Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

729 views

Buah ini sangat khas dengan bentuknya yang menarik dan merupakan buah tropis berasal dari Meksiko. Ya, Buah naga namanya. Buah Naga dibagi menjadi 3 jenis yaitu naga merah, kuning dan putih. Berbicara soal manfaat buah naga, ada banyak khasiat buah tersebut yang akan dibahas di artikel ini. Baik itu naga merah, putih dan kuning. Buah yang memiliki bentuk unik tersebut tercatat bisa dimanfaatkan sebagai obat, minuman, pewarna makanan alami dan aneka olahan makanan lainnya.

Manfaat Buah Naga Merah, Putih dan Kuning untuk Kesehatan

manfaat buah naga

Buah yang memiliki daun mirip kaktus tersebut ternyata mudah sekali ditanam, terutama untuk daerah tropis yang kering. Budidaya buah naga pun marak sekali dilakukan oleh berbagai kalangan karena pohon buah naga sendiri tidak perlu membutuhkan banyak lahan. Selain, itu, tanaman buah naga sangat cocok dibudidayakan di pekarangan rumah. Terlepas dari itu semua, manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan utamanya manfaat buah naga merah, buah tersebut sering banyak dicari karena memang khasiatnya bagi kesehatan sangat luar biasa.

Sebelum membahas tentang manfaat buah naga bagi kesehatan, ketahui dulu kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini ada poin-poin tentang kandungan buah naga, antara lain sebagai berikut:

1. Zat antioksidan

Umumnya semua buah mengandung zat antioksidan karena banyak mengandung vitamin utamanya vitamin C. Pada buah ini pun juga terdapat zat antioksidan yang sangat tinggi sehingga manfaatnya begitu terasa bagi kesehatan.

2. Air

Pada buah naga merah, putih maupun kuning ternyata memiliki kandungan air yang sangat banyak. Bagaimana tidak? Di dalam satu buah tersebut terkandung 87 gram air. Tak heran jika buah tropis ini banyak dijadikan jus. Cara membuat jus buah naga pun sangat gampang, Anda tinggal blender kemudian dicampur dengan sedikit air serta es batu sampai halus. Minum jus buah tersebut saat cuaca panas dan dijamin Anda tidak akan kekurangan cairan.

3. Serat

Selain serat, buah yang bernama latin Hylocereus Undatus khusus untuk buah naga putih, tercatat banyak sekali mengandung serat. Serat alami tersebut tentu sangat baik bagi kesehatan dan manfaat buah naga putih ini akan Anda dapatkan bila sering mengkonsumsinya.

4. Vitamin C, B1, B3 dan B12

Di setiap buah-buahan pasti memiliki kandungan vitamin C tetapi kadarnya berbeda-beda. Untuk buah naga sendiri, kandungan asam askorbat atau bisa disebut dengan vitamin C sebanyak 9,4 miligram. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin B3 sebanyak 0,16 miligram dan B1 sebanyak 0,04 miligram. Kemudian untuk vitamin B12 jumlahnya sebanyak 0,05 miligram.

5. Kalsium dan fosfor

Buah yang memiliki rasa segar tersebut juga mengandung kalsium dan fosfor yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menyehatkan tulang dan gigi.

Selain kelima kandungan di atas, masih banyak lagi nutrisi yang terdapat pada buah tersebut seperti protein, zat besi dan juga karbohidrat. Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi di atas, berikut ini ada beberapa manfaat buah naga yang akan Anda dapatkan :

1. Sebagai anti kanker

Buah yang memiliki warna merah pada kulitnya tersebut memiliki manfaat luar biasa yaitu sebagai anti kanker. Hal ini dikarenakan buah naga merah, putih maupun buah naga kuning memiliki zat antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu kandungan vitamin C nya juga banyak maka dari itu, kedua senyawa tersebut sangat ampuh menangkal radikal bebas yang akan masuk di dalam tubuh.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat buah naga yang kedua adalah melancarkan sistem pencernaan. Karena buah ini mempunyai kandungan serat serta air yang banyak, mengkonsumsi buah tropis ini pun bisa melancarkan sistem pencernaan Anda. Khusus bagi Anda yang sering mengalami konstipasi, mengkonsumsi buah tersebut secara rutin akan membantu menyelesaikan masalah Anda. Jika Anda tidak suka memakannya secara langsung maka bisa dibuatkan jus supaya lebih nikmat lagi. Manfaat jus buah naga tersebut akan terasa bila dibuat dengan rendah gula.

3. Memperkuat tulang dan gigi

Tidak hanya naga merah saja tetapi manfaat buah naga kuning juga bisa memperkuat tulang dan gigi. Ya, karena ada kandungan kalsium serta fosfor, buah ini pun bisa membantu memperkuat tulang dan gigi. Hal tersebut sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Anda bisa memberikan jus buah tersebut atau bisa dibuat bubur pure khusus bayi MPASI supaya membantu pertumbuhan tulang dan gigi mereka.

4. Membantu diet

Mungkin Anda belum mengetahui jika manfaat buah naga yang lainnya adalah bisa membantu program diet. Hal ini karena buah tropis itu mengandung cukup karbohidrat yang bisa menghasilkan energi. Mengkonsumsi 1 buah naga setiap hari juga bisa membantu pencernaan Anda tetap lancar sehingga berat badan ideal pun akan Anda dapatkan dan buah naga untuk diet sangat direkomendasikan.

5. Baik untuk ibu hamil

Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil ternyata juga banyak. Salah satunya adalah untuk menambah darah. Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan salah satunya adalah naga merah. Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tidak gampang sakit.

Sangat penting bagi bumil untuk menjaga kesehatannya karena ini berhubungan dengan tumbuh kembang janin. Jadi jangan ragu lagi untuk selalu mengkonsumsinya dikala hamil supaya ibu dan bayi tetap sehat. Khasiat buah naga merah tersebut memang sangat besar sekali khususnya bagi para bumil yang butuh asupan zat besi banyak.

6. Baik untuk pencernaan bayi

Manfaat buah naga selain untuk ibu hamil ini juga bagus untuk kesehatan bayi. Buah naga untuk bayi utamanya bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan ke atas bisa memperlancar sistem pencernaannya. Biasanya bayi yang baru memasuki tahap MPASI terkadang akan mengalami sembelit, oleh karena itu sangat pas jika mengenalkan bayi pada buah tersebut.

7. Mencegah penuaan dini

Buah yang mirip dengan kaktus ini pun ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini. Zat antioksidan yang tinggi di dalamnya banyak dimanfaatkan untuk masker wajah. Maka tak heran apabila sekarang ini banyak klinik kecantikan yang menampilkan gambar buah naga untuk pilihan masker alaminya.

Ketujuh manfaat di atas akan Anda dapatkan apabila selalu rutin mengkonsumsinya. Apabila Anda tertarik menanam buah tersebut itu sangat baik karena cara menanam buah naga sangat mudah dan bahkan sekarang banyak dijumpai buah naga dalam pot. Sebelum menanamnya, carilah bibit buah naga yang terbaik untuk bisa dibudidayakan di rumah. Terlepas dari itu semua, telah Anda ketahui beberapa manfaat tentang buah yang berasal dari Amerika Latin tersebut.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, manfaat buah naga juga baik bagi ibu hamil, anak-anak maupun bayi. Buah naga untuk ibu hamil lebih baik yang berwarna merah karena kandungan zat besinya sangat banyak dan harga buah naga tidaklah begitu mahal.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.