Kenali 7 Sayuran Penyebab Asam Urat

266 views

7 Daftar Sayuran Pantangan Asam Urat

Gout atau yang sering kita kenal dengan asam urat merupakan nyeri sendi yang di akibatkan asam urat dalam darah telah terakumulasi  di sekitar sendi sehingga membentuk Kristal. Asam urat sangat erat kaitannya dengan asupan makanan yang kita makan seperti sayuran penyebab asam urat yang tinggi akan purin.

Purin ini adalah zat yang ada di dalam tubuh yang terbentuk secara alami. Selain itu purin dapat ditemukan pada beberapa makanan yang sering kita konsumsi setiap hari seperti olahan daging dan jeroan.

Saat diperlukan untuk menghancurkan purin, tubuh akan memproduksi asam urat untuk melakukan hal tersebut. Jika kadar purin semakin banyak yang perlu untuk dipecah, maka semakin banyak pula kadar nilai asam urat dalam tubuh yang harus di produksi.

Jika asam urat dalam tubuh menumpuk, dapat menyebabkan penderitanya mengalami sakit kronis dan pembengkakan, serta mengakibatkan nyeri sendi yang teramat sakit.

Jika penyakit tersebut kambuh, maka akan memberikan rasa sakit yang dapat bertahan hingga 3 sampai 10 hari. Pembengkakan yang terjadi tidak hanya akan menimpa sendi, melainkan juga akan menyebar ke daerah sendi yang disertai dengan warna kulit yang berubah menjadi memerah.

Penyebab asam urat yang paling umum terjadi berasal dari minuman atau makanan yang tinggi akan purin. Tapi, beberapa makanan yang lain seperti sayuran juga dapat menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Karena, jika mereka mengkonsumsi makanan ini dapat menyebabkan asam urat yang dimiliki dapat kambuh kembali.

Lalu apa saja sih sayuran penyebab asam urat kambuh yang perlu dihindari ? Simak pembahasan berikut ini.

 

1.Kembang kol

sayuran penyebab asam urat kambuh

Kembang kol merupakan sayuran yang tidak sering dijumpai dalam sebuah makanan, namun sering kali digunakan sebagai selingan sebagai campuran lauk pauk ataupun sayuran.

Sayuran ini termasuk sayuran yang mengandung purin dalam jumlah yang tinggi, karena itu, Kembang kol menjadi sayuran penyebab asam urat tinggi.

Kandungan purin yang terdapat pada sayuran kembang kol adalah 51 gram per 100 gram kembang kol.

2. Bayam

sayuran penyebab asam urat kambuh

Selain kembang kol, ada juga sayuran penyebab asam urat lainnya yaitu bayam. Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan zat besi, flavonoid, vitamin C luteins, dan beta-karoten.

Tapi sayangnya, sayuran ini tak dapat dikonsumsi untuk orang penderita asam urat atau gout.

Bayam ini merupakan sayuran yang perlu di hindari untuk pengidap asam urat karena mempunyai kandungan purin yang tinggi.

Kandungan purin dalam sayuran bayam sebanyak 57 gram untuk 100 gram. Hal tersebut dapat menaikkan nilai asam urat dalam tubuh.

3. Asparagus

sayuran penyebab asam urat kambuh

Asparagus merupakan sayuran yang tinggi kalium dan folat yang dapat dimakan baik dingin atau panas, tentunya setelah di masak terlebih dahulu.

Asparagus juga menjadi sayuran yang perlu dihindari untuk pengidap asam urat, karena kandungan purinnya yang tinggi.

Kandungan purin dalam 100 gram asparagus adalah 23 gram.

4. Jamur

sayuran penyebab asam urat kambuh

Sayuran penyebab asam urat lainnya adalah jamur. Jamur merupakan sayuran yang tinggi akan purin.

Jamur juga sering digunakan untuk pengganti daging yang buruk bagi mereka yang sedang menjalani diet asam urat.

5. Kacang-kacangan

sayuran penyebab asam urat kambuh

Penderita asam urat pun perlu menghindari makanan yang berasal dari kacang-kacangan, karena produk nabati ini mengandung purin dengan kadar tinggi seperti kacang polong.

Kacang polong menjadi peringkat teratas dengan kandungan purin yang tinggi, yakni 5-100mg purin per 3,5 ons.

6. Kangkung

sayuran penyebab asam urat kambuh

Sayuran kangkung sering dianggap sayuran yang perlu dihindari untuk penderita asam urat.

Kangkung sendiri memiliki kandungan purin yang tidak terlalu tinggi, namun tetap saja jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan asam urat menjadi kambuh.

7. Daun singkong

sayuran penyebab asam urat kambuh

Daun singkong di gadang-gadang menjadi sayuran penyebab asam urat. Kandungan purin yang ada dalam daun singkong bisa terbilang rendah.

Namun, jika dikonsumsi berlebih dapat meningkatkan purin dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan asam urat menjadi kambuh.

Cara mengelola kadar asam urat

Penyakit asam urat tak dapat disembuhkan, namun dapat dikendalikan. Selain menggunakan obat-obatan, asam urat juga dapat dikelo dengan pola hidup secara konsisten.

Dengan melakukan perubahan pada gaya hidup dapat mengurangi atau menghentikan terjadinya asam urat.

Berikut ini yang perlu kamu perhatikan jika ingin asam urat yang diderita bisa dikendalikan:

  • Membatasi minuman beralkohol dan manis
  • Membatasi makanan tinggi purin
  • Berolahraga rutin (tapi hindari latihan yang terlalu intens)
  • Minum cukup air putih untuk mencegah dehidrasi
  • Hindari crash dietatau diet cepat
  • Berhenti merokok

Sebaiknya kamu lebih mengenal lagi jenis-jenis sayuran penyebab asam urat, karena masih dapat ditemukan di sekitar kita.

Untuk penderita asam urat, sebaiknya batasi dan hindari mengkonsumsi sayuran tersebut. Jika keluhan akibat asam urat yang tinggi masih dapat dirasakan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

author
Author: