7 Manfaat Buah Timun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

637 views

Timun dengan nama Latin cucumis Sativus L. merupakan tanaman yang masuk kedalam keluarga labu-labuan. Timun ini banyak tumbuh di pegunungan Himalaya di India utara dan memiliki banyak varietas. Timun merupakan keluarga cucurbitaceae yang sama dengan semangka dan labu. Kandungan air pada timun juga sama dengan kandungan air dalam semangka yaitu 95% air didalamnya.

Khasiat timun untuk kesehatan

Dalam 119 gram timun terkandung 115 gram air, 16 kalori, 0,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 2,9 gram karbohidrat, 0,9 gram serat, 1,8 gram gula,2% vitamin A, thiamin, riboflavin, B6, 4% vitamin C, 11% vitamin K, kalium, magnesium, mangan, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng, dan tembaga yang memiliki manfaat buah timun. Kandungan-kandungan dalam timun ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan kecantikan kulit, dan mengobati penyakit.

Berikut ini adalah manfaat buah timun untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Sebagai Sumber Antioksidan

Khasiat timun untuk kesehatan salah satunya adalah sebagai sumber antioksidan. Kandungan antioksidan dalam timun berguna untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker dan juga jantung. Timun memiliki kandungan vitamin A, B, C, dan mineral essensial yang berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya dan masuk ke dalam tubuh akibat polusi dan paparan sinar Ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kerusakan sel pada tubuh dan memicu berbagai penyakit kronis.

Berikut ini adalah antioksidan yang terkandung dalam timun:
• Beta Karoten (Vitamin A)
• Vitamin C
• Flavonoid
• Luteolin
• Quercetin
• Apigenin
• Kaempferol

2. Membuat Jantung tetap Sehat dan Tekanan darah tetap Stabil

Timun mengandung mineral-mineral essensial seperti kalium (potassium), magnesium, dan serat alami yang berguna untuk menurunkankan tekanan darah tinggi, menormalkan, dan membuat stabil tekanan darah adalah khasiat buah timun untuk hipertensi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan gagal jantung. Timun juga berguna bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah agar tetap stabil.

Timun mengandung kalium, magnesium dan serat yang baik untuk penderita darah rendah dan darah tinggi. Keseimbangan kalium berguna untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh sehingga jantung akan tetap sehat. Kalium ini merupakan elektrolit bermuatan positif yang harus dipertahankan dalam kadar tertentu agar unsur ini dapat melaksanakan fungsinya. Kemudian kalium akan berinteraksi dengan sodium untuk membantu fungsi jantung, kontrasi otot, dan transmisi impuls kontrol saraf.

Timun ini juga mengandung asam linoleat yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya lemak di jantung yang dapat menyebabkan penyakit gagal jantung. Kandungan ini akan merubah lemak di jantung sebagai energi dan mencegah penumpukan lemak di jantung yang tidak terpakai dalam tubuh.

Kandungan lignin yaitu lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol juga berguna untuk mengurangi penyakit kardiovaskular. Kandungan pinoresinol yang merupakan salah satu lignin telah diteliti mampu untuk mengatasi penyakit leukeumia. Minumlah jus timun ini atau konsumsilah secara langsung setiap hari untuk menurunkan hipertensi anda.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Dua kandungan utama dalam timun yang berguna untuk membantu sistem pencernaan adalah air dan serat yang merupakan manfaat timun. Air dan serat dalam timun akan membersihkan usus dari kotoran dan racun. Serat larut yang merupakan kandungan timun akan berbentuk gel dalam usus dan berguna untuk melancarkan pencernaan.

Serat dalam buah ini akan menyehatkan organ pencernaan anda. Serat larut yang terdapat dalam kulit timun akan memperbesar volume feses sehingga anda dapat terhindar dari sembelit atau susah buang air besar. Hal itu akan membuat kotoran cepat bergerak dalam usus dan terbuang dari dalam tubuh.

Buah ini juga memiliki serat alami yang memberikan efek dingin pada perut untuk mengatasi sakit perut dan mulas. Serat dalam timun juga akan mengikat lemak pada dinding-dinding usus yang membuat pencernaan anda tetap sehat. Selain itu, timun mengandung 15 gram kalori dalam 100 gram timun. Mengonsumsi timun dapat mengobati sembelit kronis karena timun rendah akan lemak jenuh dan kolesterok jahat (LDL).

Timun dapat mengobati penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti maag, gastritis, perut mulas, dan konstipasi atau sembelit. Serat dalam buah ini juga berguna untuk mendukung program diet karena akan memberikan rasa kenyang lebih lama.

4. Membuat Gigi dan Mulut tetap Sehat

Mengunyah timun memiliki manfaat buah timun untuk merangsang produksi kelenjar air liur yang berguna untuk mengurangi asam dan basa dalam mulut dan membasmi bakteri yang tumbuh di mulut yang dapat menyebabkan penyakit mulut seperti jamur di mulut. Timun ini juga dapat mengatasi bau mulut.

Biasanya orang yang sedang berpuasa dan berpeluang memiliki bau mulut dianjurkan mengonsumsi buah ini pada saat sahur dan berbuka. Kandungan phytochemials dalam buah ini akan membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Cara menggunakan timun untuk mencegah bau mulut adalah dengan cara menempelkan irisan timun pada langit-langit bakteri untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada. Kandungan serat dan sifat dingin dalam timun juga berfungsi untuk meredakan peradangan pada gusi. Penyakit gusi yaitu pyorrhea juga dapat diobati dengan menggunakan timun.

5. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Timun memiliki kandungan 95% air yang membuat anda selalu terhidrasi dan terhindar dari dehidrasi. Kandungan tinggi air ini juga berguna untuk proses detoksifikasi yaitu pembuangan racun dari dalam tubuh. Kandungan vitamin C dalam timun juga berfungsi untuk mencegah bakteri dan kuman masuk kedalam tubuh yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, misalnya flu. Kandungan vitamin C ini akan membuat tubuh memiliki daya imun yang tinggi.

Konsumsilah vitamin C saat cuaca sedang berubah-ubah karena cuaca seperti itu membuat tubuh anda mudah terserang penyakit. Vitamin C dalam timun juga berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit dan sel-sel yang rusak. Bagi anda yang sering terserang penyakit ringan, konsumsi timun ini secara rutin dan teratur untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

6. Mencegah Kanker

Kanker merupakan momok yang mankutkan bagi berbagai kalangan usia karena bisa menyebabkan kematian. Kanker terjadi karena pertumbuhan sel-sel dalam tubuh yang abnormal yang terjadi akibat radikal bebas dari polusi dan sinar UV matahari. Namun, anda tidak perlu khawatir lagi jika anda melakukan tindak pencegahan sejak dini.

Kandungan lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol dalam timun berguna untuk menghambat sel-sel kanker seperti kanker Rahim, ovarium, prostat, usus, payudara, dll. Ketiga kandungan lignin ini dapat menghambat penyakit kanker yang dapat menimbulkan kematian. Timun juga mengandung saponin yang berkhasiat antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Baca juga : Segudang Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Rasa pahit dalam timun ini yang sebenarnya berguna untuk mengatasi penyakit kanker. Rasa pahit dalam timun ini disebabkan oleh senyawa bernama cucurbitacins. Rasa pahit yang dapat menyembuhkan penyakit kanker ini diatur oleh dua faktor genetik yaitu Bi dan Bt. Genetik Bi akan membantu penyebaran rasa pahit dalam buah sedangkan Bt akan membuat rasa buah menjadi agak pahit.

7. Menjaga Kesehatan dan Kecantikkan Kulit

manfaat masker timun untuk wajah

Banyak manfaat ditemukan dalam timun bagi dunia kecantikkan. Timun mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk mencegah kekusaman pada kulit. Selain itu, timun juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan kantung hitam pada mata, dan menghmbat pigmentasi yang dapat menyebabkan kulit menjadi gelap.

Timun mengandung vitamin A, C, dan K, karbohidrat, asam folat, asam pantotenat, sodium, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan rendah lemak jenuh dan kolesterol yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Timun ini dapat dibuat masker yang memberikan manfaat masker timun atau dikonsumsi secara langsung.

Berikut ini adalah kandungan timun yang berguna untuk kulit:
• Timun mengandung karoten, zea-xanthin, dan lutein yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan masalah-masalah kulit wajah merupakan manfaat buah timun untuk wajah.
• Enzim cyclo – oxyenase berkhasiat sebagai antiinflamasi yang dapat mencegah produksi oksida nitrat yang dapat menyebabkan peradangan.
• Kandungan 95% dalam timun berfungsi agar kulit tetap terhidrasi dan mengeluarkan racun yang dapat menyebabkan masalah kulit.
• Timun juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan tektur kulit dan menjaga kesehatan kulit.
• Asam askorbat dan asam caffeic dalam timun berfungsi sebagai antiinflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan pada kantung mata.
• Timun memiliki kandungan kalsium, fosfor, sulfur, sodium, dan silicon yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara membuat masker timun secara alami adalah sebagai berikut:
• Sediakan 1 buah timun, iris-iris tipis berbetuk lingkaran.
• Atau anda juga bisa menghaluskan timun dengan menggunakan blender atau parutan
• Letakan langsung irisan timun atau oleskan ke wajah anda masker secara merata.
• Diamkan selama 20 menit.
• Bilas mengunakan air hangat yang bersih.
• Lakukan perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Hal-hal berikut diatas merupakan manfaat buah timun untuk kesehatan dan kecantikan. Kini manfaat luar biasa yang bisa anda dapatkan dari buah mentimun yang murah dan mudah didapatkan ini telah anda ketahui. Ambilah berbagai manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan dengan cara mengonsumsinya langsung atau menggunakan timun sebagai masker.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.