Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

1101 views

Sirsak merupakan salah satu buah yang menjadi buah favorit di Indonesia. Kandungan nutrisi dalam buah sirsak banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Selain dari buahnya, ternyata daun sirsak juga memiliki banyak kegunaan. Manfaat buah sirsak dapat menjadi penunjang kesehatan tubuh karena kandungan karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2 dan juga vitamin C.  Pada buah sirsak juga mengandung serat yang tinggi, kadar serat dalam buah sirsak mencapai 3,3 gram pada setiap 100 gram daging buah sirsak. Selain itu juga mengandung fosfor dan kalsium dalam setiap buah. Dari semua kandungan yang dimiliki oleh buah sirsak membuat buah ini sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan. Dari gambar buah sirsak yang memiliki penampilan yang tidak indah berbanding terbalik dengan isi dari buah sirsak. Buah sirsak memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa asam yang membuat buah sirsak dapat dikonsumsi sebagai minuman penutup.

manfaat buah alpukat

Selain itu, ada beberapa khasiat yang dikandung oleh buah sirsak yang banyak tidak diketahui orang. Sirsak menjadi salah satu buah yang banyak dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku untuk pembuatan obat herbal. Khasiat buah sirsak untuk kesehatan banyak dimanfaatkan oleh para ahli pengobatan tradisional di Indonesia. Dan masyarakat Indonesia pada umumnya pun sudah mengetahui khasiat yang diberikan oleh buah dan daun sirsak ini. Hal ini dikarenakan informasi yang diterima diberikan secara turun menurun oleh masyarakat Indonesia.

 

Beberapa manfaat buah sirsak yang bisa kita peroleh antara lain sebagai berikut :

 

1. Meningkatkan sistem imun pada tubuh

Kandungan yang dimiliki oleh sirsak seperti anomurine, annohexocin, acetogenins dan muricapentocin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit dan juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit.

2. Sumber energi tubuh

Sirsak mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, karbohidrat dapat membantu memberikan energi pada tubuh. Selain itu energi pada tubuh juga bisa didapat dari kandungan vitamin B1 yang ada pada buah sirsak.

3. Meningkatkan fungsi kerja otak

Manfaat buah sirsak juga dapat meningkatkan kerja fungsi otak sehingga dapat meningkatkan memori dan tingkat konsentrasi. Sirsak dapat menekan beban kerja atau tingkat stres yang dialami oleh otak.

4. Meningkatkan produksi darah merah

Khasiat buah sirsak lainnya adalah dapat meningkatkan dan membantu produksi sel darah merah yang dapat membantu kinerja semua organ tubuh baik organ tubuh yang vital atau pun yang tidak.

5. Mencegah dan mengobati kanker

Sirsak mempunyai kandungan yang sangat berguna bagi para penderita kanker. Hal ini adalah manfaat buah sirsak yang sangat dicari orang. Khasiat Buah sirsak untuk kanker di dapat pada kandungan vitamin C yang dapat menghambat berkembangnya sel-sel kanker. Selain dari buah, kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun sirsak. Manfaat daun sirsak yang paling di luar perkiraan adalah mengobati kanker. Dalam kandungan daunnya terdapat kandungan yang menghambat dan menyembuhkan sel kanker. Daun sirsak untuk kanker lebih baik dibandingkan pengobatan kemoterapi.  Cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker adalah dengan merebus daun sirsak sebanyak 15 lembar dengan takaran air sebanyak 3 gelas direbus hingga tersisa 1 gelas dan meminum rebusan air daun sirsak tersebut. Konsumsi 2 kali dalam satu hari.

6. Mengurangi dan mencegah penyakit jantung

Keistimewaan lain dan manfaat buah sirsak adalah dapat menghilangkan pengerasan atau pengendapan pembuluh darah yang menuju ke jantung sehingga menghambat kinerja jantung. Berdasarkan dari hasil penelitian kandungan vitamin C pada sirsaklah yang mengobati penyakit ini.

