5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

1635 views

Jahe adalah salah satu jenis rempah- rempah yang seringkali digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, faktanya, tanaman herbal ini memiliki segudang manfaat jahe untuk kesehatan. Jahe atau nama latinnya Zingiber Officinale Rosc dapat membantu menghangatkan tubuh pada cuaca dingin.

Ciri khas dari jahe adalah memiliki rasa yang pedas. Hal ini dikarenakan senyawa dalam jahe bernama zingeron yang merupakan senyawa keton. Selain itu, jahe memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Senyawa dalam jahe lainnya adalah phenol yang berkhasiat untuk mengurangi ketegangan otot dan sebagai anti-inflamasi atau meredakan radang.

Kandungan yang berkontribusi dalam manfaat jahe untuk kesehatan lainnya adalah senyawa Zingiberene atau senyawa shogol yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Kemudian, jahe mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk meredakan nyeri dan membasmi bakteri.

1. Manfaat Jahe dan Madu

Manfaat jahe untuk kesehatan akan lebih luar biasa dalam pengobatan berbagai penyakit jika digabungkan dengan madu. Madu mengandung banyak mineral seperti fosfor, magnesium, zat besi, aluminium, dan kalsium dan beberapa vitamin seperti C, B, K, asam pantotenat.

Manfaat jahe untuk kesehatan akan lebih luar

Disamping itu, madu mengandung enzim yang dapat memelihara stamina dan energi dan juga meningkatkan proses metabolisme tubuh. Sementara jahe mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai antioksidan. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus dan anti-bakteri yang dapat mencegah serangan virus di udara, menangkal radikal bebas, dan juga mempercepat penyembuhan luka.

Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan yang dikombinasikan dengan madu adalah mempertahankan berat badan agar tetap stabil dan menurunkan berat badan yang berlebihan. Kombinasi jahe dan madu dapat membuat lambung kenyang lebih lama dan berkhasiat untuk menekan nafsu makan.

Selain itu, jahe dan madu dapat mengatasi gejala pusing dan masuk angin. Ramuan jahe dan madu sangat cocok untuk berpergian jauh dan melakukan perjalanan. Cocok untuk orang yang sedang mendaki gunung atau dalam cuaca dingin.

Selanjutnya, khasiat jahe dan madu adalah mampu menjaga daya imun tubuh. Ramuan ini sangat cocok agar seseorang tidak mudah jatuh sakit dan tertular penyakit. Sebaiknya anda mengonsumsi ramuan ini jika ada orang terdekat anda yang sedang sakit batuk, pilek, cacar air, dan terserang flu.

Manfaat jahe sebagai obat yang dikombinasikan dengan madu lainnya adalah menyembuhkan cacingan pada anak-anak. Jika anda rutin minum jahe dan madu dua kali sehari, cacing dalam tubuh anda akan keluar saat anda buang air besar. Cacing yang dapat diatasi oleh jahe dan madu adalah cacing tambang, caing pita, dan cacing kremi.

2. Manfaat Jahe dan Lemon

Faktanya, jahe dan lemon memiliki banyak manfaat jahe untuk kesehatan. Lemon mengandung vitamin C dan kalium. Selain itu, lemon bersifat diuretik ringan dan antioksidan yang kuat. Oleh karena itu, tambahkan beberapa perasan jeruk lemon untuk menjaga kesehatan organ ginjal dan hati dalam menjalankan fungsinya untuk membuang racun. Sementara jahe mengandung gingerol yang bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang akan membantu fungsi sel di pencernaan. Selain itu, ramuan ini akan memberikan manfaat diet jahe dan lemon.

manfaat jahe untuk kesehatan

Bagaimana cara membuat ramuan jahe dan lemon? Pertama, siapkan 1 ibu jari jahe lalu parut atau iris tipis- tipis. Kedua, tambahkan air perasan jeruk lemon secukupnya. Ketiga, tambahkan secangkir air hangat agak panas.

3. Manfaat Wedang Jahe

Ada banyak khasiat wedang jahe yang belum anda ketahui selain untuk menghangatkan tubuh. Minuman wedang jahe adalah salah satu minuman khas lokal tradisi Nusantara.

banyak gizi dan pemanfaatan jahe untuk

Salah satu manfaat wedang jahe adalah melancarkan sistem pencernaan. Ada beragam masalah pencernaan seperti perut kembung dan sembelit. Nah, mengonsumi wedang jahe secara rutin dan teratur dapat mengatasi masalah- masalah tersebut. Usus akan menjadi lebih bersih dan perut tidak akan terasa sakit setelah makan.

Selain itu, wedang jahe dapat melancarkan sirkulasi darah. Kandungan dalam jahe yang dapat melancarkan darah adalah gingerol. Kandungan tersebut bersifat anti-koagulan dan berfungsi untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Selanjutnya, wedang jahe mampu mengobati demam. Wedang jahe telah secara turun –temurun dijadikan obat tradisional untuk mengatasi demam. Sebaiknya anda mengonsumsi wedang jahe untuk mengobati demam yang manjur dan tidak memiliki efek samping daripada mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Manfaat lainnya dari wedang jahe adalah mengatasi sakit kepala. Wedang jahe sangat dianjurkan saat anda mengalami migren atau sakit kepala sebelah. Mengonsumsi wedang jahe saat migren dapat membuat tubuh nyaman dan rileks.

4. Manfaat Susu Jahe

Jahe dan susu mengandung banyak gizi dan pemanfaatan jahe untuk kesehatan tubuh. Susu mengandung protein, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks dan vitamin C. Salah satu manfaat susu jahe adalah mengatasi tenggorokan gatal.

Tenggorokan yang gatal merupakan tanda adanya kuman dan bakteri di tenggorokan. Selain itu, ini merupakan gejala dari penyakit panas dalam, pilek, dan batuk. Mengonsumsi susu jahe dapat membuat tenggorokan menjadi lega dan menghindarkan tenggorokan gatal.

Selain itu, susu jahe dapat mengatasi masuk angin. Masuk angin adalah masalah kesehatan yang sering terjadi saat musim hijan tiba. Untuk mengatasinya, anda dapat mengonsumsi susu jahe yang hangat agar tubuh menjadi hangat dan segar.

5. Manfaat Jahe Gula Merah

Gula merah mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, dan asam folat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jahe gula merah ini bermanfaat untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan. Selain itu, jahe dan gula merah yang ditumbuk kemudian diaplikasikan ke kulit dapat mempercepat penyembuhan luka.

khasiat wedang jahe yang belum anda ketahui selain

Walaupun memiliki banyak manfaat air jahe, ternyata bahan herbal ini mempunyai beberapa efek samping. Efek samping jahe adalah nyeri di ulu hati, perut yang tidak nyaman, dan diare. Jika diaplikasikan pada kulit, tanaman herbal ini bisa menyebabkan alergi dan iritasi.

Ada beberapa kalangan yang sebaiknya tidak usah mengkonsumsi jahe dan ada yang harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makan ini. Mereka adalah penderita gangguan hati, pendarahan, diabetes, ibu hamil, dan menyusui. Di bidang medis, manfaat jahe memang belum terbukti efektif.

Nah, itulah manfaat jahe untuk kesehatan. Baca artikel lainnya yaitu manfaat daun seledri untuk kesehatan karena seledri sama- sama merupakan bumbu dapur seperti seledri. Selain itu, ketahui manfaat teh untuk kesehatan agar anda mengetahui khasiat minuman sehari-hari ini.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.