Ternyata Ini 5 Manfaat Teh Untuk Kesehatan Yang Belum Kita Ketahui

1196 views

Teh adalah minuman yang tidak asing lagi terutama bagi masyarakat Indonesia karena telah menjadi konsumsi sehari-hari. Namun, apakah anda tahu manfaat teh untuk kesehatan? Secangkir teh yang ditemani dengan cemilan di pagi hari adalah hidangan ternikmat. Memang teh telah menjadi bagian dari rutinitas anda sehari-hari. Bahkan berbagai kalangan usia banyak menyukai minuman dengan aroma yang harum dan hangat ini. Ini dapat dibuktikan dengan banyak perusahaan yang membuat minuman kemasan dengan teh sebagi bahan utamanya.

Sebenarnya, teh berasal dari negara China yang awalnya menjadikan minuman ini sebagai penawar racun. Sejak 8 M, China telah menjadikan teh sebagai ramuan obat. Di luar negeri, tradisi minum teh ada waktu- waktunya tersendiri. Berbeda dengan di Indonesia, teh dapat dinikmati kapan saja. Selain itu, teh memiliki banyak jenis, misalnya teh melati, teh hijau, dan teh pahit.

Selain dapat menghangatkan tubuh, faktanya, teh dapat memberikan manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Kemudian, apa saja manfaat tanaman teh yang tersembunyi bagi kesehatan tubuh?

Namun, sebelum mengetahui manfaat teh, ada baiknya anda mengetahui kandungan teh yang bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satu kandungan teh adalah polifenol. Polifenol adalah antioksidan jenis bioflavonoid yang lebih efektif 100 kali lipat darpada vitamin C dan 25 kali lipat daripada vitamin E. Kandungan bermanfaat selanjutnya adalah kafein. Kafein memiliki segudang manfaat teh untuk kesehatan tapi kafein dalam teh ini jauh lebih kecil dibandingkan kefein dalam kopi. Berikutnya, ada kandungan essential oil. Kandungan ini adalah protein yang berpengaruh pada aroma kopi.

1. Manfaat Teh untuk Kesehatan Rambut dan Kulit.

Teh hijau yang diendapkan bisa membuat rambut anda sehat, bercahaya, dan berkilau. Endapkan teh hijau semalaman kemudian aplikasikan pada rambut yang basah. Tunggulah beberapa menit hingga kandungan teh hijau menyerap dan bilaslah dengan shampoo. Kandungan pantehnol dalam teh hijau akan memberikan manfaat teh untuk rambut yaitu mengurangi rambut yang bercabang dan rusak.

Manfaat teh untuk wajah, teh mampu merawat wajah dan mata anda karena kandungan antioksidannya. Masker dengan bahan teh dapat membatu melembabkan dan menghindarkan kekeringan pada wajah dan juga menyediakan manfaat teh untuk wajah berjerawat. Selain itu, mengompres mata dengan teh dapat membantu menghilangkan kantung mata dan mata panda. Sementara kandungan tannin mampu memberikan kesegaran pada kulit disekitar mata.

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Mengonsumsi teh setiap hari ternyata dapat menghindarkan anda dari serangan dan penyakit jantung. Teh pun diklaim mampu mencegah dan mengatasi penyakit degenerative lainnya seperti stroke. Sebuah penelitian dilakukan terhadap 40 ribu orang jepang oleh sekelompok peneliti dari Tohoku University Graduate School of Medicine. Penelitian tersebut mengamati pengaruh konsumsi 5 cangkir teh sehari yang dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit stroke hingga 16% dan akibat penyakit jantung hingga 26%.

Senyawa yang terkandung dalam teh pun dapat membantu menghindarkan anda dari berbagai jenis kanker. Kanker yang dapat ditangani dengan teh adalah kanker paru-paru, kerongkongan, kulit, lambung, usus kecil, payudara, dan jenis kanker lainnya.

