Pantangan Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

1952 views

Darah rendah, anemia, atau hipotensi adalah kondisi dimana jumlah sel-sel darah merah, hemoglobin, atau hb berada dibawah batas normal. Hal ini akan mempengaruhi kulitas darah dan juga kerja jantung yang kian melemah. Jika anda mengalami kondisi tersebut, anda akan mengalami pusing, pandangan kabur, pusing, kelelahan, dan pingsan. Lalu, apa yang harus anda lakukan jika anda penderita darah rendah dan apa saja pantangan makanan untuk penderita darah rendah?

Untuk mencegah darah rendah, penting untuk mengatur menu makanan anda sehari-hari. Kemudian, dalam memilih makanan untuk penderita darah rendah, ada berbagai prinsip dan menu diet yang dapat dijadikan acuan. Prinsip dan menu diet itu biasanya menyertakan bebera pantangan makanan untuk penderita darah rendah karena akan memperparah kondisi darah rendah tersebut.

Apa saja makanan pantangan makanan untuk penderita darah rendah? Mari simak jawabannya dalam ulasan dibawah ini.

1. Makanan Berminyak

Mengonsumsi makanan yang mengandung kadar minyak tinggi dan diolah dengan cara digoreng dapat mempengaruhi kesehatan darah dan tubuh anda. Hal itu dikarenakan makanan berminyak merupakan makanan yang dilarang untuk penderita anemia yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans yang dapat menyumbat aliran darah. Selain itu, pedagang di pinggir jalan biasanya menggunakan minyak yang telah dipakai berkali-kali. Minyak semacam itu akan mengikat nutrisi dan menimbulkan tekanan darah menjadi turun.

makanan untuk penderita darah rendah

Contoh makanan berminyak yang harus dihindari penderita darah tinggi:
• Keripik kentang. Keripik kentang memiliki kandungan garam, lemak, gula, dan kalori yang tinggi. Kandungan-kandungan tersebut akan menyumbat sirkulasi aliran darah. Selain itu, keripik juga mengandung zat pemanis, pengawet, dan pemanis buatan yang sangat mengganggu kesehatan.
• Jajanan gorengan. Makanan ini tidak baik untuk penderita darah rendah karena menggunakan minyak yang sering tidak diganti. Kandungan lemak yang tinggi juga akan merugikan kesehatan.
• Ayam goring. Daging ayam sendiri sebenarnya sudah mengandung lemak jenuh yang tinggi terutama pada bagian paha.

Kandungan lemak jenuh akan meningkat menjadi dua kali lipat lebih banyak jika ayam digoreng. Lebih baik menggoreng ayam dengan minyak zaitun.

Oleh karena itu, hindarilah makanan-makanan seperti ini dan mulailah mengukus atau merebus makanan anda. Jika anda ingin mengonsumsi makanan berminyak, masaklah makanan sendiri dengan menggunakan lemak non-trans atau lemak tak jenuh atau minyak zaitun. Anda juga bisa mengonsumsi resep makanan untuk penderita anemia dengan minyak zaitun. Hal ini akan membuat kesehatan jantung dan sel darah merah, hemoglobin, atau hb dalam tubuh anda terjaga kesehatannya.

2. Makanan Siap Saji atau Junk Food dan Mie Instan

Hindarilah makan siap saji atau junk food yang merupakan pantangan makanan untuk penderita darah rendah. Makanan-makanan semacam itu mengandung lemak jenuh dan kolesterol LDL yang dapat menyumbat aliran darah dan dapat mengiritasi lambung. Tekanan darah akan menurun karena banyaknya lemak jenuh yang masuk kedalam darah. Selain makanan siap saji, mie instan juga tidak boleh dikonsumsi penderita darah rendah. Mie instan mengandung zat pengawet dan zat lainnya yang dapat menghambat usus untuk mencerna makanan dengan baik. Mie instan juga tidak mengandung serat dan zat besi yang berguna menaikkan darah. Ini akan menyebabkan tekanan darah menjadi menurun.

3. Mentimun dan Belimbing

Seperti yang telah diketahui, mentimun adalah bahan makanan yang banyak memiliki kandungan air. Vitamin, gizi, dan mineral yang tinggi sangat dianjurkan untuk penderita hipertensi atau darah tinggi. Mentimun termasuk sayur yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, mentimun merupakan makanan yang dapat menurunkan tekanan darah dan memicu darah rendah. Bagi penderita darah rendah, anda sebaiknya tidak mengonsumsi mentimun ini. Mentimun hanya makanan yang dianjurkan untuk penderita darah tinggi.

Selain mentimun, belimbing juga dapat mengatasi darah tinggi atau hipertensi. Buah ini baik untuk dikonsumsi penderita darah tinggi tapi tidak untuk penderita darah rendah. Buah belimbing memiliki sifat pendingin dan menekan darah. Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki tekanan darah normal atau darah rendah, buah ini akan berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Jika darah terlalu rendah, sakit kepala dan pingsan bisa datang sewaktu-waktu tanpa diduga. Namun, ada juga buah-buahan yang merupakan makanan sehat untuk penderita anemia.

4. Minuman Alkohol dan Bersoda

Bagi anda yang memiliki darah rendah, anda perlu menghindari minuman alcohol dan bersoda. Minuman bersoda memiliki kadar gula yang tinggi. Sedangkan gula merupakan pantangan makanan untuk darah rendah. Alkohol juga merupakan salah satu pantangan makanan penderita darah rendah karena dapat memperparah kondisi tersebut dan membahayakan kesehatan tubuh.

Alkohol memiliki sifat yang panas sehingga dapat mengiritasi lambung dan merusak sel-sel darah merah. Selain itu, alcohol juga memiliki efek diuretic yang akan membuat anda buang air kecil. Hal itu akan membuat tubuh kekurangan cairan dan memiliki tekanan darah rendah. Alcohol juga dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan pingsan. Bahkan, minuman ini juga akan menghambat aliran darah menuju otak. Lebih baik anda mengonsumsi susu untuk penderita anemia.

5. Makanan Pedas

Makanan pedas adalah pantangan makanan penderita anemia. Makanan tersebut dapat mengiritasi dan menggerus lambung. Selain itu, makanan ini juga dapat membuat kurang nafsu makan, membuat tubuh kurus, mual, muntah, dan diare. Apabila nafsu makan anda menurun atau mengalami muntah, nutrisi, mineral, zat besi, natrium, dan zat penting lainnya dalam tubuh tidak akan terpenuhi dan terbuang. Hal ini akan memperparah kondisi darah rendah dan menurunkan tekanan darah. Makanan pedas akan merangsang peningkatan asam lambung yang dapat mengikis dinding lambung anda. Makanan ini juga dapat memicu pembengkakan pada lambung.

makanan untuk penderita darah rendah

Menurut Para peneliti, Third Military Medical University, cabai mengandung capsaicin (8-methyl-N-vanillyl-6-nonenamide). Senayawa ini mampu mengendurkan dan melonggarkan pembuluh darah. Dalam hasil tes laboratorium pada seekor tikus, cabai terbukti dapat menurunkan tekanan darah

6. Makanan Tinggi akan Karbohidrat

Apakah anda pernah menyadari bahwa nasi membuat tubuh terasa kenyang? Nasi memiliki karbohidrat yang sangat tinggi. Makanan yang memiliki karbohidrat yang tinggi tidak baik untuk penderita darah rendah. Makanan yang tinggi akan karbohidrat biasanya menekan rasa lapar dan menyebabkan tekanan darah menurun. Karbohidrat juga dapat menyebakan pembengkakan pada pembuluh arteri.

Oleh karena itu, tekanan darah akan menjadi turun dan menyebabkan darah rendah. Kelebihan karbohidrat juga akan memicu penyakit jantung. Seperti yang diketahui, darah rendah akan berdampak pada fungsi otak dan jantung. Selain itu, kelebihan karbohidat juga dapat mengganggu proses metabolism dalam tubuh.

7. Makanan Asam dan Pahit

Makanan asam dan pahit juga merupakan salah satu pantangan makanan penderita darah rendah. Makanan asam merupakan makanan yang dapat menggerus dan mengiritasi lambung. Makanan semacam inipun akan menyebabkan nafsu makan berkurang. Jika lambung terjadi luka atau asam lambung menjadi meningkat, hal ini akan menekan nafsu makan. Nafsu makan yang menurun akan menyebabkan kurangnya asupan zat besi kedalam tubuh. Kekurangan zat besi akan menyebabkan darah rendah.

Selain makanan asam, makanan pahit juga perlu dihindari bagi penderita darah rendah. Zat pahit ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Makanan pahit yang dapat menurunkan tekanan darah adalah bunga papaya, daun papaya, jamu, dan pare. Sebenarnya, orang yang kekurangan darah membutuhkan gula bukannya zat pahit. Gulalah yang meberikan energy, stamina, dan menaikan tekanan darah menjadi naik. Sedangkan zat pahit malah menggalkan peningkatan energy, stamina, dan tekanan darah tersebut. Jika anda ingin makanan pahit, konsumsi kopi untuk penderita anemia.

Makanan- makanan diatas adalah pantangan makanan untuk penderita darah rendah. Hindarilah pantangan makanan darah rendah secara teratur dan konsisten. Konsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung serat dan zat besi. Darah rendah akan dinormalkan dengan makanan-makanan tersebut. Selain itu, anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi dan obat yang tepat untuk mengobati anemia. Dokter juga akan menganjurkan makanan apa saja dan obat penambah darah yang baik dikonsumsi untuk penderita darah rendah.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.