10 Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

1730 views

Pernahkah Anda mendengar tentang buah pinang? Sebagian besar masyarakat Indonesia hanya tahu pohon pinang dimanfaatkan untuk momen 17an. Buah yang pohonnya mirip dengan kelapa tersebut sangat tumbuh subur di daerah tropis. Banyak sekali manfaat buah pinang yang bisa didapatkan utamanya untuk kesehatan. Tetapi tidak hanya manfaat buah pinang bagi kesehatan saja ternyata buah tersebut pun juga bermanfaat untuk kecantikan serta vitalitas.

manfaat buah pinang

Kandungan Gizi serta Manfaat Buah Pinang

Meskipun buah pinang sudah digunakan oleh para nenek moyang sejak dahulu kala, tetapi ternyata belum banyak yang tahu tentang kandungan serta manfaat buah pinang yang lainnya. Kebanyakan orang hanya tahu jika buah pinang kering sering digunakan untuk nyirih. Lalu kandungan apa saja yang ada di dalamnya? Pada buah tersebut terkandung senyawa arecolidine, arecaidine, choline, guvacine, tannin, bilineurine dan guvacoline. Zat-zat tersebut tentu memiliki fungsi masing-masing di dalam tubuh. Meskipun buah pinang tidak mengandung banyak vitamin, tetapi jangan salah khasiat buah pinang muda ternyata sangat besar. Oleh karena itu perhatikan beberapa poin penjelasan tentang manfaat buah pinang di bawah ini.

1. Obat cacing alami

Bagi anak-anak yang sedang memasuki masa-masa aktif pastinya sebagai orang tua Anda tidak boleh lengah. Mengapa? Meskipun terlihat aktif Anda harus memperhatikan kesehatannya. Masalah yang sering dijumpai pada anak-anak adalah cacingan. Penyakit cacingan tentu tidak boleh dibiarkan karena akan mengganggu kesehatan. Tahukah Anda jika manfaat buah pinang bisa digunakan untuk obat cacing alami? Kandungan senyawa arecaidine dan arecolidine pada buah tersebut terbukti ampuh bisa membunuh cacing dalam tubuh.

Caranya Anda tinggal membuat ramuan tradisional dari buah pinang kemudian campur dengan temulawak dan kunyit. Rebus semua bahan tersebut sampai matang dan mendidih kemudian saring air rebusannya kemudian minum.

2. Mengencangkan vagina

Khasiat buah pinang untuk wanita sangat besar sekali. Pasalnya buah tersebut bisa membantu mengencangkan vagina setelah proses melahirkan. Bagi wanita yang sudah melahirkan, otot-otot kewanitaan akan mengendur dan oleh sebab itu dengan manfaat buah pinang yang dijadikan minuman herbal bisa membantu mengencangkan kembali vagina Anda. Caranya, rebus beberapa buah pinang sampai mendidih kemudian minum air rebusannya secara rutin setelah melahirkan.

3. Mengatasi mulut kering

Tak heran jika nenek moyang dulu sering menggunakan buah pinang kering untuk dijadikan bahan nyirih supaya mulut tidak kering. Bagi penduduk yang tinggal di daerah tropis memang mulut kering itu sudah menjadi hal biasa, oleh karena itu manfaat buah pinang yang lain adalah bisa mengatasi mulut kering. Pasalnya buah tersebut bisa merangsang kelenjar ludah terus menerus mengeluarkan ludah dan hal tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan mulut.

pohon pinang

4. Meningkatkan gairah

Khasiat buah pinang untuk kejantanan pria sudah tidak diragukan lagi. Bagi Anda (pria) yang mengalami masalah seksual utamanya kurang bergairah, jangan langsung mengkonsumsi obat kuat karena itu sangat berbahaya. Anda cukup mengkonsumsi buah pinang muda untuk meningkatkan gairah seksual Anda. Manfaat buah pinang tersebut akan membuat hubungan rumah tangga Anda kembali harmonis pastinya.

5. Menjaga kesehatan gusi dan gigi

Manfaat buah pinang muda salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Pasalnya terdapat senyawa yang bisa membuat gigi serta gusi menjadi kuat. Caranya, iris-iris buah pinang yang masih muda kemudian kunyah-kunyah. Lakukanlah hal itu sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu supaya gigi dan gusi Anda kuat tidak mudah berlubang.

6. Menghaluskan kulit wajah

Mungkin manfaat buah pinang untuk wanita yang selanjutnya adalah menghaluskan kulit wajah. Rasa asam pada buah tersebut mengandung beberapa senyawa yang tergabung dalam kelompok zat antioksida. Oleh karena itu buah pinang bisa digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Langkah-langkah membuat ramuannya adalah haluskan buang pinang yang sudah kering sampai halus seperti tepung, kemudian tambahkan air secukupnya dan aduk merata untuk bisa dijadikan masker. Oleskan pada kulit wajah selama 30 menit dan lakukan setiap 2 hari sekali untuk mendapatkan wajah yang halus.

7. Sebagai anti aging

Ingin selalu tampil cantik? Maka Anda harus selalu merawat diri terutama bagian wajah. Dengan memanfaatkan buah pinang, Anda bisa mendapatkan wajah yang sehat, cerah dan terhindar dari keriput. Tak heran jika buah pinang tersebut sangat cocok dijadikan masker anti aging alami. Membuat maskernya pun juga sangat mudah seperti halnya membuat masker untuk menghaluskan kulit wajah dengan menggunakan buah pinang yang sudah kering.

8. Mengobati sakit pinggang

Selain dimanfaatkan buahnya, daun dari buah pinang pun juga memiliki manfaat seperti mengobati sakit pinggang. Bagi Anda yang ingin menghilangkan sakit pinggang maka buatlah ramuan dari buah tersebut. Caranya adalah tumbuk beberapa daun buah pinang kemudian kompreskan pada pinggang yang sakit. Gunakanlah ramuan tersebut setiap malam dan secara rutin sampai sakit pinggang benar-benar hilang.

9. Mengobati luka pada kulit

Manfaat dari buah pinang ternyata sangat banyak dan salah satunya adalah untuk mengobati luka pada kulit. Untuk membuat obat herbalnya pun cukup mudah, Anda tinggal ambil beberapa buah pinang yang masih muda kemudian tumbuk hingga halus. Selanjutnya tempelkan pada bagian kulit yang terluka tadi setiap hari sampai sembuh.

10. Menghilangkan jerawat

Jerawat di wajah memang sangat menyebalkan. Penampilan pun akan terlihat tidak menarik dan rasa percaya diri akan menghilang. Oleh karena itu, menghilangkan jerawat dengan obat biasanya banyak ditempuh utamanya para kaum hawa. Namun Anda pun bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat yaitu dengan menggunakan buah pinang. Ambil buah pinang yang masih muda kemudian haluskan. Oleskan buah pinang yang dihaluskan tersebut pada jerawat di wajah selama 20 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan perawatan tersebut setiap malam sebelum tidur sampai jerawat benar-benar menghilang.

11. Mengobati rabun pada mata

Usut punya usut ternyata buah pinang juga dipercaya bisa mengobati rabun pada mata. Anda pun bisa membuat obat alami tersebut dengan mengunyah buah pinang kemudian telan airnya. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin maka rabun pun akan cepat sembuh.

Buah pinang memang kebanyakan tumbuh di daerah tropis utamanya di daerah Pasifik. Sejak zaman dahulu, nenek moyang selalu memanfaatkan buah tersebut untuk nginang. Maka istilah nginang itu pun sudah sangat melekat di telinga masyarakat sampai sekarang. Dulunya mereka hanya menggunakan buah tersebut untuk nginang saja tetapi sekarang ini manfaat dari buah pinang sangat banyak. Kebanyakan manfaat buah pinang digunakan untuk obat-obatan herbal.

Memang kandungan vitamin pada buah ini sangat sedikit tetapi ternyata manfaatnya sangat banyak bahkan bisa digunakan untuk kecantikan. Semoga ulasan pada artikel ini bisa menambah informasi dan wawasan para pembaca.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.