3. Menjaga Tubuh Terhidrasi dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh.

Teh yang mengandung kafein dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan. Hal ini dikarenakan teh memiliki sifat diuretic yang akan membuat anda buang air kecil lebih banyak. Mungkin sebelumnya anda berpikir bahwa minuman berkafein tidak memberikan kontribusi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan.

Selain manfaat teh untuk kesehatan adalah mebuat

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini membuktikan bahwa minuman berkafein baik teh maupun kopi mampu menyediakan cairan terhadap kebutuhan tubuh. Hal yang menjadi masalah dalam mengonsumsi teh berkafein adalah jika anda meminumnya secara berlebihan, misalnya 5-6 cangkir teh sehari.

Selain manfaat teh untuk kesehatan adalah mebuat tubuh tetap terhidrasi, teh dapat mempercepat metabolism tubuh. Banyak orang yang mengeluhkan bahwa mereka memiliki metabolism yang lambat. Metabolisme yang lambat dan tidak dijaga akan menyebabkan kegemukan dan obesitas.

Teh terbukti dapat membakar 70 hingga 80 kalori tambahan. Anda cukup mengonsumsi beberapa gelas teh perhari, hal itu mampu membantu anda menurunkan berat badan. Tentu saja hal ini harus diiringi dengan olahraga.

4. Manfaat Teh untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Jika kopi dapat membuat gigi anda kuning, teh tidak akan mengotori gigi saat anda meminumnya dalam waktu yang lama. Ternyata teh mengandung fluoride yang dapat menguatkan email gigi. Namun, jika anda tidak ingin kandungan fluoride didalamnya hilang, jangan tambahkan gula dan susu kedalam minuman teh anda.

manfaat teh untuk kesehatan lainnya adalah untuk

Selain untuk kesehatan gigi, manfaat teh untuk kesehatan lainnya adalah untuk kesehatan tulang. Sebuah penelitian menunjukan bahwa tulang anda akan menjadi kuat dengan konsumsi teh setiap hari. Hampir setiap jenis teh memiliki manfaat tanaman teh bagi manusia untuk kepadatan tulang. Jenis-jenis teh yang bermanfaat diantaranya teh oolong, hitam, ataupun teh hijau.

5. Mencegah Kanker dan Diabetes

Teh memiliki kemampuan untuk melawan gejala kanker karena kandungan antioksidan didalamnya yaitu polifenol. Namun, karena beberapa penelitian memberikan hasil yang positif dan yang lainnya memberikan hasil negatif, manfaat teh untuk kesehatan ini belum akurat 100%.

Selain manfaat minum teh tawar hangat dan teh jenis lainnya

Selain mencegah kanker, teh mampu mencegah penyakit diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 membuktikan hal ini. Penelitian tersebut menunjukan bahwa teh berkafein dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes dan gula darah.

Selain manfaat minum teh tawar hangat dan teh jenis lainnya, minuman ini memiliki beberapa efek samping. Efek samping teh yang ditimbulkan adalah karena kandungan kafein didalamnya. Teh dapat menyebabkan insomnia atau kesulitan tidur di malam hari. Hal ini dikarenakan kandungan kafeinnya. Oleh karena itu, jangan konsumsi teh secara berlebihan.

Selain itu, teh dapat mempercepat detak jantung. Kandungan kafein yang dapat meningkatkan denyut jantung ini membuat teh tidak cocok dikonsumsi oleh penderita jantung kronis. Efek samping lainnya dapat ditimbulkan pada ibu hamil. Kafein dalam teh tidak baik untuk kesehatan dan perkembangan janin.

Demikian manfaat teh untuk kesehatan. Baca ulasan lainnya mengenai manfaat kopi untuk kesehatan yang merupakan minuman yang sama-sama mengandung kafein. Selain itu, ketahui manfaat daun seledri untuk kesehatan karena seledri merupakan konsumsi sehari-hari anda.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.