4 Makanan Penambah Darah Rendah

3941 views

Sering merasa lemah dan letih? Bisa jadi anda mengalami darah rendah.  Tubuh yang mengalami penurunan jumlah sel darah merah akibat kurangnya asupan zat besi kedalam tubuh menjadi penyebab darah rendah. Untuk memperbaikinya, rajinlah mengkonsumsi makanan penambah darah rendah.

Dengan kurangnya zat besi, tubuh tidak mampu memproduksi sel darah merah atu hemoglobin yang cukup. Fungsi dari hemoglobin atau sel darah merah ini adalah mengangkut oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, kekurangan zat besi dalam tubuh akan membuat tubuh cepat letih dan lemas.

Terdapat dua jenis zat besi yang diserap dalam tubuh dari makanan yang anda konsumsi.
• Heme: berasal dari hemoglobin atau sel darah merah. Umumnya jenis zat besi ini berasal dari ikan, daging merah, dan daging ungags.
• Non-heme: Jenis zat besi ini terdapat dari bahan makanan seperti kismis, buah-buahan kering, biji-bijian, dan bayam.

Makanan penambah darah rendah yang berperan untuk menambah produksi sel-sel darah merah dalam tubuh akan dikupas tuntas dalam ulasan dibawah ini.

1. Daging Penambah Darah Rendah

Sebenarnya, daging telah terkenal akan kemampuannya untuk menambah darah dengan cepat. Namun, anda juga tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi daging. Menurut World Cancer Research Fun, mengonsumsi daging merah tidak boleh lebih dari 70 gram sehari. Meski mengandung banyak nutrisi, daging juga mengandung lemak jenuh yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Apa saja produk daging yang bagus sebagai makanan penambah darah rendah?

Daging merah. Daging yang termasuk dalam daging merah adalah daging sapi, kerbau, dan kambing yang dapat menaikkan hb secara cepat. Daging merah kaya akan protein, zat besi (fe), dan mineral essensial lainnya. Zat besi dalam produk daging merah mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh dengan cepat. Protein juga membantu menyusun sel-sel darah merah. Namun, konsumsi daging merah berlebihan juga tidak baik. Makanan ini bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular dalam jumlah berlebihan.
• Daging ayam. Protein hewani mampu mebangun sel-sel dalam tubuh termasuk sel darah merah. Daging hati ayam mengandung zat besi yang bermanfaat untuk menambah darah.
• Susu. Susu mengandung vitamin, protein, dan lemak. Susu merupakan minuman penambah darah rendah. Konsumsi susu secara wajar akan menghindarkan anda dari penyekit anemia atau kekurangan darah. Namun, anda disarankan untuk memilih susu penambah darah dari kedelai, yoghurt, dan seral untuk menaikan kadar sel darah merah.
• Telur. Telur mengandung zat besi, kalsium, protein, dan vitamin lainnya. Telur juga mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan darah. Kuning telur berguna untuk menambah darah. Bagi anda penderita anemia, konsumsi telur dua kali sehari untuk menambah darah.

2. Sayuran Penambah Darah Rendah

Sayuran penambah darah adalah sayuran yang berwarna hijau gelap dan mengandung zat besi. Beberapa sayuran adalah makanan penambah hb darah yang bisa anda konsumsi secara rutin:

penambah darah rendah

• Sawi. Sawi adalah sayuran hijau yang mengandung zat besi untuk penambah darah. Ada dua jenis sawi yaitu sawi hijau dan sawi putih. Namun, menurut Dr Oz sawi hijau mengandung zat besi lebih tinggi dibandingkan sawi putih. Selain itu, sawi tidak hanya mengndung zat besi. Sawi juga mengandung vitamin dan mineral yang lengkap. Sawi memiliki kandungan magnesium, selenium, fosfor, potassium, kalium, dan masih banyak lagi.
• Bayam. Sayuran penambah darah ini memeiliki kandungan zat besi yang tinggi. Bayam bisa mengatasi anemia pada ibu hamil dan wanita pada masa menstruasi. Namun, jangan mengonsumsi bayam yang sudah didiamkan selama 5 jam. Bayam sudah berinteraksi dengan oksigen dan menimbulkan potensi beracun. Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung vitamin A, C, niasin, thiamin, riboflavin, fosfor, magnesium, kalium, natrium, dan kalsium.
• Bunga kol tau kembang kol. Bunga kol adalah sayuran berwarna putih kehijauan yang merupakan cara menormalkan hb. Kandungan gizi dalam kol hampir setara dengan brokoli. Kandungannya dapat mengoptimalkan regenerasi sel-sel darah merah. Masih banyak juga kandungan yang tidak kalah penting seperti thiamin, niasin, kalsium, kalium, dan protein. Kandungan inilah yang membuat kol begitu disarankan untuk penderita anemia.
• Buncis. Buncis adalah salah satu sayuran penambah darah. Sayuran ini mengandung asam folat yang dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Untuk mendapatkan asam folat secara optimal dari buncis, anda harus mengonsumsi buncis dalam keadaan mentah. Namun, bila memang terpaksa harus dimasak, jangan masak buncis terlalu matang.
• Jamur. Jamur termasuk kedalam sayuran penambah darah yang baik. Jamur mengandung zat besi yang mampu menaikan kadar darah. Jamur yang mengandung zat besi adalah jamu shitake, jamur kuping, jamur kancing, dan jenis jamur lainnya.
• Kedelai. Kacang kedelai mengandung banyak zat besi. Olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga tidak kalah manfaatnya untuk menaikan darah dibandingkan kacang kedelai dalam bentuk asli. Oleh karena itu, masukan tahu, tempe, dan susu kedelai kedalam menu anda sehari-hari.

3. Kacang-kacangan Penambah Darah Rendah.

Ganti cemilan anda dengan kacang-kacangan jika anda menderita anemia. Kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan penambah darah untuk ibu hamil. Kacang-kacangan mengandung asam folat dan zat besi yang dapat menambah sel darah merah.

penambah darah rendah

• Kacang Polong. Kacang polong adalah salah satu makanan penambah hb ibu hamil. Anda perlu mengganti cemilan anda dengan kacang polong. Namun, jangan berlebihan karena efeknya tidak bagus untuk berat badan anda. Kacang polong mengandung asam folat yang mampu mengatasi anemia pada ibu hamil. Selain itu, kacang polong juga mengandung serat, vitamin K, mangan, dan protein nabati.
• Kacang almond. Kacang ini memiliki nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan kacang lainnya. Didalamnya terdapat mineral alami, antioksidan, serat, lemak baik, vitamin, dan masih banyak lagi. Untuk memenuhi asupan zat besi, anda disarankan untuk mengonsumsi kacang almond sebanyak 1 ons perharinya.
• Kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Namun, ada ahli yang mengatakan bahwa kandungan fitat dalam kacang hijau dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

4. Makanan Laut Penambah Darah Rendah

Tidak hanya sayur, daging dan kacang yang dapat menyumbang zat besi dalam tubuh dan merupakan makanan pendongkrak hb. Makanan laut juga dapat menjadi makanan penambah darah.

penambah darah rendah

• Udang. Udang mengandung zat besi, kalsiu, dan fosfor yang tinggi. Zat-zat ini sangat berperan penting untuk menambah sel darah merah dan menaikan tekanan darah. Udang juga berguna untuk pembentukan tulang. Yang harus anda perhatikan adalah apakah anda memiliki alergi terhadap udang.
• Tiram dan kerang. Mengonsumsi tiram dan kerang akan melancarkan sirkulasi darah, mencegah hipertensi, dan membantu menambah darah dalam tubuh. Tiram mengandung zat besi yang mampu memproduksi hemoglobin yang berguna mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
• Ikan. Ikan mengandung omega 3, zat besi, karbohidrat, protein, dan nutrisi lainnya. Contohnya, ikan salmon mengandung omega 3 dan vitamin B12 yang bermanfaat untuk menambah darah. Ikan juga tergolong kedalam makanan yang rendah kolesterol jahat.

Banyak orang masih menganggap sepele mengenai kekurangan darah atau anemia. Padahal darah yang sehat membantu manusia menjalankan aktivitas sehari-hari. Jaga selalu kesehatan darah anda, konsumsi makanan penambah darah, buah penambah darah rendah, dan tingkatkan kualitas hidup anda.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.