Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan

774 views

Mengkudu merupakan buah yang banyak tumbuh di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Nama latin mengkudu adalah Morinda Citrifolia. Buah ini ternyata menjadi tanaman asli yang berasal dari Asia Tenggara. Tak heran jika mengkudu banyak tumbuh di kawasan tersebut. Berbicara tentang buah yang juga sering disebut pace ini memang menarik. Bagaimana tidak? Manfaat buah mengkudu ternyata sangat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan.

 buah mengkudu

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Mengkudu

Sebelum membahas lebih lanjut tentang khasiat buah mengkudu, ada baiknya jika mengetahui tentang kandungan nutrisinya terlebih dahulu. Dengan mengetahui isi kandungannya, tentu Anda tidak akan ragu lagi dalam mengkonsumsinya. Tak banyak yang tahu memang tentang manfaat mengkudu untuk kesehatan. Kebanyakan orang hanya tahu buah tersebut hanya dikhususkan bagi penderita darah tinggi saja tetapi nyatanya sekarang ini banyak fakta mengejutkan tentang buah pace ini.

 

Isi kandungan buah mengkudu adalah zat terpenoid, serat, protein, mineral, zat antioksidan, iridoid, morindone, metal, bioaktif, asam kapril dan juga asetil. Beberapa kandungan nutrisi tersebut memiliki peranan penting tersendiri bagi kesehatan. Setelah mengetahui beberapa isi kandungan nutrisi tersebut, berikut ini ada banyak manfaat buah mengkudu bagi kesehatan dan juga kecantikan.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi

Meskipun bau dari buah mengkudu sangat menyengat, Anda jangan menganggap remeh karena manfaat buah mengkudu yang pertama adalah bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Mungkin para penderita hipertensi sudah sangat akrab dengan buah tersebut. Kandungan zat xeronin di dalam mengkudu tersebut mampu menurunkan tekanan darah. Tak heran para penderita hipertensi selalu rajin minum jus mengkudu setiap hari daripada harus minum obat generik yang bisa merusak ginjal. Jadi, mengkonsumsi buah mengkudu untuk darah tinggi dengan secara rutin itu sangat dianjurkan sekali.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Karena terdapat kandungan mineral dan vitamin yang banyak, manfaat buah mengkudu yang paling terasa dirasakan adalah mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Hal ini dikarenakan buah tersebut juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, E dan juga koenzim Q10. Bagi Anda yang selalu ingin menjaga kesehatannya, sangat penting sekali mengkonsumsi jus buah mengkudu. Cara membuat jus mengkudu pun tidak sulit. Pertama ambil buah mengkudu yang sudah masak kemudian cuci bersih, blender bersama dengan gula ataupun madu dan air secukupnya.

3. Membantu menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus bisa menghindari makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat. Jika sudah terlanjur, maka Anda harus bisa menurunkannya. Jangan langsung menggunakan obat-obatan kimia terlebih dahulu tetapi dengan bahan alami seperti mengkudu pun bisa diandalkan. Pasalnya di dalam buah ini terkandung zat xeronin dan proxeronin yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Manfaat buah mengkudu tersebut begitu terasa bila Anda rajin mengkonsumsinya.

4. Menghilangkan jerawat

Manfaat buah mengkudu untuk wajah pun juga ada yaitu membantu menghilangkan jerawat. Karena kandungan vitamin C dan E pada mengkudu sangat banyak, tak heran jika khasiatnya bisa membuat wajah kembali mulus tanpa jerawat. Cara mengolah buah mengkudu untuk menghilangkan jerawat pun sangat mudah. Ambillah buah mengkudu yang sudah masak kemudian parut sampai halus. Kemudian oleskan buah mengkudu tersebut di bagian wajah yang berjerawat. Memakai secara rutin maka jerawat lama-lama akan hilang.

5. Membantu membersihkan komedo

Selain jerawat, manfaat buah mengkudu untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu membersihkan komedo. Komedo memang sangat mengganggu sama halnya jerawat karena akan membuat penampilan menjadi tidak menarik. Caranya pun sama yaitu mengoleskan mengkudu yang sudah diparut pada bagian hidung supaya komedo mudah terangkat. Wajah pun akan kembali bersih dan cerah.

6. Sebagai anti kanker

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika manfaat dari buah mengkudu juga bisa digunakan sebagai anti kanker. Kenapa? Karena buah yang berbau menyengat tersebut memiliki kandungan zat antioksidan dan juga vitamin C yang banyak. Maka tak heran bila mengkudu juga banyak digunakan untuk obat herbal utamanya untuk mencegah kanker. Gambar buah mengkudu pun sering sekali dijadikan label obat herbal pada merk tertentu.

7. Melancarkan pencernaan

Mengkudu juga bisa melancarkan pencernaan. Kandungan serat pada buah ini memang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Namun, ada sebuah penelitian bahwa pace juga sangat ampuh dalam menyembuhkan diare dan juga disentri. Caranya pun mudah, Anda bisa mengkonsumsi langsung buah tersebut sebelum makan. Apabila tidak ingin dimakan secara langsung, Anda pun bisa membuatkannya jus buah.

8. Menyembuhkan sakit kepala

Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mampu menyembuhkan sakit kepala. Jika Anda sedang pusing dan terasa nyeri, pasti Anda langsung berpikir untuk minum obat. Sebenarnya hal itu boleh-boleh saja tetapi lama kelamaan obat kimia tersebut bisa merusak ginjal Anda. Yang paling aman adalah dengan memakai bahan alami seperti pace. Buah ini ternyata mengandung 75% analgesic yang berfungsi untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri. Anda pun bisa mengkonsumsinya dan tak akan ada efek samping.

9. Membunuh bakteri dan kuman di dalam tubuh

Karena mengkudu banyak mengandung zat antioksidan kemudian juga diperkuat adanya senyawa antrakuionon membuat buah tersebut bisa membunuh bakteri dan kuman yang ada di dalam tubuh. Setiap hari Anda mengkonsumsi makanan serta minuman yang Anda sendiri tidak tahu apakah makanan tersebut sudah terinfeksi kuman atau belum. Oleh karena itu, dengan rajin mengkonsumsi mengkudu bisa membantu tubuh membunuh bakteri jahat penyebab penyakit.

10. Mengobati asam urat

Jangan menyepelekan penyakit asam urat, Anda pun bisa terkena penyakit tersebut bila tidak menjaga gaya hidup serta pola makanan setiap hari. Jika sudah terkena penyakit itu, Anda harus segera mengobatinya dan pilihlah mengkudu. Mengapa? Karena buah tersebut banyak mengandung zat iridoid yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Rasa nyeri sendi pun tak akan Anda rasakan bila rutin mengkonsumsi buah pace secara langsung.

pohon mengkudu

Baca juga : 7 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Pohon mengkudu memang sedikit mirip dengan pohon sukun tetapi tidak terlalu tinggi. Mengkudu memang salah satu tanaman yang bisa tumbuh subur di mana saja sehingga gampang sekali menemukan pohon pace ini. Selain dimanfaatkan buahnya, ternyata daun mengkudu sendiri juga memiliki khasiat. Manfaat daun mengkudu yang paling banyak diketahui oleh orang adalah untuk mengobati ambeien. Namun tahukah Anda bila daun mengkudu ternyata juga bisa melangsingkan tubuh.

 

Namun perlu Anda waspadai, bahaya buah mengkudu akan Anda rasakan bila sedang menderita penyakit ginjal dan juga liver. Pasalnya zat kalium yang berlebih pada mengkudu bisa menyebabkan ginjal akan mengalami gangguan bila Anda terindikasi penyakit tersebut. Jadi harap waspada bagi Anda yang memiliki riwayat kedua penyakit tersebut dalam mengkonsumsi mengkudu. Semoga ulasan tentang manfaat buah mengkudu di atas bisa menambah pengetahuan bagi para pembaca.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.