Manfaat Lemon Untuk Diet, Bisa Kah?

2856 views

Manfaat Lemon Untuk Diet, Bisa Kah? – Lemon (Citrus limon) dapat membersihkan sistem tubuh sehingga tubuh juga akan meningkatkan kesehatannya. Buah ini dapat melakukan detoksifikasi tubuh atau pengeluaran racun-racun dalam tubuh sehingga tubuh akan tahan terhadap masalah kesehatan. Lemon juga merupakan buah yang dapat menurunkan nafsu makan sehingga kalori yang masuk kedalam tubuh dapat terkontrol. Manfaat lemon untuk diet ini berasal dari kandungan-kandungan didalamnya.

Manfaat lemon untuk diet

Kandungan utama yang dimiliki buah lemon adalah vitamin C yang dapat memangkas timbunan lemak didalam tubuh. Namun, bukan berarti proses menurunkan berat badan dengan lemon akan membuat tubuh anda menjadi lemas. Kandungan vitamin C juga memiliki kegunaan untuk meningkatkan stamina dan energi yang dihasilkan tubuh. Namun, diet ini tidak cocok bagi anda yang mengalami masalah pencernaan seperti maag. Manfaat lemon untuk diet lebih jauh dapat anda simak dari ulasan berikut ini.

I. Cara Lemon Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan lemon yang dapat membantu menurunkan berat badan dalm proses diet buah lemon:
1. Lemon mengandung serat pektin yang dapat menurunkan berat badan, mencegah makan berlebihan, membantu merasa kenyang lebih lama, dan membantu mengurangi rasa lapar.
2. Buah ini memiliki sifat sebagai pencahar atau laksatif dan diuretic. Oleh karena itu, buah ini dapat mendorong gerakan usus yang sehat dan menurunkan berat badan.
3. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Faktanya pasokan melimpah dari vitamin C dalam lemon akan merangsang reaksi biokimia yang dapat memangkas lemak dalam tubuh.
4. Poilfenol dalam lemak bermanfaat untuk mempengaruhi mekanisme lemak dan resistensi insulin dalam tubuh yang akan membantu menurnkan berat badan.
5. Lemon juga mengandung asam sitrat dengan jumlah mencapai 47 gram/liter dalam sari buahnyayang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan daya imun, system kekebalan atau daya tahan tubuh.
6. Buah ini juga mengandung gula alami yang berkhasiat untuk meningkatkan energy.
7. Kalori rendah yaitu 29 kalori dalam 100 gram berat lemon membantu untuk menurunkan berat badan.
8. Kandungan lainnya yang penting bagi kesehatan tubuh adalah d-limonene, diosmin, eriositrin, naringenin, hesperidin, terpenes, naringin, polifenol, magnesium, kalsium, potasium, zat besi, vitamin B6, dan masih banyak lagi.

II. Resep Diet Jeruk Lemon untuk Mendapatkan Tubuh yang Ideal dan Langsing

Diet lemon atau dikenal Master Cleanse Diet dapat membantu menurunkan berat badan dan memulai hidup yang lebih sehat.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
• 2 sendok makan lemon.
• 2 sendok makan madu alami.
• 10 ons air hangat.

Cara membuat ramuan jeruk lemon untuk diet menurunkan berat badan:
• Campurkan air lemon dan madu bersama-sama dalam satu wadah.
• Tambahkan air.
• Aduk-aduk hingga merata.
Keterangan: Campuran madu dan lemon sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Madu dapat mengurangi rasa asam pada lemon.

Cara melakukan diet dengan lemon:

1. Menu Bangun Tidur
• 1 gelas ramuan air lemon hangat

2. Menu Sarapan
• 1 butir telur rebus
• 1 mangkuk gandum atau oatmeal tanpa gula
• 1 mangkuk salad buah
• 1 gelas Yogurt
• 1 gelas ramuan air lemon

3. Menu Makan siang
• 1 porsi sup sayur (tambahkan paprika dan bawang Bombay)
• Roti gandum atau sandwich
• 1 gelas ramuan air lemon

4. Menu Camilan sore
• 2 buah biscuit gandum
• 1 Mangkuk buah
• 1 gelas ramuan air lemon

5. Menu Makan Malam
• 1 potong ayam panggang atau ikan
• 1 gelas ramuan air lemon

Keterangan:
• Gandum mengandung serat yang dapat melancarkan system pencernaan dan melancarkan buang air besar. Gandum baik untuk menggantikan nasi bagi orang yang sedang melakukan proses diet.
• Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat melncarkan fungsi system pencernaan. Oleh karena itu, yogurt bagus untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet.
• Sup yang terbuat dari paprika bagus untuk menurunkan berat badan. Paprika mengandung vitamin A, vitamin B1, B2, vitamin C, karbohidrat, lemak, kalsium,besi, fosfor, dan masih banyak yang lainnya yang bagus untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh. Paprika membantu meningkatkan metabolism tubuh, melancarkan pencernaan, menjaga rasa kenyang, dan menjaga kekebalan tubuh.
• Bawang putih mengandung allicin yang bermanfaat untuk menurunkan nafsu makan dan mngirimkan sinyal-sinyal ke otak bahwa tubuh telah kenyang. Allicin juga memiliki khasiat untuk meningkatkan metabolism.

III. Tips- tips Menjalankan Diet Lemon

diet dengan buah lemon

1. Diet lemon ini harus diimbangi konsumsi air putih yang banyak (8-12 gelas atau 2 liter per hari) karena air putih dapat melancarkan pencernaan, mebantu kinerja usus, dan membuang racun dari dalam tubuh.
2. Minumlah lemon yang telah dicampur hangat setiap bagun tidur di pagi hari.

IV. Resep Lemon Lainnya Dalam Diet Lemon

1. Lemon sebagai Salad

Salad mengandung rendah kalori, kaya akan serat, kaya akan air, dan kaya akan nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan sehingga proses menurunkan berat badan dapat berjalan sukses. Salad mengandung rendah kalori yaitu 29 kalori dalam 100 gram buahnya.

Salad biasanya terdiri dari sayuran dan buah-buahan mentah. Makanan ini membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh. Oleh karena itu, perut akan terasa kenyang lebih lama.

Lemon sebagai Salad

Cara membuat lemon sebagai salad:
• Iris-iris lemon segar tipis-tipis.
• Campurkan kedalam sayuran hijau.
• Atau anda juga bisa hanya memeras lemon untuk dressing salad.

2. Lemon Campur Yogurt

Yogurt mengandung bakteri yang sangat baik bagi pencernaan tubuh sehingga dapat mendukung proses penurunan berat badan. Yogurt akan menghambat nafsu makan, mengatasi kelebihan berat badan, dan mengatasi lemak perut.

Cara membuat olahan lemon campur yogurt yang bagus untuk menurunkan berat badan:
• Campurkan lemon ke yogurt plain.
• Aduk-aduk kemudian sajikan

3. Lemon Campur Teh

Lemon untuk diet dapat dicampurkan dengan teh dan sering dikenal sebagai lemon tea. Minuman ini efektif untuk menurunkan berat badan asal tidak memakai gula. Teh terutama teh hijau mengandung katekin yang memiliki khasiat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, the juga dapat meningkatkan pembakaran lemak, meningkatkan metabolism, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Cara membuat lemon campur the untuk menurunkan berat badan:
• Peras satu buah lemon ke dalam air the.
• Minum secara rutin setiap hari.

V. Efek Samping Diet Lemon

Walaupun manfaat jeruk lemon untuk diet adalah menurunkan berat badan dan juga lemon memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diet lemon ini juga memiliki efek samping.
1. Diet lemon dapat menyebabkan enamel gigi terkikis sedikit akibat rasanya yang terlalu masam.
2. Diet ini juga dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif terhadap suhu makanan yang terlalu panas atau dingin.
3. Rasa mulas pada perut juga bisa muncul akibat diet lemon ini.
4. Sering kuga terjadi ketidaknyamanan fisik sehingga menurunkan produktivitas.
5. Kandungan vitamin C dan asam askorbat dapat memberikan sifat diuretic yaitu sering buang air kecil.
6. Diet lemon ini tidak cocok untuk penderita maag karena asamnya dapat mngiritasi lambung.

Baca juga : 5 Manfaat Daun Mahkota Dewa Untuk Pengobatan

Dari ulasan ini anda dapat mengetahui manfaat lemon untuk diet. Faktanya, kandungan-kandungan lemonlah yang memberikan manfaat lemon untuk diet menurunkan berat badan. Anda dapat langsung mempraktikan cara mengolah lemon untuk menurunkan berat badan. Namun, anda juga perlu memerhatikan efek samping yang ditimbulkan dari diet lemon ini.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.