7 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

689 views

Wortel memiliki nama ilmiah Daucus carota dan masih satu famili dengan seledri yang merupakan tanaman adas. Wortel termasuk kedalam famili umbi-umbian yang hidup menancap di dalam tanah. Buah ini biasanya berwana jingga terang yang menandakan bahwa wortel memiliki kandungan beta karoten (vitamin A), dan antioksidan yang tinggi. Wortel bisa dibuat sebagai massakan sayur sop, jus wortel, salad sayur, dan bahkan dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah.

khasiat jus wortel

Wortel kaya akan beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A dalam hati manusia. Wortel juga mengandung serat, vitamin B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, vitamin K, beta karoten (vitamin A), potassium, asam folat, kalsium, mangan, zat bessi, kromium, fosfor, seng,dan khasiat antioksidan yang merupakan manfaat wortel untuk kecantikan.

Lebih rincinya, dalam 100 gram wortel terkandung 41 kalori energy, 88% air, 0,9 gram protein, 9,6 gram karbohidrat, 4,7 gram gula, 2,8 gram serat, 0,2 grm lemak, 0,01 gram lemak tak jenuh tunggal, 0,12 gram lemak tak jenuh ganda, 0,12 gram omega 6, 12.000IU vitamin A, 0,06 mg vitamin B1, dan 6 mg vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Berikut ini adalah manfaat wortel untuk kesehatan:

1. Menyehatkan Mata

Manfaat wortel untuk mata yaitu wortel mengandung beta karoten dalam kadar yang tinggi yang akan dirubah menjadi vitamin A dalam hati manusia. Buah ini mengandung 50% vitamin A dalam 227 gram beratnya. Vitamin A dengan kadar tinggi dalam wortel berguna untuk menjaga kesehatan mata anda dan menghindarkan anda dari mata minus dan plus.

Kandungan beta karoten dalam wortel juga berguna untuk melindungi mata dari penyakit katarak dan degenerasi makula. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi beta karoten dalam wortel memiliki risiko terkena degenerasi makula 40% lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

Namun, betakaroten dalam wortel tidak dapat menyembuhkan kebutaan, hanya memperbaiki kerusakan pada mata akibat kekurangan vitamin A. Kemudian vitamin A tersebut di salurkan ke retina mata yang dirubah menjadi rhodpin, pigmen ungu yang berguna untuk mempertajam penglihatan mata, bahkan pada malam hari.

Wortel dapat menghindarkan anda dari penyakit mata seperti katarak karena buah ini mengandung banyak khasiat antioksidan. Menurut penelitian yang dilakukan di Jules Stein Institute di University of California di Los Angeles menunjukan bahwa wanita yang mengonsumsi dua kali wortel dalam seminggu dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsinya sekali seminggu memiliki peluang yang lebih rendah terkena kerusakan saraf optik yaitu terjadinya tekanan pada mata. Selain itu, kandungan geranyl asetat telah dilakukan percobaan beberapa kali pada hewan percobaan yang menyembuhkan penyakit katarak pada hewan tersebut.

2. Antioksidan yang Kuat

Khasiat antioksidan dalam wortel berguna untuk menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh sinar Ultraviolet (UV) matahari dan polusi. Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh manusia akan menyebabkan penyakit-penyakit degeneratif dan kerusakan pada sel-sel tubuh. Wortel dapat dibuat menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung.

Berikut ini adalah kandungan antioksidan yang merupakan khasiat jus wortel.
• Wortel mengandung beta karoten (vitamin A) yang berguna untuk melancarkan penyerapan nutrisi dalam tubuh
• Kandungan Alpha-karoten dalam wortel juga berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.
• Buah ini juga mengandung antioksidan lutein yang berguna untuk kesehatan mata yang banyak ditemukan dalam wortel kuning dan jingga.
• Lycopene yang terkandung dalam wortel berkhasiat sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit kanker dan kardiovaskular atau jantung.
• Polyacetylenes dalam wortel berguna sebagai antioksidan yang mencegah penyakit kanker dan leukeumia atau kanker darah.
• Wortel juga mengandung anthocyanin sebagai antioksidan kuat yang dapat ditemukan dalam wortel berwarna gelap.

3. Menjadikan Kulit tetap Sehat

Kandungan 50% vitamin A dalam 227 gram wortel berguna untuk membuat kulit anda tetap sehat yang merupakan manfaat wortel untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan vitamin A berguna untuk mencegah kerusakan pada kulit dan meregenerasi sel-sel kulit lama menjadi sel-sel kulit yang baru yang lebih sehat dan segar.

Kandungan vitamin A dalam wortel juga berguna untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) matahari, mencegah penuaan dini, mengatasi flek-flek hitam akibat penuaan dini, dan mencegah timbulnya jerawat. Kandungan vitamin A ini berkhasiat sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan warana kulit yang tidak merata, pigmentasi yang dapat membuat kulit menjadi gelap, dan keriput pada kulit.

Kandungan vitamin C dalam wortel juga berguna untuk produksi kolagen yang berguna untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit dan mencegah kulit berkerut dan keriput. Kalium yang terkandung dalam wortel juga berguna untuk melembabkan kulit sehingga kulit akan tetap terhidrasi dan mencegah terjadinya kulit kering.

Selain itu, mengonsumsi wortel secara rutin dan teratur dapat mengurangi risiko penyakit kulit. Wortel yang digunakan untuk membuat kulit tetap sehat dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan masker wortel secara alami.

4. Menjaga Pencernaan yang Sehat

Wortel mengandung serat yang tinggi dengan kadar 2 gram atau 9% dalam 227 gram buahnya. Kandungan serat yang tinggi dalam wortel berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan cara melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh anda. Serat yang tinggi dengan kadar 2 gram atau 9% dalam 227 gram buah wortel dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah kalori yang masuk berlebihan kedalam tubuh.

Buah ini juga bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet yang merupakan manfaat wortel untuk diet. Serat dalam wortel juga berguna untuk memberi makanan bakteri baik dalam usus sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko pencernaan.

Wortel mengandung serat larut utama yaitu lignin, hemiselulosa, dan selulosa. Serat larut ini dapat mengontrol gerakan usus dalam tubuh dan mengurangi risiko sembelit atau susah buang air besar. Wotel yang kaya akan kandungan serat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, mulas, dll.

Kandungan biotin yang termasuk kedalam B kompleks juga berguna untuk mempercepat metabolism karbohidrat dan juga protein. Selain itu, wortel juga dapat menaikkan volume feses hingga 25% sehingga mencegah penyakit sembelit.

5. Mencegah Penyakit Degeneratif seperti Kolesterol, Stroke, dan Diabetes

Kolesterol yang tinggi merupakan pemicu penyakit stroke. Menurut penelitian, kandungan dalam wortel dapat menjadi obat untuk menurunkan risiko stroke hingga 50% yang merupakan manfaat wortel untuk kesehatan. Wortel mencegah kolesterol dalam darah dimana mencegah plak-plak penyebab penyakit tersebut.

Faktanya diet kolesterol yang dilakukan oleh orang yang telah mengidap peyakit ini tidak selalu berhasil karena tubuh sendiri menghasilkan kolesterol. Konsumsilah wortel untuk mencegah kolesterol semakin naik. University of Arizona College of Agriculture & Life Sciences menyatakan bahwa serat larut dalam wortel berguna untuk mengikat asam empedu yang mengandung banyak kolesterol yang kemudian akan dibuang sebagai limbah dari dalam tubuh.

Kolesterol jahat (LDL) dapat menyumbat aliran darah yang akan menimbulkan penyakit stroke dan jantung. Penelitian yang dilakukan oleh Robertson dan timnya terhadap peserta yang memakan wortel mentah sebanyak 300 gram setiap hari dalam tiga minggu dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 11%.

