8 Obat Herbal Penyakit Asma Yang Perlu Kamu Tahu

305 views

8 Obat Herbal Penyakit Asma Yang Perlu Kamu TahuDalam meredakan asma kamu bisa lakukan dengan memanfaatkan obat herbal penyakit asma. Penting untuk diketahui bahwa sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mencoba obat herbal tersebut.

Dokter dapat membantu kamu untuk memastikan bahwa penggunaan obat herbal yang digunakan tidak memberikan reaksi negatif pada asma kamu.

Berikut ini adalah beberapa ramuan obat herbal penyakit asma yang mungkin berguna untuk kamu yang mengidap penyakit asma.

1.    Minyak Eucalyptus

Minyak Eucalyptus AsliMinyak eucalyptus diketahui dapat meredakan gejala asma seperti sesak napas karena adanya kandungan dekongestan di dalamnya. Dalam minyak eucalyptus mengandung zat eucalyptol murni dapat meluruhkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Ada dua cara yang dapat kamu gunakan dalam penggunaan minyak eucalyptus sebagai obat tradisional penyakit asma. Hal pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan meneteskan minyak eucalyptus pada selembar kertas tisu dan taruh di dekat kepala saat ingin tidur.

Kedua, panaskan air hingga mendidih. Setelah mendidih teteskan 2-3 tetes minyak eucalyptus ke dalam air tersebut lalu hirup uapnya. Saat melakukan terapi ini, sebaiknya usahakan untuk menarik napas yang dalam agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2.    Minyak Mustard (Sesawi)

Minyak Mustard AdalahMinyak mustard telah terbukti ampuh dalam melegakan saluran pernapasan dan mengembalikan pernapasan ke ritme semula. Karena itu, penggunaan minyak ini sangat membantu pemulihaan saat asma kambuh. Sebaiknya kamu membuat campuran minyak sesawi ini untuk di simpan jaga-jaga kalau asma kembali menyerang.

Kamu dapat memanaskan 2 sdm minyak sesawi dengan 2-3 sdm kapur. Jika kamu tidak memiliki kapur, kamu dapat menggunakan salep oles sebagai gantinya.

Pindahkan ramuan tersebut ke dalam mangkuk dan tunggu hingaa menjadi hangat. Setelah tidak terlalu panas, kamu dapat mengoleskan campuran minyak ini pada area punggung dan dada bagian atas.

Baca juga: 13 Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Perlu Kamu Ketahui

3.    Buah Ara

jual buah araBuah ara yang telah diteliti memiliki nutrisi yang mampu meningkatkan kesehatan saluran pernapasan. Buah ara dapat menahan produksi dahak sehingga meringankan saat kesulitan bernapas. Obat herbal penyakit asma ini menggunakan buah ara yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Cara membuat obat herbal dari buah ara dengan memcuci 3 buah ara lalu masukkan ke dalam mangkuk yang sudah terisi air hangat, kemudian rendam semalaman. Esok paginya kamu dapat mengkonsumsi buah ara yang telah direndam tersebut dan air rebusannya dapat kamu minum juga.

Sebaiknya campuran ini kamu konsumsi ketika perut masih keadaan kosong. Dengan rutin mengkonsumsi buah ara yang telah di rendam, maka kesehatan pencernaan akan terjaga dengan baik.

4.    Kafein

bahaya kafeinKafein mempunyai sifat antiinflamasi yang dapat menyembuhkan gejala asma. Selain itu, mengkonsumsi kafein mampu merilekskan otot pernapasan. Efek yang didapatkan dari kafein ini hampir sama dengan efek yang diberikan saat mengkonsumsi obat asma teofillin.

Walaupun berdampak baik bagi penderita asma, namun kamu tetap perlu membatasi jumlah teh dan kopi yang kamu minum per hari.

5.    Jahe

manfaat jaheSelain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga ampuh dalam mengobati penyakit asma. Jahe memiliki peran dalam menghentikan lendir di saluran pernapasan dengan mengatasi peradangan yang terjadi. Jahe juga bagus dipadukan dengan madu.

Selain rasanya yang enak, madu juga dapat mengobati asma. Madu dapat mencairkan lendir sehingga dapat dikeluarkan.

Kamu dapat menghaluskan jahe dengan cara di tumbuk atau di iris tipis kemudian dicampurkan dengan madu. Mengkonsumsi campuran jahe dengan madu 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6.    Bromelain

bromelain wikiObat herbal penyakit asma lainnya adalah bromelain. Bromelain merupakan suatu enzim yang terkandung dalam buah nanas. Buah nanas ini telah diteliti dapat mempercepat penyembuhan luka, mencegah metastasis paru-paru, dan menegangkan otot yang tegang.

Bukan hanya itu, buah nanas dapat mengatasi infeksi sinus. Sinusitis merupakan salah satu penyebab munculnya serangan asma. Selain enak dikonsumsi, kamu juga dapat mengolahnya menjadi jus nanas.

Di sisi lain, buah nanas memiliki kandungan beta-karoten yang dipercaya ampuh dalam melawan inflamasi dan menangkal radikal bebas. Buah ini memang sarat akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

7.    Asam Lemak Omega-3

struktur asam lemak omega 3Menurut studi di Australia, asam lemak omega-3 dapat menurunkan risiko penyakit asma hingga 62 persen. Asam lemak omega-3 juga terbukti dapat menghentikan peradangan tanpa mempengaruhi sistem imun tubuh. Hanya saja pasien dengan asma berat, mengkonsumsi asam lemak omega-3 ini tidak terlalu berefek dalam mengobati asma.

Selain dijadikan sebagai obat herbal penyakit asma, asam lemak omega-3 juga efektif dalam mengobati dan mencegah penyakit jantung dan depresi. Asam lemak omega-3 dapat kamu temukan dalam ikan. Biasanya minyak ikan akan dikemas dengan bentuk suplemen yang dapat kamu konsumsi sesuai arahan.

8.    Bengkuang

daun bengkuangObat asma tradisional berikutnya adalah bengkuang. Bengkuang kaya akan kandungan mineral seperti mangan, besi tembaga, magnesium serta vitamin C dan B kompleks. Bengkuang juga mengandung beta-karoten, antihistamin dan quercetin yang dapat menghentikan produksi histamine, pemicu alergi pada asma.

Bengkuang dapat kamu nikmati dengan cara mencampurkan beberapa bahan lain untuk dijadikan jus. Campurannya antara lain air jeruk nipis, lobak, seledri, cabe merah dan air es. Campur semua bahan ke dalam blender dan giling hingga halus. Setelah halus, nikmati jus bengkuang demi mengobati asma.

Bagi kamu penderita asma sangat penting untuk mengetahui alternatif obat herbal penyakit asma. Beberapa bahan alami di atas aman untuk disimpan sebagai pertolongan pertama saat asma kambuh di kemudian hari. namun tetap sesuai dengan kebutuhan, ya.

author
Author: