Menikmati Enaknya 14 Makanan Untuk Penyakit Jantung

136 views

Menikmati Enaknya 14 Makanan Untuk Penyakit JantungPenyakit jantung memang kerap kali dikaitkan dengan kadar kolesterol dalam darah. Karena itu, jangan heran apabila sebagian besar makanan untuk penyakit jantung adalah makanan yang memiliki kandungan yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Pasalnya, kar dari penyakit jantung adalah kadar kolesterol jahat yang sangat tinggi, sehingga menempel pada dinding arteri yang membentuk plak. Plak inilah yang menyebabkan hambatan pada aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke jantung.

Tersumbatnya pembuluh darah dapat menyebabkan serangan jantung yang sangat berbahaya karena dapat merenggut nyawa seseorang. Oleh karena itu, penting bagi kamu dalam memilih resep makanan untuk penyakit jantung agar tidak menaikan kadar kolesterol dalam darah.

Selain pantangan makanan penyakit jantung, berikut ini adalah makanan penyakit jantung yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari!

1. Rempah-rempah

Makanan Untuk Penyakit JantungPenambahan rempah-rempah dalam masakan yang kamu buat sebagai pengganti garam merupakan pilihan yang tepat untuk kesehatan jantung. Menambahkan rempah pada masakan tidak akan memberikan rasa yang buruk. Menambahkan banyak bumbu ‘No’ garam menjadi cara lezat untuk jantung yang sehat.

2. Kacang hitam

Makanan Untuk Penyakit JantungKacang hitam kaya akan nutrisi untuk jantung selain tekturnya yang lembut kandungan antioksidan, folat dan magnesium membantu dalam menurunkan tekanan darah. Kacang hitam memiliki serat yang dapat mengontrol kadar kolesterol dan gula darah berlebih. Tambahkan kacang hitam sebagai sup atau salad dalam makananmu.

3. Salmon

Makanan Untuk Penyakit JantungSalmon sering dianggap sebagai makanan untuk penyakit jantung karena kaya akan kandungan omega-3. Omega-3 merupakan lemak sehat yang dapat menurunkan tekanan darah dan gangguan pada ritme jantung. Selain itu omega-3 dapat menurunkan trigliserida dan mencegah terjadinya peradangan. Asosiasi jantung AS menyarankan untuk mengkonsumsi dua porsi salmon dalam seminggu.

4. Tuna untuk Omega-3

Makanan Untuk Penyakit JantungBukan ikan salmon saja yang mengandung omega-3, tapi tuna juga mempunyai kandungan omega-3 lho. Omega-3 pada ikan tuna putih lebih tinggi dari ikan tuna lainnya. Kamu dapat mengkonsumsi ikan tuna dengan cara panggang dengan dill dan lemon.

5. Kenari

Makanan Untuk Penyakit JantungMengkonsumsi sedikit kenari sehari dapat menurunkan kolesterol yang ada pada tubuhmu. Kacang ini dapat melindungi arteri jantung dari peradangan. Kenari tinggi akan omega-3, lemak sehat yang disebut sebagai lemak jenuh tunggal dan serat. Kamu dapat memanfaatkan minyak kenari sebagai pengganti lemak jahat yang ada pada kripik dan cookies.

6. Almond

Makanan Untuk Penyakit JantungKacang almond cocok dicampurkan dengan ikan, sayuran, ayam, dan makanan penutup. Makanan tersebut mempunyai sterol, lemak dan serat yang baik sehingga cocok dijadikan makanan untuk penyakit jantung. Kacang almond dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, dengan mengkonsumsi segenggam almond sehari.

7. Tahu

Makanan Untuk Penyakit JantungMengkonsumsi tahu dapat memberikan protein vegetarian dalam jumlah yang banyak juga kaya akan mineral, lemak, serat yang baik untuk jantung. Tahu juga dapat menyerap rempah-rempah yang kamu gunakan ketika memasak.

8. Ubi jalar

Makanan Untuk Penyakit JantungSebaiknya ganti kentang dengan ubi jalar, karena ubi jalar memiliki indeks glisemik rendah yang tidak akan menaikkan gula darah dengan cepat. Ubi jalar juga kaya akan nutrisi seperti vitamin A, lycopene dan serat.

9. Jeruk

Makanan Untuk Penyakit JantungSelain memiliki rasa yang manis, jeruk juga memiliki serat perctin yang dapat melawan kolesterol. Buah ini juga mengandung kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah. Mengkonsumsi jus jeruk 2 cangkir per hari dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, juga menurunkan tekanan darah pada pria.

10. Swiss Chard

Makanan Untuk Penyakit JantungSayuran berdaun gelap ini kaya akan magnesium dan kalium yang dapat mengontrol tekanan dalam darah sehingga cocok dijadikan makanan untuk penyakit jantung. Swiss chard mempunyai serat yang sehat untuk jantung, antioksidan lutein, vitamin A dan zeaxantin. Kamu dapat menggunakan swiss chard dengan daging panggang atau alas untuk ikan.

11. Oatmeal

Makanan Untuk Penyakit JantungMengkonsumsi semangkok oatmeal hangat dapat mengisi perut kamu untuk beberapa jam. Sehingga dapat mencegah kamu untuk ngemil, dan membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Serat oat dapat menyehatkan jantung kamu dengan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

12. Makanan yang diperkaya dengan sterol

Beberapa margarin, susu almond, susu kedelai, dan jus jeruk mengandung stanol dan sterol yang dapat melawan kolesterol. Selain itu, makanan tersebut dapat menurunkan kadar LDL sebesar 10% tanpa merusak kolesterol baik.

13. Ceri

Mengkonsumsi ceri yang manis, asam, kering, atau jus ceri, semuanya baik untuk kesehatan tubuh kamu. Kandungan antioksidan yang disebut anthocyanin diyakini mampu melindungi pembuluh darah.

14. Blueberry

Blueberry merupakan makanan yang penuh nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Buah ini mengandung antioksidan yang membantu pembuluh darah. Antioksidan inilah yang memberikan warna biru gelap pada buah tersebut. Selain itu, blueberry mempunyai serat dan nutrisi lainnya.

Itulah beberapa makanan untuk penyakit jantung yang sangat baik dikonsumsi demi menjaga kesehatan jantung. Selain itu, pola hidup sehat mesti diterapkan di kehidupan sehari-hari seperti olahraga yoga, renang, dan pola hidup sehat lainnya. Semoga bermanfaat.

author
Author: