Khasiat Buah Manggis, Adakah Efek Sampingnya?

1905 views

Manfaat buah manggis sudah banyak diketahui sehingga tidak heran jika banyak beredar ekstrak buah manggis yang digadang-gadang punya segudang manfaat kesehatan. Buah manggis merupakan salah satu buah tropis yang banyak tumbuh di wilayah Asia termasuk Indonesia. Buah yang berbentuk bulat dengan warna ungu gelap ini memang punya rasa yang manis dan menyegarkan. Buahnya berwarna putih bersih dengan bagian dalam berwarna kuning dengan tekstur yang agak kenyal. Rasa buah manggis ini memang sangat enak jadi tidak heran jika penggemar jus manggis pun juga sangat banyak. Nah, tahukah Anda nama latin manggis? Nama latin buah tropis ini adalah Garcinian Mangostana L.

manfaat buah manggis

Ternyata, memilih buah manggis yang bagus tidak semudah itu. Banyak pembeli yang mengaku kerap salah pilih. Ciri-ciri buah manggis yang bagus dan manis adalah warnanya hitam dan bukan ungu gelap, seluruh permukaan kulitnya bersih tanpa ada noda berwarna kuning sedikitpun dan ukurannya juga sedang, tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar. Biasanya, jika terdapat noda kuning pada kulit manggis maka di dalam buah tersebut juga akan ada sebagian buah yang berwarna kuning sehingga tidak bisa dimakan. Mengkonsumsi buah ini berarti Anda akan segera menikmati khasiat buah manggis yang sangat bagus untuk kesehatan. Tidak hanya satu atau dua manfaat, tetapi terdapat belasan hingga puluhan manfaat buah manggis yang dapat meningkatkan kondisi kesehatan dan juga menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Keajaiban Manfaat Buah Manggis

1. Manggis untuk Mencegah Kanker

Ini dia manfaat manggis yang paling hebat. Sudah terbukti melalui berbagai penelitian bahwa manggis merupakan salah satu buah pencegah kanker yang efektif. Hal inilah yang membuat manggis dikategorikan menjadi salah satu tanaman obat. Salah satu kandungan buah manggis adalah zat anti oksidan dalam jumlah yang cukup tinggi yang berfungsi sebagai zat anti kanker. Antioksidan berfungsi untuk mengeliminasi zat radikal bebas yang dapat memicu kanker. Berbagai penelitian tersebut juga membuktikan bahwa manfaat buah manggis untuk kanker dapat terjadi karena buah ini dapat mencegah berkembangnya tumor yang dikarenakan oleh sebuah senyawa dikenal sebagai garcinone E. Menurut penelitian, buah manggis juga mempunyai zat khusus yakni zat xanthones yang juga berfungsi untuk mencegah serta memerangi kanker.

2. Manggis untuk Kecantikan

Khasiat manggis untuk terbilang ampuh untuk kecantikan terutama bagi para wanita. Manfaat buah manggis ini bahkan telah terbukti melalui penelitian. Selain zat antioksidan, kandungan vitamin buah manggis juga sangat tinggi diantaranya adalah vitamin E dan vitamin C. Kedua vitamin ini berperan banyak untuk menjaga kecantikan dengan menutrisi kulit agar tetap terlihat muda. Selain itu, buah manggis juga mengandung anti mikroba dan anti bakteri alami yang dapat berfungsi efektif untuk mengobati masalah kulit termasuk kulit berminyak, jerawat, kulit kering dan noda kulit. Manggis juga mempunyai senyawa santon yang sangat tinggi. Senyawa inilah yang berfungsi untuk melindungi tubuh, memperbaiki sel yang rusak di dalam tubuh dan juga menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Tidak hanya itu, telah terbukti juga manfaat buah manggis untuk meminimalisir efek penuaan dikarenakan oksidasi. Hal ini dapat terjadi karena adanya zat antioksida di dalam buah manggis yang mirip dengan katekin dan berfungsi untuk melawan radikal bebas. Sehingga, tidak salah jika Anda memutuskan untuk rutin mengkonsumi buah manggis agar terus terlihat awet muda.

Baca juga : 10 Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

3. Manggis untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat lain dari buah manggis adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang disebut dengan LDL. Berkat zat santon atau xanthone dalam buah manggis, Anda rutin mengkonsumsi buah manggis atau ekstrak buah manggis dapat terhindar dari ancaman penyempitan pembuluh darah yang dikarenakan jumlah kolesterol jahat yang tinggi.

4. Manggis untuk Kesehatan Mata

Buah tropis ini juga punya manfaat terkait kesehatan mata. Jika, diperhatikan baik-baik, gambar buah manggis sebenarnya mirip dengan bentuk mata manusia. Manggis telah terbukti dapat mencegah mencegah terjadinya gangguan penglihatan seperti glukoma dan katarak. Kedua gangguan tersebut merupakan gangguan yang dikarenakan oleh radiasi sehingga menyebabkan kurang atau hilangnya protein pada lensa mata. Berkat tingginya kandungan zat antioksidan pada buah manggis maka buah ini sangat membantu mencegah terjadinya gangguan tersebut.

khasiat buah manggis

5. Manggis untuk Ginjal

Permasalahan terkait ginjal sudah tentu dialami oleh banyak orang terutama kaum pria. Buah manggis secara alami akan merangsang pembuangan air seni yang lebih sering sehingga kesehatan ginjal akan tetap terjaga. Untuk mendapatkan manfaat buah manggis ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengkonsumsi 3 ons buah manggis setiap harinya. Namun, jika Anda mempunyai penyakit diabetes atau gula darah, sebaiknya konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter Anda. Hal ini dikarenakan adanya kadar gula yang cukup tinggi di dalam buah manggis dan dikhawatirkan akan memicu kenaikan gula darah.

Manfaat manggis untuk ibu hamil juga bukan hal baru lagi. Buah yang berbentuk bulat ini sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi ibu dan calon bayi agar selalu optimal sampai waktunya kelahiran. Hal ini bisa terjadi karena manggis punya kandungan zat antioksidan yang tinggi. Manfaat buah manggis untuk ibu hamil ini memang telah terbukti.

6. Manggis untuk Jantung

Sekali lagi, manggis punya manfaat untuk menjaga dan mengoptimalkan kinerja organ tubuh. Kali ini adalah jantung yang mendapat manfaat dari manggis. Buah ini dapat mencegah terjadinya penyakit jantung serta arterioklerosis yakni sebuah kondisi yang menyebabkan pembuluh dalam di dalam jantung kehilangan elastisitasnya. Bahkan, ketika kondisi tersebut sudah terjadi, buah manggis dapat memulihkan kembali ke keadaan semula berkat adanya zat antioksidan dan antimicrobial yang ada pada buah ini.

7. Manggis untuk Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah manggis adalah menormalkan kembali tekanan darah tinggi. Kondisi ini kerap dikenal dengan hipertensi dan terjadi dikarenakan adanya gangguan pada bagian pembuluh darah. Dengan konsumsi buah manggis yang rutin, maka tekanan darah akan dapat kembali normal sehingga ancaman terjadinya serangan stroke dan jantung dapat dihindari.

8. Manggis untuk Asma

Tidak sulit untuk menanam pohon buah manggis di wilayah Indonesia karena iklim dan kondisi tanah di Indonesia sangat cocok bagi pohon ini untuk berkembang biak. Menurut penelitian, buah manggis juga ternyata dapat membantu menyembuhkan asma sebab buah ini mempunyai sejumlah kandungan zat yang dapat berfungsi optimal untuk mengurangi alergis. Selain itu, buah manggis juga punya zat yang dapat melawan infeksi sehingga mencegah kondisi terburuk ketika serangan asma terjadi.

9. Manggis untuk Gigi

Ini dia manfaat manfaat buah manggis yang lain yakni untuk mengobati sakit gigi. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu untuk menjemur kulit manggis terlebih dahulu hingga benar-benar kering. Lalu parut kulit yang sudah kering tersebut hingga halus. Ambil kapas dan gunakan kapas tersebut untuk membungkus kulit manggis yang sudah dihaluskan. Dan, letakkan kapas berisi kulit manggis tadi di gigi Anda yang terasa sakit.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.