Obat Penambah Darah Di Apotek

8770 views

Apa saja obat penambah darah di apotek dan apa itu anemia atau kekurangan darah? Kekurangan darah atau anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin atau sel darah merah dan terasa lemas, detak jantung lebih cepat, wajah pucat, kepala pusing, dan masih banyak gejala lainnya. Wanita lebih rentan mengalami gejala anemia daripada pria. Hal ini dikarenakan wanita mengalami menstruasi dan juga kehamilan. Lalu, apa saja obat penambah darah di apotek yang aman dikonsumsi tanpa resep dokter?

Terdapat berbagai obat penambah darah dengan harga, tipe, dan jenis yang berbeda. Anda bisa mengonsumsi obat penambah darah di apotik atau obat yang anda racik sendiri dari bahan-bahan alami. Jika anda memilih cara yang mudah dan praktis anda bisa mendapatkan obat penambah darah generic di apotik. Namun, obat penambah darah generic di apotik memerlukan resep dari dokter agar anda mengonsumsinya dalam dosis yang tepat. Hal ini penting agar anemia cepat teratasi dan anda bisa beraktivitas kembali.

Apa saja obat penambah darah yang dapat mengatasi penyakit anemia? Ulasan berikut akan mereview obat penambah darah di apotek yang dapat mengatasi kekurangan darah.

1. Sangobion (Kapsul)

Sangobion adalah obat penambah darah dalam bentuk kapsul. Obat penambah darah sangobion juga bisa menjadi obat anemia resep dokter. Obat ini mengandung manganese sulfate 0,2mg, Ferrous gluconate 250mg, vitamin C 50mg, copper sulfate 0,2mg, vitamin B12 7,5mcg, folic acid 1 mg, dan sorbitol 25mg. Apa saja manfaat kandungan sangobion untuk penambah darah? Manganese sulfate dapat membantu penyerapan vitamin yang juga ada dalam obat ini kedalam tubuh. Selain itu, kandungan ini juga akan menjaga fungsi jantung dan otak.

obat penambah darah

Seperti yang diketahui, kekurangan darah dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan jantung. Ferrous gluconate bermanfaat untuk mengatasi defiensi zat besi bagi penderita darah rendah. Kondisi ini terjadi pada ibu hamil dan penderita anemia. Vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung yang berhubungan dengan kekurangan darah. Vitamin penambah darah ini juga akan mengontrol tekanan darah sehingga tekanan darah dalam tubuh akan tetap stabil.

Copper sulfate berperan untuk mengatasi anemia atau kekurangan sel-sel darah. Vitamin B12 berguna untuk mengatasi defiensi vitamin ini. Defisiensi vitamin B12 akan menyebabkan anemia atau kekurangan darah, tubuh lemah, lelah, dan lesu. Vitamin B12 juga akan membantu mencegah penyakit jantung. Folic acid bermanfaat untuk mengurangi anemia, memproduksi selsel darah dan trombosit, dan mencegah kerusakan pembuluh darah.

Kandungan-kandungan ini akan mememuhi kebutuhan tubuh terhadap zat besi. Seperti yang diketahui zat besi adalah unsur penting dalam pembentukan sel darah merah. Konsumsi obat ini sekali sehari. Biasanya harga obat sangobion di apotek adalah Rp.9200 per-strip.

2. Sakatonik Liver

Sakatonik Liver adalah obat penambah darah yang cukup ampuh. Obat ini terdiri atas bahan-bahan seperti vitamin B1, vitamin B6, multivitamin, ferro-sulfat, Mn-sulfat, Na-hipopospat, Ca-pantotenat, dan nikotinamid. Apa saja kegunaan kandungan Sakatonik Liver untuk penambah darah? Vitamin B1 bermanfaat untuk membantu produksi sel-sel darah merah.

obat penambah darah

Vitamin ini juga berguna untuk meningkatkan fungsi otak dan membantu fungsi kardiovaskulat atau jantung. Vitamin B6 berkhasiat untuk mengatasi berbagai jenis anemia. Vitamin tambah darah ini adalah nutrisi penting untuk fungsi darah, kulit, dan sistem saraf pusat. Multivitamin berfungsi meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh.

Ferro-sulfat adalah kandungan yang merupakan sumber zat besi. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah dan mengobati kadar zat besi yang rendah dalam darah. Mn-sulfat berguna untuk menambah darah dan juga menambah nafsu makan. Na-hipopospat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan PH dalam darah. Ca-pantotenat atau vitamin B5 bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan membantu pembentukan sel darah merah. Nikotinamid berkhasiat untuk mencegah gangguan dan masalah pada darah.

Obat ini bekerja dengan cara menambah darah dengan menyediakan mineral yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Obat ini juga akan membantu mengatasi letih dan lesu. Minum obat ini sekali (5ml) sehari. Apotek biasanya memberi harga sakatonik liver Rp 8.900 untuk sakatonik liver 100ml dan Rp27.000 untuk sediaan 310ml.

3. Tonikum Bayer

Obat tambah darah yg cepat, cukup pouler dan laris adalah tonikum bayer. Tonikum bayer tersedia dalam sediaan sirup. Obat ini akan membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan sel darah merah. Obat ini juga akan mengatasi gejala anemia dengan cepat. Selain itu, Tonikum Bayer juga dapat berguna untuk melancarkan ASI. Tonikum Bayer terdiri dari bahan-bahan alami seperti vitamin B1, vitamin B6, etanol, dan nikotinamid.

obat penambah darah

Apa saja fungsi dari masing-masing kandungan dalam Tonikum Bayer untuk penambah darah?

Vitamin B1 dapat membantu fungsi jantung, darah, dan pembuluh darah. Vitamin ini juga berperan untuk memperkuat saraf dan menjaga kesehatan otak. Vitamin ini juga akan memmbantu produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Vitamin B6 berperan penting untuk pemeliharaan metabolism sel darah merah. Vitamin ini juga akan mencegah penyakit jantung. Nikotinamid dalam diindikasikan untuk perawatan gangguan darah. Etanol bermanfaat untuk memenuhi kadar etanol dalam darah.

Anda bisa mengonsumsi sediaan sirup ini sekali (5ml) sehari setelah makan. Namun, tonikum Bayer dapat menimbulkan efek samping berupa hipersensitifitas. Tonikum Bayer tersedia dalam kemasan 100 ml dengan harga Rp13.000 dan kemasan 300ml dengan harga Rp26.000.

4. Hemobion

Hemobion adalah salah satu obat penambah darah di apotik yang bisa menjadi pilihan. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul. Hemobion mengandung bahan-bahan seperti kalsium karbonat, Fe-sucrose, dan vitamin B kompleks yang biasanya dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui.

Apa saja kegunaan kandungan Hemobion untuk penambah darah?

Kalsium karbonat berguna untuk mencegah dan menyembuhkan kadar kalium darah yang rendah pada penderita anemia yang tidak cukup mendapatkan kalium dari makanan. Kandungan ini juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Fe-sucrose berkhasiat untuk memenuhi kebutuhan zat besi (fe) dalam tubuh. Defisiensi zat besi akan menyebabkan berkurangnya sel-sel darah merah atau Hemoglobin. Vitamin B kompleks berfungsi untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah. Vitamin ini juga berguna menurunkan risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi dan gagal jantung.

Wanita hamil dan menyusui dianjurkan mengonsumsi obat ini agar sel-sel darah merah yang terbuang bisa tergantikan kembali. Konsumsi obat ini 1 kapsul sehari. Anda bisa mendapatkan obat ini di apotek dengan harga obat penambah darah Rp17.500 per strip.

Beberapa obat diatas adalah obat penambah darah yang dapat mengatasi anemia yang anda derita. Konsumsilah salah satu obat penambah darah tersebut yang cocok untuk anda. Sebenarnya, fungsi dan kandungan dari semua obat diatas sama. Hal yang membedakan adalah dosis dan campuran tambahan didalamnya. Selain itu, hindari pantangan makanan untuk darah rendah agar mendapatkan kesehatan yang maksimal.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.