Ketahui 7 Pantangan Makanan Penyakit Jantung

180 views

Ketahui 7 Pantangan Makanan Penyakit JantungJika kamu memiliki penyakit jantung, mengatur makanan merupakan suatu hal yang penting untuk kamu lakukan agar kesehatan jantung tetap terjaga. Kamu perlu mengetahui pantangan makanan penyakit jantung untuk menurunkan risiko serangan jantung.

Pasien pengidap jantung harus lebih cermat dalam memilih makanan, seperti buah untuk penyakit jantung koroner. Ahli gizi menyarankan pada pasieun penyakit jantung untuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk meringankan kerja jantung.

Pasien jantung diwajibkan untuk menjalani diet khusus agar makanan yang dikonsumsinya tidak memberatkan jantung. Alhi gizi akan lebih menyarankan pasien untuk mengkonsumsi makanan dari ikan karena memiliki protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung.

Asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Lalu, makanan apa saja yang harus dihindari oleh penderita penyakit jantung agar tidak menimbulkan gejala penyakit jantung? Berikut penjelasannya.

1. Daging yang Diproses dan Makanan Tinggi Kolesterol

Ketahui 7 Pantangan Makanan Penyakit JantungDaging asap, sosis, nugget dan kornet termasuk ke dalam kategori daging olahan. Daging yang dijual dalam kemasan ini biasanya sudah melalui proses pengawetan menggunakan nitrat, garam, serta bahan pengawet lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner.

Berbagai penelitian telah dilakukan yang menunjukkan bahwa daging olahan dapat memperburuk kondisi jantung yang sehat.

Belum lagi dengan kolesterol yang tinggi di dalamnya dapat menyumbat pembuluh darah yang memompa darah beserta oksigen ke jantung. Adapun pantangan makanan penyakit jantung lainnya yang perlu dihindari adalah daging kambing, udang, bebek, cumi, kepiting, keju, mentega, mayones, dan santan kelapa.

2. Karbohidrat Olahan

Ketahui 7 Pantangan Makanan Penyakit JantungSelain menjadi sumber energi, karbohidrat juga menjadi salah satu nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Tetapi, pantangan makanan penyakit jantung sebaiknya menghindari karbohidrat olahan seperti sereal instan, nasi putih, roti putih, mie instan, biscuit, spaghetti, dan makanan yang tinggi akan gula.

Pasalnya, saat proses pengolahan makanan tersebut nutrisi yang baik seperti mineral, serat, dan asam lemak justru akan berkurang bahkan bisa saja hilang.

Selain itu bahan-bahan berbahaya lainnya  turut ditambahkan dalam makanan tersebut seperti fruktosa, lemak trans, dan sodium yang otomatis tidak lagi sehat untuk dikonsumsi, terutama bagi pengidap jantung. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa tubuh tidak mempunyai kamampuan dalam mengolah fruktosa (jenis gula yang sulit diolah) sehingga dapat mengakibatkan menumpuknya lemak.

Mengkonsumsi makanan yang tinggi fruktosa sangat berbahaya dan dapat membuat kadar kolesterol jahat meningkat, termasuk juga trigleserida dan apoliprotein. Inilah yang menjadi pemicu terjadinya penyempitan atau tersumbatnya pembuluh arteri.

3. Makanan Cepat Saji

Ketahui 7 Pantangan Makanan Penyakit JantungMungkin dipikiran kalian bahwa makanan cepat saji itu praktis dan tidak lama sehingga menjadi alasan untuk dijadikan makanan yang digemari. Selain itu, rasanya yang lezat dan menggugah selera membuatnya kian digemari. Walau begitu, kamu tetap perlu mengetahui bahwa makanan cepat saji sangatlah berbahaya bagi tubuh.

Hal itu dikarenakan kandungan sodium yang tinggi, karbohidrat, lemak trans, dan gula di dalamnya. Ditambah lagi dengan fakta bahwa makanan cepat saji sangatlah rendah serat dan giji. Saat mengkonsumsi makanan cepat saji dengan berlebihan bukan hanya jantung yang akan terancam kesehatannya tapi juga liver, ginjal hingga sistem pencernaan terganggu.

Belum lagi fast food ini biasanya mengandung tinggi garam yang menjadi pemicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pantangan makanan penyakit jantung yang perlu kamu hindari adalah kentang goreng, kripik kentang, mie instan, burger, dan berbagai makanan kalengan.

4. Soda dan Minuman Manis

Ketahui 7 Pantangan Makanan Penyakit JantungMemang segar sekali jika sudah minum minuman seperti soda atau minuman manis lainnya. Tapi minuman yang manis memiliki efek negatif yang sama dengan karbohidrat olahan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi soda lebih banyak kalori ketimbang yang tidak minum soda.

Bukan hanya itu, kandungan kimia dalam minuman soda dan minuman manis dapat mengubah bakteri pencernaan dan membuatnya menjadi lebih rentan mengalami kenaikan berat badan. Tahukah kamu? Dalam satu buah kaleng soda atau minuman manis mengandung 10 sendok teh gula, lho.

5. Permen

Ketahui 7 Pantangan Makanan Penyakit JantungSiapa sih yang tidak kenal permen? Permen memiliki banyak bentuk, warna, dan rasanya yang manis membuat seseorang enggan untuk berhenti mengkonsumsinya. Tapi mengkonsumsi permen dengan tinggi gula dapat memunculkan obesitas, kolesterol tinggi, dan peradangan yang merupakan pantangan penyakit jantung.

6. Margarin

Ketahui 7 Pantangan Makanan Penyakit JantungMengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi seperti pada margarin kemungkinan besar dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Agar lebih aman, sebaiknya kamu gunakan margarin yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi parsial, atau tetap menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti.

7. Pizza

Ketahui 7 Pantangan Makanan Penyakit JantungPizza termasuk daftar pantangan makanan penyakit jantung ke dua versi Asosiasi Kesehatan Jantung Amerika. Makanan ini mengandung lemak jenuh dan sodium bahkan di toppingnya ( bila isinya daging). Sebaiknya ganti isian daging dengan sayuran yang lebih sehat.

Menjaga kesehatan tubuh kamu dengan menghindari pantangan makanan penyakit jantung di atas, merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Jangan lupa untuk berolahraga dengan rutin, walaupun penyakit ini tidak menular namun tetap menjadi pembunuh nomer satu di dunia.

author
Author: