Pengertian Penyakit Hepatitis, Ciri, Jenis Dan Penyebabnya

2778 views

Tentunya anda pernah mendengar penyakit hepatitis bukan? Namun, tahukah anda apa itu pengertian penyakit hepatitis. Hepatitis disebut juga penyakit kuning. Penyakit ini menyerang organ hati manusia. Hepatitis akan memicu peradangan pada hati dan liver sehingga fungsi hati sebagai penyaring racun akan terganggu.

Dengan menurunnya fungsi organ hati, kinerja organ- organ lainnya pun akan ikut menurun. Oleh karena itu, kesehatan seseorang tersebut akan menurun secara keseluruhan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik hepatitis pada bayi, anak- anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Kali ini, kami akan mengulas pengertian penyakit hepatitis, ciri, penyebab, dan jenis hepatitis.

I. Pengertian Penyakit Hepatitis

pengertian penyakit hepatitis

Pengertian penyakit hepatitis adalah penyakit yang menyerang organ hati manusia. Bagian organ hati dan liver akan mengalami peradangan sehingga fungsi hati sebagai tempat menyaring racun dalam darah akan terganggu. Dengan terganggunya fungsi organ hati, fungsi- organ- organ lainnya pun akan terganggu. Hal ini akan membuat kesehatan seseorang menurun secara perlahan- lahan.

II. Penyebab Penyakit Hepatitis

Dari segi penyebabnya, pengertian penyakit hepatitis terbagi menjadi 2 jenis, yaitu hepatitis non-infeksi dan infeksi. Pada hepatitis non infeksi, radang hati bukan disebabkan oleh infeksi, hepatitis disebabkan oleh alkohol, obat- obatan, dan bahan kimia. Karena penyebab radang pada hepatitis non-infeksi bukanlah jamur, bakteri, virus, atau mikroorganisme lainnya, hepatitis ini termasuk drug induced hepatitis dan tidak tergolong penyakit menular.

Sebaliknya, pada hepatitis infeksi, peradangan hati disebabkan oleh mikroorganisme yang menyerang hati. Mikroorganisme yang menyebabkan hepatitis adalah virus hepatitis.

III. Jenis Jenis Hepatitis

Terdapat 5 macam dan jenis pengertian penyakit hepatitis yang dinamai sesuai abjad. Jenis- jenis hepatitis, yaitu virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB), virus hepatitis C (VHC), virus hepatitis D (VHD) dan virus hepatitis E (VHE). Virus- virus hepatitis terus berkembang. Selain itu, diperkirakan masih ada 3 virus lainnya yang menyebabkan hepatitis.

IV. Perbedaan Hepatitis ABC

Perbedaan Hepatitis ABC

Jenis hepatitis yang pertama adalah hepatitis A. Pengertian penyakit hepatitis A adalah penyakit yang menyerang sel-sel hati manusia dan disebabkan oleh virus hepatitis tipe A. Ditambah, anak- anak adalah mayoritas penderita hepatitis A.

Gejala awal hepatitis A yang biasanya muncul adalah muntah, mual, demam, nyeri pada otot dan sendi, dan juga diare. Kemudian, ada beberapa gejala lain yang akan muncul ketika organ hati sudah mulai terserang. Diantaranya, gatal- gatal, sakit kuning, tinja berwarna pucat, dan urine berwarna gelap. Disamping itu, apabila anda menekan daerah perut bagian kanan atas, akan terasa sakit.

Namun, tidak semua penderitanya mengalami gejala penyakit hati yang disebutkan tadi. Oleh karena itu, penyakit hepatitis A seringkali tidak disadari. Hanya 1 dari 10 penderita hepatitis A berusi dibawah 6 tahun yang mengalami penyakit kuning. Sementara pada penderita remaja dan dewasa, 70 persen di antaranya akan mengalami sakit kuning dan gejala lainnya yang lebih parah.

Berbeda dengan dua jenis hepatitis lainnya (Hepatitis B dan C), infeksi akibat hepatitis A jarang berakibat fatal dan tidak menyebabkan gangguan hati yang kronis. Namun, hepatitis A pun dapat memicu gejala kerusakan hati akut, yang berpotensi mengancam nyawa dan cukup berbahaya.

Jenis hepatitis yang kedua adalah hepatitis B. Pengertian penyakit hepatitis B adalah infeksi serius pada hati. Jenis hepatitis ini disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B dapat menyebabkan kondisi kronis dan akut pada penderitanya. Penyakit ini dapat membahayakan nyawa penderitanya jika sudah memasuki level kronis. Ditambah, apabila penyakit ini tidak segera ditangani, penderita hepatitis B akan berisiko terserang gagal hati, kanker hati, atau sirosis.

Hepatitis B biasanya memmiliki gejala yang tidak langsung terasa atau bahkan tidak muncul sama sekali. Oleh karena itu, gejalanya akan sulit dikenali dan banyak orang yang tidak menyedari bahwa dirinya telah terinfeksi. Sejak virus menyerang seseorang hingga kemunculan gejala pertama, biasanya dibutuhkan waktu 1-5 bulan.

Jenis Jenis Hepatitis

Adapun beberapa gejala umum seseorang menderita hepatitis B, diantaranya mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, mengalami sakit kuning (terlihat dari kulit dan bagian putih mata yang menguning), nyeri perut bagian bawah, dan gejala yang mirip pilek (sakit kepala, nyeri pada tubuh, dan lelah).

Jenis hepatitis yang ketiga adalah hepatitis C. Hepatitis C adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Hepatitis C (VHC). Cara penularan penyakit hepatitis adalah melalui serangga yang menggigit penderita lalu menggigit orang lain dan kontak darah (transfusi atau jarum suntik yang terkontaminasi). Terkadang, penderita hepatitis C tidak menunjukan gejala dan tanda yang jelas. Namun, penderita hepatitis C kronik dan akut menyebabkan kematian atau kerusakan sel-sel hati. Ini disebut sebagai kanker hati.

Menangani gejala hepatitis C, walaupun infeksi hepatitis C terjadi bertahun- tahun lamanya, penderitanya seringkali tidak menampakan gejala. Namun, terdapat beberapa gejala yang samar, meliputi sakit perut, hilang selera makan, lelah, kulit atau mata menjadi kuning, dan urin menjadi gelap.

Membandingkan ketiga jenis hepatitis tersebut, hepatitis paling berbahaya adalah hepatitis C. Hepatitis C bisa menyebakan penyakit kronik hati yang merupakan penyebab utama kanker hati dan sirosis. Ini membutuhkan transplantasi hati.

V. Tanda Dan Gejala Hepatitis

Tanda Dan Gejala Hepatitis

Gejala dan tanda hepatitis disebabkan oleh virus dapat terjadi tiba-tiba atau secara bertahap. Ciri-ciri penyakit hepatitis yang paling sering terlihat, berupa mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kelelahan, dan urin yang menjadi gelap. Disamping itu, penderitanya seringkali mengalami demam yang tidak begitu tinggi. Penderitanya pun akan mengalami ketidaknyamanan pada bagian perut dan juga nyeri perut kuadran kanan atas.

Sekitar setengah pasien mengalami arthralgia atau myalgia, terutama pada penderita hepatitis B. Kemudian, gejala awal pun akan mereda saat penyakit kuning mulai berkembang. Bisa terjadi splenomegaly dan hepatomegali. Jika penyakit ini terjadi pada tahap gejala hepatitis akut dan kronis, dapat ditemukan kegagalan hati akut, termasuk ascites, edema perifer, asterixis, dan konfusi.

VI. Cara Mengobati Penyakit Hepatitis

Pengobatan yang akan dilakukan dilihat dari jenis hepatitis tersebut. Umumnya, penderita hepatitis perlu minum obat, menghindari alkohol, dan harus banyak beristirahat untuk meringankan gejala. Biasanya orang yang menderita hepatitis A dan E akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Sementara, hepatitis B diobati oleh antivirus, meliputi adefovir dipivoxil dan lamivudine. Hepatitis C diobati dengan kombinasi ribovarin dan peginterferon. Kemudian, apabila hepatitis B atau C menyebabkan kegagalan hati, transplantasi hati mungkin akan diperlukan.

VII. Mencegah Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis dapat dicegah dengan cara menghindari penyebab- penyebab yang dapat memicu penyakit ini. Anda pun perlu menghindari cara penularan yang telah disebutkan diatas. Disamping itu, cara untuk mencegah hepatitis pada bayi adalah dengan melakukan vaksinasi dan imunisasi terhadap hepatitis A dan B.

Demikianlah, pengertian penyakit hepatitis. Segera periksakan diri anda ke dokter jika anda melakukan kontak fisik dengan penderita hepatitis B dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Risiko penularan penyakit ini dapat diperkecil dengan suntikan imunoglobulin hepatitis B.

Baca juga : 5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Jika anda mengalami jenis hepatitis B atau ingin tahu lebih dalam tentang jenis hepatitis ini dan cara pengobatannya, anda bisa membaca ulasan kami lainnya pengobatan Hepatitis B secara tradisional. Ditambah, apabila anda menderita gejala hepatitis C atau ingin menambah wawasan anda mengenai pengertian penyakit hepatitis dan jenis hepatitis ini, anda bisa membaca ulasan pengobatan hepatitis C secara tradisional.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.