan sel dalam tubuh tidak mampu merespon insulin dengan baik.

Akibatnya tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga terjadilah resistensi insulin. Nah, resistensi insulin ini yang akhirnya menjadi penyebab diabetes tipe 2. Pasalnya, kondisi tersebut membuat glukosa menumpuk dalam darah.

7.    Pakai obat-obatan tertentu

obat-obatan tertentu adalahMengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasi masalah kesehatan yang di alami mungkin dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah, yang akhirnya dapat menjadi faktor penyebab diabetes mellitus. Apalagi jika kamu mempunyai riwayat diabetes atau sudah kena diabetes. Berdasarkan UIC Center beberapa jenis obat-obatan yang menjadi penyebab meningkatkan risiko diabetes, di antaranya:

•    Steroid
•    Statin
•    Obat diuretik, khususnya diuretik thiazide
•    Beta-blocker
•    Pentamidine
•    Protese inhibitor
•    Obat yang tidak memiliki resep dalam bentuk sirup mengandung banyak gula.

Jika kamu sedang menggunakan salah satu atau beberapa obat, penting untuk menanyakan risiko dan manfaat obat tersebut dengan dokter.  Jangan pula untuk berhenti mengkonsumsi obat jenis apapun itu sebelum kamu menanyakan keamanannya pada dokter.

Nah, itu dia 7 penyebab diabetes mellitus yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga pola hidup sehat dengan mengkonsumi makanan yang baik untuk penderita diabetes, dengan menjauhi semua pantangannya. Untuk yang tidak mengalami penyakit tersebut tetap perlu menjaga makanan yang dikonsumsinya.

author
Author: