13 Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Perlu Kamu Ketahui

442 views

13 Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Perlu Kamu KetahuiMemilih makanan untuk penderita diabetes adalah cara paling penting dalam menjaga kadar gula dalam darah. Pasien pengidap diabetes tidak dapat leluasa dalam mengkonsumsi makanan. Pasalnya, jika makanan yang dikonsumsi itu salah maka kadar gula dalam darah akan meningkat.

Karena itu, kamu perlu tahu menu makanan untuk penderita diabetes yang baik dikonsumi dan yang tidak. Meningkatnya kadar gula dalam darah pada pengidap diabetes lebih berisiko menimbulkan dampak pada kesehatan seperti kerusakan saraf, pusing, lelah, penyakit jantung, gagal ginjal, mata yang bermasalah, bahkan kehilangan kesadaran atau koma.

Selama ini orang-orang beranggapan bahwa makanan untuk diabetes adalah nasi merah. Faktanya masih banyak makanan lain yang dapat dikonsumsi yang tak kalah sehat untuk penderita diabetes.

Berikut ini adalah makanan yang dapat dikonsumsi untuk penderita diabetes, di antaranya:

1.    Oatmeal

oatmeal untuk penderita diabetesUntuk kamu yang memiliki diabetes, mengkonsumsi oatmeal bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat untuk tubuh.
Selain aman dikonsumsi kamu pun dapat mencampurnya dengan strawberry atau pisang agar lebih enak.

2.    Ubi jalar

manfaat ubi jalar mentahUbi jalar dapat menjadi pilihan makanan untuk penderita diabetes karena mengandung karbohidrat. Makanan ini mempunyai kadar indeks glikemiknya yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Apalagi ubi jalar ini memiliki rasa yang agak manis.

3.    Jagung

deskripsi jagungJagung memiliki kadar glikemik yang rendah sehingga cocok dijadikan sebagai pengganti nasi bagi penderita diabetes. Selain itu jagung mengandung serat pati resisten yang baik dalam mengontrol gula darah.

4.    Nasi merah

nasi merah untuk dietWalaupun nasi putih adalah makanan utama yang wajib ada bagi orang Indonesia, tapi tetap harus dihindari oleh penderita diabetes. Sebagai gantinya kamu dapat mengkonsumsi nasi merah, karena memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan karbohidrat.

5.    Ikan laut

jenis ikan laut dangkalMengkonsumsi ikan laut seperti sarden, salmon, dan tuna adalah makanan untuk penderita diabetes yang kaya akan gizi. Selain kandungan omega-3 makanan laut ini mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Walaupun aman dikonsumsi bagi pengidap diabetes, tapi mengolah ikan sebaiknya di kukus bukan di goreng.

6.    Daging

daging sapiAda yang beranggapan bahwa penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi daging. Faktanya yang dilarang itu adalah lemak pada daging tersebut.  Daging aman dikonsumsi bagi penderita diabetes tapi jangan di goreng.

7.    Brokoli

kandungan brokoliBrokoli adalah jenis sayur yang sarat akan gizi dan aman dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan sulforaphane yang ada dalam sayuran brokoli berguna dalam melindungi dinding pembuluh darah akibat diabetes.

8.    Bayam

kandungan bayamMakanan untuk penderita diabetes lainnya adalah sayur bayam. Selain kaya akan nutrisi sayuran hijau ini mengandung lutein yang baik untuk diabetes. Sayuran ini dapat diolah menjadi makanan yang sangat enak.

Baca juga: Setidaknya Konsumsi 15 Buah Untuk Penderita Diabetes

9.    Tomat

kandungan tomatTomat merupakan salah satu makanan untuk penderita diabetes. Selain mengandung lutein dan likopen, tomat juga dapat melindungi ginjal dan pembuluh darah akibat diabetes. Tak hanya itu, mengkonsumsi jus tomat setiap hari dapat mengurangi risiko penggumpalan darah akibat diabetes. Jadi, kamu dapat makan enak dan segar sekaligus menjaga kestabilan gula darah.

10.    Buah Beri

buah sejenis stroberiAntioksidan yang ada dalam buah beri, blueberi atau stroberi berguna untuk penderita diabetes dalam mencegah stress oksidaf. Buah beri juga kaya akan serat yang baik untuk menangkal naiknya kadar gula darah.

11.    Kacang-kacangan

jenis kaacang kacangan di duniaMakanan untuk penderita diabetes yang cocok dijadikan sebagai cemilan adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan memiliki indeks glikemik yang rendah dan mengandung karbohidrat kompleks dan magnesium yang aman sehingga mampu mengontrol kadar gula darah.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat kamu pilih adalah almond, kacang tanah, kacang merah, mete, kacang pistachio dan kenari. Tapi kacang ini memiliki kalori yang tinggi sebaiknya jangan berlebihan dan mengkonsumsinya.

12.    Buah citrus

artikel tentang jerukBuah jeruk termasuk kedalam buah yang kadar gulanya cukup tinggi. Alih-alih mendapatkan manfaatnya, kamu mngkin saja khawatir akan buah orange ini justru dapat menaikkan gula darah. Tapi tidak perlu khawatir, faktanya buah jeruk dan keluarga citrus lainnya justru aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jeruk, lemon, dan jeruk bali merah mempunyai efek antidiabetes yang dapat membantu mengendalikan gula dalam darah sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk penderita diabetes.

13.    Alpukat

1000 manfaat alpukatBuah alpukat mempunyai sumber lemak sehat selain ikan. Buah ini masuk ke dalam daftar makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes karena dapat mengendalikan kadar gula darah. Lemak baik yang ada pada buah alpukat bekerja dengan cara meningkatkan kerja hormone insulin penderita diabetes dalam mencegah menumpuknya glukosa dalam darah.

Jadi dengan mengkonsumsi buah ini penderita diabetes dapat menjaga tubuhnya agar tetap sehat untuk beraktivitas.

Nah, itu dia makanan untuk penderita diabetes yang direkomendasikan dan dapat diolah menjadi makanan yang enak dan manis namun tetap aman.  Bagi kamu yang ingin menjalani hidup sehat, terutama bagi penderita diabetes. Yuk, mulai konsumsi makanan yang sehat seperti buah,, sayur dan daging agar pola makan kamu tetap terjaga.

author
Author: