Segudang Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

1093 views

Buah tin atau buah ara belum cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, padahal ada banyak sekali manfaat buah tin untuk tubuh kita terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Seperti kita ketahui, buah tin dan zaitun adalah beberapa buah yang disebut oleh Allah di dalam kitab suci Al-Qur’an. Tentunya buah ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi umat manusia karena bahkan Allah saja bersumpah demi kedua buah ini. Budidaya buah tin di indonesia masih kurang berkembang dikarenakan minat masyarakat untuk menanam buah ini masih rendah. Padahal penanaman dan perawatan tanaman ini cukup mudah.

manfaat buah tin

Kandungan dan nutrisi yang terkandung di dalam buah tin sendiri cukup banyak. Per 100 gram buah tin bisa mengandung energi sebanyak 250 kcal, karbohidrat, gula, serat, protein, dan berbagai macam vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B9, dan vitamin C. Kandungan ini lah yang membuat buah surga ini termasuk dalam salah satu buah yang paling bermanfaat. Harga buah tin kering yang biasa diimpor dari timur tengah biasanya berada di kisaran 40 ribu rupiah. Namun Anda bisa lebih menghemat dan merasakan manfaat buah ini dengan menanamnya sendiri di rumah. Nah, apa saja manfaat buah tin untuk kesehatan, mari kita bahas dalam uraian berikut.

Sembilan Manfaat Buah Tin Bagi Tubuh Kita

1. Menjaga kesehatan system pencernaan

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, orang Indonesia biasanya menggunakan buah pepaya. Namun banyak orang yang belum tahu bahwa buah tin juga memiliki kandungan serat yang tinggi seperti halnya pepaya. Efek pencahar yang terkandung di dalamnya juga bisa memperlancar buang air besar dan mengatasi sembelit.

2. Mengobati diabetes

Tidak hanya buahnya saja, daun dari pohon buah tin juga memiliki manfaat diantaranya membantu mengobati diabetes. Meminum air rebusan daun buah tin dipercaya dapat mengurangi asupan insulin bagi penderita diabetes. Selain itu, daun buah tin juga memiliki khasiat mengobati asam urat dan kencing batu.

3. Zat anti tumor dan kanker

Manfaat buah tin yang lain diantaranya mengobati tumor. Buah tin kaya akan benzaldehid dan fenol yang merupakan zat yang berguna untuk mengobati tumor. Selain itu juga bisa untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme penyebab penyakit yang ada di dalam tubuh manusia. Buah ini juga mengandung polyphenols yang berfungsi sebagai anti oksidan yang menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab kanker.

4. Anti bakteri dan jamur

Mengkonsumsi buah tin secara rutin dapat mengurangi perkembangan bakteri dan jamur yang merugikan kesehatan kita. Kandungan tryptophan di dalamnya juga membuat tubuh bekerja lebih baik dan menghindarkan Anda dari gejala anemia.

5. Membantu program diet dan kecantikan

Kandungan serat yang cukup banyak pada buah tin membuatnya sebagai salah satu makanan alternatif untuk orang yang sedang diet. Mengkonsumsi buah tin mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Penelitian juga menunjukan bahwa buah tin mampu mencukupi 20% dari zat-zat yang diperlukan tubuh kita sehari-hari. Untuk menjaga kecantikan, para perempuan bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung atau menghaluskannya dan menggunakannya sebagai masker.

6. Mengurangi resiko penyakit jantung

Salah satu khasiat buah tin yang paling hebat adalah mengurangi resiko penyakit jantung. Selain pisang da mangga, buah tin juga merupakan salah satu buah yang mengandung kalium dan omega 3. Zat-zat tersebut merupakan zat yang berfungsi mencegah jantung coroner.

7. Mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat buah tin yang ketujuh adalah membantu menjaga tekanan darah. Buah ini sangat baik bagi Anda yang terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Buah ini juga tidak mengandung lemak dan kolesterol namun tinggi zat besi. Zat besi dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, maka penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini secara rutin.

8. Sebagai pengganti susu

Buah tin dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Seperti halnya susu, buah ini bagus untuk memelihara kesehatan tulang serta membantu menguatkan tulang bagi anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Jika Anda alergi susu, atau alergi protein hewani, buah tin dapat dikonsumsi sebagai pengganti.

9. Penambah kesuburan

Para pria dan wanita dapat mengkonsumsi buah ini untuk merasakan manfaat buah tin untuk kesuburan. Kadar serat yang tinggi di dalam buah tin mampu menjaga vitalitas dan kadar asam lemak di dalam sperma. Bagi pria yang memiliki masalah vitalitas atau susah memiliki momongan, mengkonsumsi buah tin secara rutin dan rajin berolahraga dapat meningkatkan kemungkinan untuk memiliki keturunan.

Baca juga : Kandungan dan Manfaat Buah Semangka

Itulan sembilan manfaat buah tin yang dapat diperoleh bila Anda mengkonsumsinya secara rutin. Jika Anda belum pernah menemukan buah tin atau belum mengetahui bentuk buah ini, Anda bisa mencari tahu dan melihat gambar buah tin dari internet. Untuk mengkonsumsi buah ini, Anda dapat langsung memakanya baik dalam keadaan kering maupun yang masih segar. Namun, sebagian orang memiliki cara makan buah tin yang berbeda sesuai selera mereka. Ada yang memakannya dengan keju atau memasukannya kedalam roti dan kemudian memanggangnya.

Setelah mengetahui manfaat buah tin, tidak ada salahnya jika Anda ingin memulai budidaya buah tin di pekarangan atau kebun rumah Anda. Varian buah tin cukup banyak. Setidaknya ada 12 varian yang sudah ditanam diseluruh dunia yaitu tin yordan, tin ungu, black ischia, red palestine, long yellow, red turki, brown turki, black turki, negronne, flanders, libya, dan juga panace tiger. Diantara 12 jenis buah tin tersebut, jenis buah tin yang paling bagus dan paling banyak ditemui di Indonesia adalah tin Jordan. Pohon jenis ini sangat sering berbuah dan tidak bergantung kepada musim. Buah tin Jordan akan berwarna kekuning-kuningan jika sudah matang dan memiliki rasa yang sangat manis.

Meskipun buah tin banyak tumbuh di timur tengah, namun bukan tidak mungkin buah ini bisa dibudidayakan di negeri kita. Untuk memulai menanam buah tin, pertama-tama Anda harus memilih bibit buah tin yang berkualitas bagus. Jika Anda tidak bisa menemukan bibit di pasaran, Anda bisa menyemai sendiri dari biji buah tin yang sudah kering. Harga bibit buah tin biasanya dijual dengan harga 35 ribu rupiah per pohon. Dengan berbagai manfaat buah tin yang bisa didapat tentunya harga tersebut termasuk cukup murah.

Di internet juga telah ada beberapa penjual bibit yang bersedia mengirim bibitnya ke seluruh Indonesia. Tanaman bibit tin biasanya ditanam di dalam polybag sebelum di pindahkan ke tanah yang gembur dan sudah diberi pupuk. Peluang bisnis untuk membudidayakannya masih sangat terbuka di Indonesia. Masyarakat banyak yang mulai mengkonsumsi buah secara rutin untuk menjaga kesehatan. Mari membudidayakan buah ini dan rasakan manfaat buah tin bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda dan keluarga

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.