Ikuti 8 Pantangan Penderita Diabetes Agar Sembuh

35 views

Ikuti 8 Pantangan Penderita Diabetes Agar SembuhBagi yang mengidap penyakit diabetes memilih makanan adalah hal yang sangat penting. Sebab ada makanan tertentu yang dapat dikonsumsi dan ada pantangan penderita diabetes yang sebaiknya dihindari.

Tujuannya adalah agar penderita diabetes mempunyai kadar gula dalam darah yang normal. Banyaknya makanan yang mengandung karbohidrat dan kalori  dengan kadar yang berbeda-beda.

Tapi bagi penderita diabetes, sangat ditekankan untuk menghindari makanan yang tinggi akan kalori dan gula.
Berikut ini adalah makanan pantangan penderita diabetes yang harus dihindari:

1.    Nasi putih dan makanan berbahan dasar tepung terigu

olahan nasi dan telurNasi putih, roti dan pasta adalah sumber karbohidrat utama yang sederhana. Di antara jenis karbohidrat lain, karbohidrat sederhana yang paling cepat dicerna dan diserap tubuh untuk diolah menjadi gula darah.

Karena itu pasta, roti putih, dan nasi putih menjadi pantangan makanan paling umum untuk penderita diabetes. Walaupun menjadi pantangan penderita diabetes, tapi bukan berarti nasi putih atau pasta tidak boleh di makan sama sekali.

Mengganti nasi putih adalah cara yang aman untuk mengurangi rasa lapar dan sekaligus menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kamu dapat mengganti nasi putih itu dengan jagung, nasi merah, atau ubi jalar.

2.    Makanan kaya lemak trans

cara menghilangkan minyak transBeberapa makanan kaya akan lemak trans yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes seperti kripik kentang kemasan, gorengan, dan kentang goreng.

Kombinasi dari karbohidrat tinggi dengan minyak goreng dari kentang itulah yang mampu meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga menjadi pantangan diabetes.

Selain itu lemak trans dapat ditemukan pada selai, margarin dan makanan yang diawetkan. Meski tidak langsung menaikkan kadar gula darah, lemak trans dapat memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik.

3.    Buah kering

buah kering kemasanBuah merupakan cemilan sehat untuk pengidap diabetes. Tapi yang dimaksudkan disini adalah buah kering, makanan ini justru termasuk kedalam pantangan penderita diabetes.

Buah kering diproses dengan sedemikian rupa sehingga sebagian besar kadar airnya hilang dan yang tersisa adalah kandungan gula alami. Saat proses pengeringan sebagian besar kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah tersebut ikut menguap.

Selain itu, produsen cenderung akan menambahkan lebih banyak gula untuk mengawetkan sekaligus menambah cita rasa. Alhasil, gula yang ditambahkan tersebut membuat buah kering berisiko meningkatkan kadar gula darah.

Kandungan gula yang tinggi itulah yang membuat buah kering menjadi pantang untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca juga: Ketahui 6 Cara Mencegah Diabetes Sebelum Menyesal

4.    Madu, sirup agave, dan sirup maple

sirup maple berasal dariKamu akan mengira jika madu, sirup maple, dan sirup agave termasuk pemanis alami yang bagus untuk penderita diabetes.

Nyatanya meski sering digunakan sebagai pengganti gula pasir , ketiga gula alami tersebut justru masuk ke dalam daftar makanan yang pantang dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Contohnya, 1 sdm gula putih mempunyai 12,6 gr glukosa tapi ternyata kadar glukosa madu sebesar 17 gr, dan sirup agave sebesar 16 gr, dan sirup maple 13 gr. Jadi daripada mengganti gula pasir dengan pemanis makanan, akan lebih baik jika kamu mengurangi makanan yang bergula.

5.    Kopi dengan topping

kopi topping donatLidah kamu mungkin sudah hafal dengan kopi racikan yang biasa dijajakan di kedai kopi. Tapi, topping tambahan seperti sirup, caramel, susu, atau whipped cream juga dapat meningkatkan gula darah.

Begitu pun dengan kopi yang kamu buat sendiri di rumah memakai gula pasir atau krimmer. Maka tak heran jika kopi jaman sekarang menjadi pantangan penderita diabetes.

6.    Saus tomat dan saus sambal botolan

saus tomat abc sachetMakan gorengan sambil di cocol saus tomat atau sambal emang sangat enak. Namun tahukah kamu jika kedua jenis saus tersebut termasuk kedalam pantangan untuk penderita diabetes?

Nyatanya 2 sendok saus tomat setara dengan 16 gram gula. Jika hal tersebut digabungkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat contohnya kentang goreng atau nasi, tentu gula yang dikonsumsi menjadi lebih tinggi.

Namun jika kamu ingin membeli saus yang botolan, ada baiknya periksa kembali bahan-bahan yang ada pada label kemasan tersebut.

7.    Saus salad (dressing)

dressing salad olive oilSemangkuk sayur-sayuran segar bukanlah makanan yang pantang untuk penderita diabetes. Tapi beda lagi cerita jika salad yang kamu konsumsi di sirami dengan saus dressing botolan. Prinsipnya hampir sama dengan saus sambal atau saus tomat botolan. Saus dressing ini tidak mengandung gula tambahan, namun tinggi lemak dan garam.

Agar salad yang kamu konsumsi tidak menjadi pantangan untuk penderita diabetes, maka kamu perlu menggunakan minyak kelapa asli atau minyak zaitun sebagai dressing.

Jika kamu masih khawatir akan pantangan penderita diabetes maka perlu konsultasikan hal tersebut dengan dokter atau ahli gizi. Ingat bahwa prinsip pantangan untuk penderita diabetes tidak hanya  mengenai pasal memilih makanan saja, tapi cara mengolah dan menyajikannya juga.

author
Author: