7 Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

1151 views

Pisang merupakan buah yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil karena memiliki beragam manfaat untuk kehamilan dan tumbuh kembang janinnya. Bahkan National Institutes of Health merekomendasikan kepada ibu hamil untuk mengonsumsi 3-4 buah pisang yang berguna untuk kehamilan dan janin yang sedang di kandungnya. Pakar kedokteran UI menyatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi pisang ambon sebanyak dua buah setiap hari akan menghindarkan bayinya lahir cacat dan prematur. Hal itu adalah manfaat buah pisang untuk ibu hamil.

makanan ibu hamil

Dalam pisang matang yang merupakan buah yang baik untuk ibu hamil terkandung:
• Kalori 99 gram
• Protein 1,2 gram
• Lemak 0,2 gram
• Karbohidrat 25,8 gram
• Serat 0,7 gram
• Kalsium 8 mg
• Fosfor 28mg
• Zat besi 0,5 mg
• Vitamin A 44 RE
• Vitamin B 0,08 mg
• Vitamin C 3 mg
• Air 72 gram

Pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori energi yang cukup untuk asupan harian ibu hamil. Pisang mengandung vitamin B6 yang berguna untuk mengatasi morning sickness yaitu lesu dan lemasnya ibu hamil di pagi hari. Kandungan pisang ini juga bisa membantu ibu yang mengalami pusing, mual, dan muntah di pagi hari. Berikut ini adalah manfaat buah pisang untuk ibu hamil.

1. Sumber Asam Folat untuk Tumbuh Kembang Janin

Pisang merupakan sumber vitamin penting, mineral essensial, dan juga termasuk asam folat. Asam folat bisa ditemukan dalam produk vitamin untuk ibu hamil, namun buah ini merupakan salah satu sumber asam folat yang baik dan mudah ditemukan. Pisang dalam ukuran sedang mengandung 24mcg asam folat atau 6% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Asam folat atau vitamin B9 diperlukan oleh ibu hamil dan janinnya. Namun, asam folat tidak diproduksi oleh tubuh sehingga ibu hamil harus mendapatkannya dari luar, misalnya mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yaitu pisang. Tanda-tanda defisiensi asam folat adalah ibu hamil mengalami gangguan pencernaan, detak jantung yang tidak beraturan, pusing, dan lemas.

Defisiensi asam folat akan menyebabkan bayi lahir cacat dan dan bayi lahir prematur. Konsumsilah lebih dari satu pisang setiap hari akan membantu memenuhi kebutuhan asam folat yang diperlukan ibu hamil.

Asam folat selain dibutuhkan bagi ibu hamil tapi juga dibutuhkan oleh berbagai kalangan usia. Kadar asam folat yang dibutuhkan dari buah pisang untuk berbagai kalangan.
• Orang dewasa membutuhkan asam folat 400mcg perhari
• Ibu hamil dan menyusui membutuhkan 500-600 mcg asam folat perhari
• Anak-anak membutuhkan 200-300 mcg asam folat perharinya.
Berikut ini adalah kegunaan asam folat dalam pisang bagi ibu hami dan janinnya.
• Asam folat termasuk kedalam vitamin yang berguna untuk pembentukan sel darah merah dan DNA pada ibu hamil dan janin. Asam folat dapat meningkatkan hemoglobin (sel darah merah)sehingga otak dan sumsum tulang belakang janin akan berkembang dengan baik.
• Asam folat yang terkandung dalam pisang berguna untuk perkembangan saraf, otak, dan sumsum tulang belakang pada janin.
• Vitamin asam folat ini juga memiliki manfaat buah pisang untuk ibu hamil untuk menjaga pertumbuhan dan pemeliharaan semua sel dan jaringan.
• Asam folat ini membantu mengurangi cacat pada system saraf pusat seperti spina bifida pada janin yang belum lahir.
• Asam folat membantu menguatkan kandungan ibu hamil sehingga terhindarkan dari keguguran.
• Asam folat dapat mencegah kerusakan pada otak bayi.
• Asam folat menjaga perkembangan janin hingga lahir.

2. Mengatasi Penyakit Anemia (Kekurangan Darah) pada Ibu Hamil

Anemia adalah keadaan dimana hemoglobin atau sel darah merah dibawah batas normal pada ibu hamil. Hemoglobin ini berguna untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dapatkah anda bayangkan jika ibu hamil memiliki sel-sel tubuh yang tidak disuplai cukup oksigen? Itulah yang menyebabkan ibu hamil sering mengalami lemas. Dalam “Medical Uses of Bananas” dinyatakan bahwa buah pisang berguna untuk mengatasi anemia dan menurunkan tekanan darah.

Zat besi dalam pisang yang merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil berguna untuk mengatasi penyakit anemia atau kekurangan darah pada ibu hamil di tahap akhir kehamilan dan tahap melahirkan. Terkandung 3% zat besi dalam 225 gram buah pisang sebagai makanan untuk ibu hamil. Kandungan zat besi ini akan membantu dalam produksi hemoglobin sehingga anda terhindar dari penyakit anemia saat kehamilan.

Kandungan zat besi ini juga berguna untuk mengatasi pusing di kepala akibat stress dan tekanan darah yang tinggi pada ibu hamil. Konsumsi buah pisang akan dapat membantu dalam merangsang produksi hemoglobin, pembentukan eritrosit atau sel darah merah sehingga ibu hamil terhindar dari anemia.

3. Meningkatkan Kemampuan Saraf Janin

Dalam jurnal Pediatrics dinyatakan bahwa bayi yang lahir premature atau pada minggu ke 37 atau 38 akan memiliki daya kemampuan membaca dan nilai matematika yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan anak dengan umur kandungan 39,40, dan 41 minggu. Menurut Dr Bryan Williams, seorang profesor kedokteran keluarga dan pencegahan di Emory University School of Medicine di Atlanta mengatakan bahwa bayi dengan umur kandungan 36 minggu memiliki otak berkuran dua pertiga dari bayi yang lahir normal.

Berikut ini adalah kandungan pisang untuk meningkatkan saraf Janin:
• Kandungan vitamin B6 dalam buah ini berguna untuk membantu peningkatan sel saraf pusat pada janin. Vitamin ini juga akan berguna untuk mengatasi morning sickness pada ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan 1,9 mg vitamin B6 dan pisang akan menyediakan 4 mg vitamin ini. Vitamin B6 dalam buah untuk makanan ibu hamil ini berperan dalam neurotransmitter yang juga diketahui sebagai pertumbuhan kenaikan haemoglobin pada ibu hamil.
• Pisang juga mengandung asam amino yang berguna untuk mengontrol neurotransmitter kate koalmin dan serotin selama masa perkembangan otak janin untuk mengatur emosi dan perilakunya.
• Kandungan zat besi dalam pisang berguna untuk memproduksi hemoglobin yaitu sel darah merah pembawa oksigen ke otak janin sehingga otak akan bertmbuh dengan sehat dan sempurna.
• Kandungan asam folat dalam pisang berguna untuk mencegah bayi lahir premature yang akan menyebabkan kecacatan pada otak bayi.

4. Mencegah Susah Buang Air Besar dan Masalah Pencernaan bagi Ibu Hamil

Masalah-masalah yang sering dialami ibu pada saat hamil adalah konstipasi atau sembelit atau susah buang air besar. Buah sebagai makanan sehat ibu hamil ini berguna mengatasi masalah pencernaan. Pisang mengandung senyawa antacid yang berguna untuk menekan sekresi asam.

Hal itu yang menyebabkan pisang bagus dikonsumsi untuk penderita sakit maag. Pisang juga mengandung efek prebiotik untuk membasmi bakteri sehingga system pencernaan pun akan semakin lancer dan sehat.

Berikut ini adalah kandungan pisang untuk mencegah sembelit pada ibu hamil:
• Buah ini mengandung 6 gram serat dalam 100 gram berat buahnya. Serat berguna untuk mempercepat gerakan usus sehingga feses mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Kandungan serat dapat berguna untuk mengatasi rasa mulas perut dan mencegah konstipasi atau sembelit atau susah buang air besar ibu yang sedang hamil.
• Serat atau fiber akan membasmi bakteri jahat penyebab sembelit. Banyak ahli kesehatan yang menganjurkan serat atau fiber dalam pisang untuk mengatasi masalah buang air besar tersebut.
• Pisang juga mengandung pati resisten yaitu karbohidrat keompleks yang mengandung serat atau fiber.
• Fruktooligosakarida dalam pisang berguna untuk menghambat fermentasi pisang dalam usus sehingga dapat mengatasi sembelit dan melancarkan feses untuk keluar.

5. Mengatasi Penyakit Diare yang dialami Ibu Hamil

Kandungan serat dan pectin dalam pisang berguna untuk menyerap dan mengabsorpsi kelebihan air yang dapat menyebabkan diare. Pektin merupakan serat larut dalam pisang yang berguna untuk mengatasi diare pada ibu hamil. Pisang mengandung kadar gula yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa, dan juga kandungan kadar lemak yang dapat membuat feses yang encer menjadi padat.

Kalium dalam pisang juga berguna untuk mengatasi keram usus yang sering menyertai penyakit diare. Kandungan kalium juga berfungsi sebagai pengganti cairan elektrolit karena selama diare cairan dibuang dalam jumlah yang banyak. Buah yang baik untuk ibu hamil muda ini mengandung kalium yang bermanfaat sebagai pengganti oralit untuk mengganti cairan tubuh pada ibu hamil dan bayinya. Kandungan ini juga dapat memadatkan tinja pada ibu yang mngalami diare yang akut.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit dan melawan berbagai infeksi. Pisang mengandung vitamin C dengan kadar yang tinggi yaitu 33% dari 100 gram beratnya. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan daya imun ibu hamil dan jabang bayi agar tidak mudah terserang penyakit pada saat kehamilan.

manfaat pisang untuk ibu hamil

Kandungan vitamin C dalam pisang akan merangsang produksi limfosit atau sel-sel darah putih yang dapat membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Selain itu kandungan vitamin C dimiliki oleh kulit pisang yang memberikan manfaat kulit pisang. Kandungan protein dalam pisang berguna dalam pembentukan antibodi. Kandungan protein dalam pisang adalah 2,5 gram dalam 225 gram beratnya.

Defisiensi protein pada ibu hamil akan meyebabkan bayir lahir dengan bibir sumbing. Buah untuk ibu hamil ini juga mengandung kalium yang berguna untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil sehingga akan meningkatkan kekebalan dan daya imun jantung ibu hamil dan janin. Kandungan beta karoten dalam pisan akan dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Tubuh yang kuat tidak akan mudak capek, letih, lemah, lesu, dan akan tetap selalu segar dan sehat.

7. Menjaga Nafsu Makan Ibu Hamil

Kekurangan nafsu makan pada ibu hamil akan berpengaruh pada supan energi, gizi, dan nutrisi yang diperlukan oleh si jabang bayi. Ibu hamil pasti tidak ingin kan kesehatan janinnya terganggu? Konsumsilah pisang setiap hari secara teratur karena buah ini merupakan sumber karbohidrat dan energy. Jumlah karbohidrat dalam pisang adalah 51 gram dari 225 gram beratnya. Pisang juga berguna untuk mengatasi nafsu makan anak yang telah lepas dari ASI atau berusia 1 tahun.

Berikut ini kandungan pisang untuk menjaga nafsu makan ibu hamil:
• Kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral pada pisang yang merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil muda berguna untuk meningkatkan nafsu makan pada ibu hamil.
• Vitamin A dan C dalam pisang berguna untuk meningkatkan nafsu makan pada ibu hamil.
• Selain itu, kandungan kalium pada pisang berguna untuk membersihkan saluran pencernaan yang akan membuat ibu hamil menjadi nafsu makan.

Kini anda telah mengetahui manfaat-manfaat yang luar biasa dari pisang bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Ibu hamil dan bahkan setiap kalangan usia bisa mengonsumsi buah pisang tersebut secara rutin dan teratur untuk mengambil manfaat buah pisang untuk ibu hamil dari kandungan-kandungannya.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.