Manfaat Buah Alpukat

1193 views

manfaat buah alpukat

Semua orang pasti sudah mengenal buah yang satu ini. Alpukat merupakan buah yang memiliki rasa nikmat dan khas. Selain rasanya yang enak, buah alpukat juga bisa dibilang buah yang memiliki segudang manfaat. Manfaat buah alpukat tidak hanya baik bagi kesehatan tetapi juga bagus untuk kecantikan. Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat buah alpukat untuk kesehatan, penting bagi Anda untuk melihat terlebih dahulu kandungan gizi alpukat tersebut.

Kandungan Nutrisi dan Juga Manfaat Buah Alpukat

Buah yang memiliki biji besar di bagian dalam tersebut memang sangat pas bila dicampurkan pada sup buah. Selain itu, alpukat juga sangat nikmat bila dibuat jus apalagi ditambahkan dengan susu. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan gula supaya khasiat jus alpukat tidak memudar karena penambahan kalori. Sebelum mengetahui fungsi buah alpukat, berikut ini ada beberapa kandungan nutrisinya.

1. Asam folat

Usut punya usut jika alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan asam folat paling tinggi daripada buah lainnya. Mungkin karena kandungan inilah alpukat sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak. Asam folat sendiri berfungsi untuk membantu pertumbuhan otak serta menjaga kesehatan otak.

2. Vitamin E

Buah yang berwarna hijau tersebut memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Tak heran jika manfaat buah alpukat juga baik untuk kecantikan.

3. Zat besi

Nutrisi yang ketiga adalah kandungan zat besi. Zat besi di dalam alpukat bisa membantu Anda untuk pembentukan darah merah.

4. Vitamin B6

Vitamin yang terkandung dalam alpukat adalah vitamin B6 dan fungsinya untuk mengontrol fungsi saraf. Jadi sangat baik bagi Anda untuk selalu mengkonsumsinya secara rutin.

5. Serat

Semua buah pasti banyak mengandung serat tetapi kadarnya yang berbeda. Pada alpukat, kandungan seratnya bisa dibilang cukup tinggi dan hal tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

pohon alpukat

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi buah tersebut, tentu sangat disarankan untuk selalu mengkonsumsinya. Manfaat alpukat memang akan sangat terasa bila seseorang bisa mengkonsumsinya dengan baik. Berikut ini ada beberapa manfaat buah alpukat yang harus Anda ketahui.

1. Membantu pertumbuhan pada anak

Manfaat buah alpukat yang pertama adalah membantu pertumbuhan pada anak. Karena banyak mengandung vitamin, asam folat dan juga kalsium maka buah ini pun bisa membantu pertumbuhan anak-anak. Anda bisa membuatkannya jus bila mereka tidak menyukai buah yang dimakan secara langsung. Mungkin dengan penambahan susu sangat dianjurkan supaya asupan kalsiumnya lebih banyak.

2. Menghaluskan kulit

Manfaat buah alpukat untuk kecantikan yang pertama adalah bisa menghaluskan kulit. Kandungan vitamin E yang tinggi pada buah tersebut dimanfaatkan para pemilik salon kecantikan. Manfaat alpukat untuk kulit memang sangat besar karena bisa membuat kulit utamanya wajah menjadi lebih halus. Gambar alpukat mungkin sering Anda jumpai pada kemasan masker yang dijual di pasaran karena buah itu sering dibuat masker.

3. Mengurangi resiko cacat lahir pada bayi

Buah alpukat bagi ibu hamil memberikan manfaat yang luar biasa yaitu mengurangi resiko cacat lahir pada bayi. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung banyak vitamin dan juga asam folat. Anda tentu sudah mengetahui bila asam folat bisa membantu pertumbuhan otak serta menjaga kesehatannya. Bagi bumil, sangat penting mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut setiap hari dan alpukat merupakan sumber makanan yang bisa dipilih.

4. Baik bagi ibu hamil

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil sangat banyak. Yang pertama adalah meningkatkan sistem imun tubuh ibu supaya tidak mudah sakit karena adanya kandungan vitamin C. Kemudian manfaat buah alpukat bagi bumil yang kedua adalah menghindarkan ibu hamil dari rasa lemas akibat kekurangan darah. Ini karena adanya kandungan zat besi di dalamnya, kemudian manfaat berikutnya adalah memperkuat tulang. Ibu hamil sangat dianjurkan sekali mengkonsumsi makanan yang juga mengandung kalsium karena proses kehamilan butuh tubuh serta tulang yang kuat supaya terhindar dari resiko osteoporosis setelah melahirkan.

5. Menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi

Manfaat buah alpukat ternyata juga sangat dirasakan bagi penderita hipertensi. Pasalnya pada buah tersebut terkandung kalium yang bisa mengontrol tekanan darah. Jadi sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan tekanan darah dengan minum jus alpukat atau memakannya langsung secara rutin.

6. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah alpukat untuk wajah bisa didapatkan hasilnya lebih maksimal apabila sering memakai masker dari buah tersebut kemudian dipadukan dengan mengkonsumsi buah itu secara rutin. Hal itu akan menghindarkan Anda dari penuaan dini atau keriput. Terbukti bila alpukat sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini karena memiliki kandungan vitamin E tinggi dan juga zat antioksidan. Zat itulah yang nantinya bisa mencerahkan kulit wajah karena selalu terhindar dari radikal bebas.

7. Melancarkan pencernaan

Karena alpukat memiliki kandungan serat tinggi, maka tak heran bila buah tersebut bisa melancarkan pencernaan. Persea Americana merupakan nama latin alpukat dan buah tersebut memang kaya akan serat pangan yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Dengan selalu rutin mengkonsumsi buah tersebut, Anda akan terhindar dari konstipasi dan bahaya kanker usus.

8. Menjaga kesehatan mata

Selain vitamin E, alpukat juga memiliki kandungan vitamin A serta adanya kandungan zat lutein yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Lutein tersebut akan menghindarkan Anda dari katarak dan juga gangguan mata lainnya.

9. Cocok untuk program kehamilan

Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, sangat dianjurkan sekali mengkonsumsi alpukat. Memang benar jika ingin cepat hamil seseorang harus banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki asupan vitamin E serta asam folat tinggi. Maka dari itu alpukat merupakan sumber makanan yang pas bagi Anda yang menjalankan program kehamilan.

10. Mencegah stroke

Alpukat ternyata juga memiliki manfaat luar biasa lainnya yaitu mencegah stroke. Perlu Anda catat, buah tersebut merupakan makanan bagi otak. Mengapa? Karena kandungan asam folat serta omega 3 pada buah tersebut mampu menjaga kesehatan otak. Anda pun akan terhindar dari penyakit stroke bila selalu rutin mengkonsumsi alpukat.

pohon alpukat

 

Baca juga : Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

Pohon alpukat banyak tumbuh di daerah tropis dan buah ini pun dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Selain daging buahnya, buah tersebut daunnya juga dimanfaatkan. Manfaat daun alpukat bisa digunakan untuk pengobatan herbal seperti obat anti kanker. Kembali pada buahnya, alpukat sendiri sering digunakan sebagai buah yang dijadikan minuman. Mungkin selama ini orang-orang beranggapan bahwa buah itu tidak baik dikonsumsi karena memiliki kandungan lemak. Tetapi jangan salah, kandungan lemak pada buah ini merupakan lemak nabati yang baik dan tidak perlu dikhawatirkan. Lemak baik tersebut malahan akan sangat berguna bagi kesehatan tubuh yaitu sebagai cadangan energi. Anda pun tidak akan mengalami kegemukan bila menyukai buah ini. Semoga ulasan tentang manfaat buah alpukat di atas bisa bermanfaat.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.