Ini Lho 5 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

2395 views

Kopi adalah minuman yang telah umum dan populer di masyarakat sehingga anda perlu mengetahui manfaat kopi untuk kesehatan. Dewasa ini gerai kopi telah tersebar di seluruh penjuru kota, mulai dari kopi level premium hingga kopi sachet yang dijual di warung-warung. Kopi adalah minuman khas Indonesia yang telah turun temurun dan tidak asing lagi bagi masyarakat. Tua atau muda, pria atau wanita, hampir seluruh kalangan dan usia menyukai minuman ini.

Banyak produk kopi Indonesia yang telah terkenal di dunia seperti kopi luwak yang menjadi kopi termahal di dunia, kopi tubruk, kopi aceh, dan kopi toraja. Selain aroma dan rasa kopi yang nikmat, kopi memiliki segudang manfaat dan khasiat karena zat-zat yang dikandungnya. Tentu saja manfaat kopi untuk kesehatan karena kandungan kafein didalamnya.

Namun, dari segenap khasiat kopi pahit dan jenis lainnya, ada orang-orang tertentu yang tidak menyukai minuman ini, bukan karena rasanya yang pahit agak asam. Mereka menganggap bahwa kopi memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan mereka. Agar tidak keliru, anda perlu mengetahui apa saja manfaat kopi susu dan jenis kopi lainnya.

Ulasan kali ini akan membahas manfaat kopi untuk kesehatan dan khasiat mengonsumsi kopi di pagi hari yang telah dibuktikan melalui penelitian.

1. Meningkatkan Memori Otak

Ternyata, kopi dapat meningkatkan memori otak. Terdapat sebuah studi yang dipublikasikan di Radiological Society of North America yang dilakukan pada tahun 2005. Penelitian tersebut menunjukan dan membuktikan bahwa manfaat minum kopi di pagi hari berpengaruh pada peningkatan memori otak.

bahwa manfaat minum kopi di pagi hari berpengaruh

Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang- orang dapat meningkatkan memori jangka pendek dengan minum kopi berkafein 2 cangkir sehari. Peneliti menyimpulkan bahwa minum 2 cangkir kopi atau sekitar 100 mg kafein dapat meningkatkan aktivitas di daerah otak yang berhubungan dengan fungsi kemampuan fokus atau perhatian dan juga fungsi memori.

Seorang Radiolog dari Medical University Innsbruck di Austria bernama Florian Koppelstatter, M.D., Ph.D mengatakan bahwa kafein mampu meningkatkan kemampuan otak pada level yang lebih tinggi. Dengan menggunakan bantuan MRI, Dr. Koppelstatter dan kawan- kawan meneliti fungsi dan pengaruh kafein terhadap aktivasi otak. Penelitian akan meniliti kondisi fungsi memori otak pada 15 sukarelawan.

Dr. Koppelstätter menjelaskan fungsi memori yang diperlukan untuk mengingat berbagai hal dalam waktu singkat. Misalnya saja, mengingat angka- angka telepon. Para relawan tersebut diperlihatkan gambar dengan urutan sederhana seperti A, B, C, dan D. Kemudian, mereka akan ditanya apakah gambar tersebut sama dengan gambar yang ditampilkan sebelumnya.

Para relawan harus merespon secepat mungkin dengan meberikan tanda telunjuk kanan untuk jawaban “ya” dan telunjuk kiri untuk jawaban “tidak”. Tugas ini dilakukan setelah periode 4 jam tanpa paparan nikotin dan 12 jam tanpa kafein. Lalu untuk kedua kali, mereka diminta melakukan tugas ini lagi tapi dengan kondisi berbeda.

Sebagian mereka akan diberi asupan kafein secara acak. Hasilnya, relawan yang diberi asupan kafein menunjukan reaksi yang lebih tanggap dan kecenderungan peningkatan memori jangka pendek. Alat MRI memperlihatkan adanya peningkatkan fungsi otak terutama pada bagian cingulum dan lobus frontal.

Cingulum adalah bagian otak yang fungsinya adalah mempengaruhi kemampuan fokus dan perhatian. Sementara lobus frontal adalah dimana jaringan fungsi memori berada. Dr. Koppelstatter dkk menjelaskan bahwa dengan alat MRI nya, mereka telah membuktikan bahwa kafein dapat meningkatkan aktivitas neuron otak.

Penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 2007 menemukan bahwa wanita usis 65 tahun atau lebih yang meminum kopi berkafein mengalami peningkatan kemampuan dalam tes memori.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan kanker hati, prostat, endometrium, dan payudara. Selain itu, manfaat kopi untuk kesehatan adalah bagi mereka yang terkait dengan masalah insulin, estrogen, dan obesitas.

manfaat kopi untuk kesehatan adalah bagi mereka

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia pada tahun 2008 menunjukan bahwa kanker payudara dapat dicegah dan diatasi dengan konsumsi kopi sebanyak 2-3 cangkir. Namun, tidak hanya kaum perempuan saja yang mendapatkan manfaat kopi bagi wanita. Sebuah studi yang dilakukan Harvard School of Public Health menunjukan bahwa kopi yang berkafein atau tidak, keduanya mampu memberikan manfaat kopi bagi pria dengan mencegah dan mengurangi gejala kanker prostat.

Penelitian lainnya dilakukan oleh World Cancer Research Fund (WCRF) yang dilakukan pada tahun 2015. Mereka melakukan analisa terhadap 6 studi tentang keterkaitan kopi dengan kanker hati. World Cancer Research Fund (WCRF) menyimpulkan bahwa risiko kanker hati dapat diturunkan dengan konsumsi kopi.

Namun, studi tersebut belum dilakukan penelitian secara akurat terhadap kebiasaan mengonsumsi alkohol yang dilakukan peserta, faktor obesitas, dan penyebab dari kanker hati tersebut. Oleh karena itu, mungkin ada faktor lain yang mempengaruhi hasil studi tersebut selain kopi. Dapat dikatakan bahwa penelitian tersebut belum akurat 100%.

Ada pula penelitian lain bahwa risiko kanker rahim dapat diturunkan dengan asupan kopi harian. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menunjukan bahwa perempuan yang minum 1 cangkir kopi setiap hari dapat mengalami penurunkan kanker Rahim.

Dalam studi tersebut, pihak IARC tidak melihat bagaimana cara penyajian kopi seperti apakah menambahkan gula dan susu dan tidak pula melihat jenis kopi apakah espresso atau instan. Dari semua penelitian, studi, dan kesimpulan yang dilakukan, telah memperkuat fakta manfaat kopi untuk kesehatan untuk beberapa jenis kanker.

3. Membakar Lemak

Apakah anda tahu bahwa kafein yang terdapat dalam kopi sering ditambahkan dalam suplemen atau pil pelangsing diet untuk membakar lemak? Alasannya adalah karena kafein dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh hingga 3-11%. Kopi mengandung zat aktif biologis yang dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Itulah manfaat kopi untuk kecantikan

Penelitian lainnya membuktikan bahwa kafein dapat meningkatkan pemakaran lemak hingga 29% pada orang yang tidak mengalami obesitas dan sebesar 10% pada orang yang mengalami obesitas. Kafein akan merangsang jaringan saraf untuk memaksimalkan proses pemecahan lemak dalam tubuh. Namun, ada kemungkinan efek ini akan berkurang pada orang-orang yang telah mengonsumsi kopi dalam jangka waktu lama. Itulah manfaat kopi untuk kecantikan.

4. Mengangkal Diabetes

Sebuah penelitian menemukan bahwa kopi dapat menuunkan kadar interleukin dan isoprostan. Fakta lain yang ditemukan bahwa kopi mampu menurunkan LDL yang merupakan kolesterol jahat dan meningkatkan HDL yang merupakan kolesterol baik.

manfaat kopi untuk kesehatan untuk menangkal

Sementara kafein bukanlah kandungan dalam kopi yang mampu mencegah dan mengatasi diabetes. Walaupun begitu, banyak orang yang mengira bahwa kandungan kafeinlah yang membantu menangkal diabetes. Namun, sebuah penelitian menunjukan bahwa konsumsi kopi tanpa kafein akan meningkatkan manfaat kopi untuk kesehatan untuk menangkal diabetes.

Penelitian lainnya yang dipublukasikan di ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’ yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukan hibungan antara kopi dengan penurunan risko diabetes. Hal ini dikarenakan kopi mengandung unsur yang dapat menghambat hIAPP. hIAPP dapat mengakibatkan seseorang terkena diabetes karena memicu munculnya serat protein abnormal.

5. Memberikan Nutrisi Bagi Tubuh

Jangan anggap kopi hanya minuman yang pahit dan berwarna hitam saja. Selain kafein, kopi mengandung banyak nutrisi yang akan memberikan kesehatan bagi tubuh anda. Segelas kopi mengandung vitamin B2 atau Riboflavin sebesar 11% dari AKG, vitamin B5 atau asam pantotenat sebesar 6% dari AKG, potassium dan mangan sebesar 3% dari AKG, dan niasin dan magnesium sebesar 2% dari AKG. Walaupun jumlah nutrisi pada kopi tidak terlalu banyak, hal ini adalah kabar baik bagi para penyuka kopi. (AKG adalah Angka Kecukupan Gizi. Apabila ditulis 5% dari AKG berarti tinggal mencari 95% untuk memenuhi kebutuhan AKG untuk hari itu).

Nah, itulah manfaat kopi untuk kesehatan. Baca ulasan lainnya mengenai obat penambah darah jika anda mengalami anemia atau ingin mencegah terjadinya kondisi kekurangan darah. Selain itu, ketahui manfaat buah belimbing untuk hipertensi jika anda mengalami darah tinggi dan ingin mengobatinya secara alami.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.