Manfaat wortel untuk mata

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University Amerika Serikat, bahwa mengonsumsi wortel 5 kali dalam seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan stroke hingga 68%. Sedangkan penelitian yang dilakukan di Universitas Brusselsmenyatakan bahwa kandungan vitamin A dalam wortel akan mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Calcium Pectate yang merupakan serat larut dalam wortel juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dari tubuh.

Kandungan beta-carotene (vitamin A) dalam wortel mampu untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsilah wortel secara teratur. Wortel juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Biasanya indeks glikemik adalah 0-100 dimana wortel memiliki indeks glikemik 16-60 yang tergolong rendah.

Mengonsumsi wortel yang memiliki kadar indeks glikemik rendah dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan serat berupa pectin. Serat ini dapat menurunkan kadar gula didalam darah dengan cara menghambat pencernaan gula dan pati.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Buah ini memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin C dengan kadar 20% dalam 227 gram buah wortel. Kandungan vitamin C dalam wortel berkhasiat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit-penyakit degenerative, salah satunya adalah kanker. Hal itu merupakan manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan.

Wortel mengandung falcarinol yaitu merupakan senyawa yang digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Kandungan beta karoten atau karotenoid (vitamin A) yang tinggi dalam wortel juga berguna sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit kanker kulit. Khasiat antioksidan yang tinggi dalam kandungan beta karoten dalam wortel berguna untuk melindungi tubuh dari unsur berbahaya dan radikal bebas yang masuk yang disebabkan oleh sinar UV matahari dan polusi udara.

Menurut Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York bahwa orang yang memiliki beta karoten rendah dalam tubuhnya berisiko menderita kanker paru-paru. Oleh karena itu, perokok yang berisiko terkena penyakit kanker paru-paru sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beta karoten dalam wortel. Selain itu, wortel juga berguna untuk mencegah penyakit kanker payudara, perut, usus, prostat, mulut, tenggorokan, lambung, kemih, pancreas, dan paru-paru.

7. Menjaga Kesuburan Pria dan Wanita

Kesuburan pada pria dan wanita dapat ditingkatkan dengan konsumsi wortel secara rutin dan teratur. Kualitas sperma dapat ditingkatkan hingga 8% dengan mengonsumsi jus wortel untuk mendapatkan manfaat jus wortel. Dewasa ini kesuburan sperma pria mulai menurun disebabkan oleh gaya hidup, kebiasaan, sering mengonsumsi junk food, meletakkan laptop diatas paha, menyimpan telepon genggam di kantung celana, polusi lingkungan, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari jurnal ‘Fertility and Sterility’, peneliti di Harvard melakukan penelitian bahwa wortel memiliki khasiat peningkatan kuantitas sperma sebanyak 6,5-8% dibandungkan ubi dan melon. Kandungan beta karoten dalam wortel berguna untuk memperbaiki kecepatan gerak sperma dan kandungan likopen dalam wortel berguna untuk membuat struktur dan bentuk sperma menjadi lebih baik.

manfaat wortel untuk kesehatan,

Konsumsilah wortel secara teratur untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas air mani pria. Penelitian yang dilakukan di Harvard University School of Public Health menyatakan bahwa warna kuning dan jingga pada wortel akan meningkatkan kualitas sperma. Selain itu juga kandungan wortel berguna untuk menurangi risiko kanker esophagus, laring, usus besar, prostat, lher rahim, dan kandung kemih. Jus wortel juga dapat mengurangi rasa nyeri pada saat haid.

Hal-hal diatas merupakan manfaat wortel untuk kesehatan. Kini anda telah mengetahui banyak manfaat luar biasa yang bisa anda dapatkan dari buah yang murah dan mudah didapatkan ini. Ambilah berbagai manfaatnya dengan cara mengonsumsinya langsung atau menggunakan wortel sebagai masker.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.