7. Mencegah penyakit mata

Manfaat buah sirsak lainnya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah sirsak dapat mengobati penyakit-penyakit pada mata seperti katarak dan juga mengurangi resiko mata buram.

8. Mengobati kolesterol

Karena kandungan serat dari sirsak yang tinggi membuat sirsak dapat menyerap kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Serat yang dikandung oleh buah sirsak membuat kolesterol jahat yang ada akan mudah keluar dari tubuh.

9. Menurunkan tekanan darah

Buah sirsak juga dapat mengobati dan menurunkan tekanan darah tinggi. Buah sirsak berdasarkan penelitian dapat mengobati hipertensi, hal ini disebabkan oleh kandungan yang dimiliki buah sirsak untuk memperlancar aliran darah yang tinggi inilah yang membuat aliran darah pada tubuh kita tidak mengendap.

10. Mengobati asam urat

Manfaat buah sirsak bagi para penderita asam urat adalah, buah sirsak dapat membantu mengobati penyakit asam urat. Hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak setiap harinya penderita asam urat sudah dapat mencegah dan mengobati penyakit yang dideritanya.

11. Mencegah mual

Bagi para ibu hamil, masa kehamilan awal adalah suatu hal yang sangat menyiksa. Buah sirsak untuk ibu hamil dapat mengurangi rasa mual yang di timbulkan pada awal-awal masa kehamilan. Hal ini disebabkan karena buah sirsak memiliki rasa asam manis yang dapat memancing produksi air liur pada mulut yang dapat menghilangkan rasa mual yang timbul.

12. Menstimulasi ASI pada ibu

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil adalah dapat memberikan persiapan ASI yang akan diberikan kepada calon bayi nantinya. Dengan mengkonsumsi buah sirsak dan rebusan daun sirsak dapat meningkatkan dan menstimulasi produksi ASI pada ibu hamil. Persiapkanlah sejak dini sebelum bayi lahir ASI yang akan diberikan dengan mengkonsumsi buah sirsak.

 

Buah sirsak memang pada umumnya dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut yang diolah menjadi minuman setelah kita makan makanan utama. Akan tetapi manfaat buah sirsak memang banyak kita peroleh untuk kesehatan tubuh kita. Dari hal-hal yang sudah dibahas di atas sudah dapat menjelaskan kelebihan yang didapat dengan mengkonsumsi buah sirsak. Kandungan obat yang didapat tidak hanya pada bagian buahnya saja tetapi daun sirsak pun dapat menjadi obat yang memiliki banyak kelebihan dan berfungsi sebagai obat yang sudah banyak digunakan oleh para ahli pengobatan tradisional yang menggunakan obat-obat herbal. Saat ini pengobatan modern pun sudah menggunakan buah dan daun sirsak sebagai obat yang dapat mencegah berbagai macam penyakit. Daun dan buah diolah dan di pabrikasi menjadi obat tablet yang bisa didapat di apotik-apotik di seluruh Indonesia. Hasil olahan daun dan buah sirsak sangat membantu bagi penderita penyakit-penyakit dalam yang sudah dibahas di atas.

pohon sirsak

Baca juga : 7 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Akan tetapi mengkonsumsi kandungan sirsak yang dibuat dari daun dan buah sirsak yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping. efek samping buah sirsak itu ditimbulkan oleh interaksi yang terjadi dari sirsak dan obat lain yang di konsumsi. Selain itu, dengan terlalu banyaknya mengkonsumsi buah sirsak dan olahan daun sirsak dapat juga membunuh bakteri yang berguna pada saluran pencernaan tubuh. Manfaat buah sirsak memang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan. Pada dasarnya konsumsi yang berlebihan akan berakibat negatif pada tubuh. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba berkonsultasi pada ahli kesehatan tentang kandungan yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah sirsak.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.