Kenali 6 Gejala Penyakit Jantung

168 views

Kenali 6 Gejala Penyakit JantungMungkin kamu mengira bahwa gejala penyakit jantung itu seperti serangan jantung, irama jantung atau gagal jantung. Walaupun tidak semua gejala dari penyakit jantung itu sama, baik itu gejala penyakit jantung pada wanita dan pria.

Lantas obat apa yang tepat untuk mengobati gejala tersebut?

Seperti yang kamu ketahui sebelumnya, bahwa penyakit jantung terbagi menjadi beberapa jenis. Karena itu, tanda dan gejala pastinya tidak akan sama tergantung penyakitnya.

Namun ada beberapa gejala awal penyakit jantung yang umumnya terjadi. Jika kamu mengalami salah satu atau lebih dari tanda tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter.

Berikut ini merupakan gejala awal penyakit jantung, yaitu:

1. Nyeri dada

Kenali 6 Gejala Penyakit JantungGejala awal yang diakibatkan oleh penyakit jantung yang cukup mengkhawatirkan yaitu angina atau nyeri dada, karena bersifat nyeri dan tidak nyaman pada dada. Biasanya gejala ini timbul saat otot jantung tidak memperoleh darah yang kaya oksigen dengan cukup.

Bukan hanya pada dada saja tapi rasa nyeri bisa menjalar hingga daerah bahu, lengan, leher, rahang hingga punggung. Rasa nyeri tersebut dapat berlangsung selama beberapa hari ataupun minggu. Hal tersebut tergantung seberapa banyak plak yang menumpuk di arteri koroner.

Baca juga : Kenali 5 Gejala Asam Urat Paling Jelas Beserta Penyebabnya

2. Detak jantung tidak teratur

Kenali 6 Gejala Penyakit JantungDetak jantung yang tidak teratur atau sering disebut juga dengan palpita merupakan gejala yang umum terjadi, tapi dapat diidentifikasikan sebagai gejala penyakit jantung.

Kebanyakan orang yang mengalami gejala ini akan merasakan detak jantungnya berhenti beberapa saat, lalu kemudian dilanjutkan dengan irama jantung yang kembali kencang. Sebagian orang yang mengalami palpita mempunyai aritmia atau detak jantung yang tidak normal. Hal tersebut bergantung dari jenis aritmia yang kamu derita.

Jika detak jantung kamu tidak teratur kemungkinan dapat menyebabkan penyakit jantung yang disertai dengan tanda yang lain mulai dari nyeri dada, sesak napas, pusing hingga terasa goyah.

3. Sesak napas

Kenali 6 Gejala Penyakit JantungSelain penyakit paru-paru, sesak napas juga sering dikaitkan dengan gejala awal terjadinya penyakit jantung. Pasalnya, fungsi jantung yang tidak normal dapat berdampak pada kelancaran aliran darah.

Aliran darah yang tidak lancar membuat kamu sesak napas karena kurangnya oksigen dalam jantung. Contohnya pasien gagal jantung akan sering mengalami sesak napas, terutama saat sedang berbaring. Selain itu, penderitanya akan tiba-tiba bangun di malam hari karena sesak napas.

Dalam istilah medis kondisi tersebut sering disebut dengan nama nocturnal dyspnea. Masalah jantung lainnya seperti penyakit jantung koroner dan penyakit katup jantung juga ditandai dengan gejala sesak napas.

Sesak napas pada gejala penyakit jantung biasanya akan dibarengi dengan rasa nyeri pada dada. Jadi bisa disebutkan bahwa sesak napas merupakan salah satu tanda medis yang tidak dapat di anggap remeh  dan butuh perawatan segera dari dokter.

4. Pusing

Kenali 6 Gejala Penyakit JantungPusing kepala merupakan suatu kondisi dimana seseorang diserang dengan sensasi kepala yang terasa berat, penglihatan kabur, dan badan lemas. Rasa pusing terkadang dikaitkan dengan gejala awal pada penyakit jantung. Contohnya penyakit aritmia jantung, jantung koroner, gagal jantung dan lain sebagainya.

Itulah mengapa kamu disarankan untuk tidak menyepelekan masalah pusing yang satu ini. Terutama jika kondisi tersebut dialami dalam waktu yang lama. Sebaiknya untuk segera lakukan pemeriksan lebih lanjut dengan dokter agar penyakit tersebut tidak semakin memburuk.

5. Kehilangan kesadaran tiba-tiba

Kenali 6 Gejala Penyakit JantungHilangnya kesadaran secara tiba-tiba atau pingsan termasuk salah satu dari gejala penyakit jantung koroner yang kerap terjadi. Biasanya kondisi medis ini menandakan adanya masalah yang serius. Namun beberapa kondisi yang disertai dengan gejala lain yang tidak normal.

Pingsan dapat menunjukan kondisi kesehatan yang berbahaya dan mengancam tubuh. jadi penting untuk kamu cari tahu tentang penyebab tiba-tiba kamu hilang kesadaran.

6. Badan lemas

Kenali 6 Gejala Penyakit JantungLemas merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat melakukan tugasnya seperti biasa. Orang dengan kondisi medis seperti ini dianjurkan untuk memperbanyak istirahat dengan tidur yang cukup agar energinya pulih kembali.

Tapi dalam beberapa waktu ada kondisi yang tidak biasanya, kelelahan dapat menjadi gejala awal dari penyakit jantung maupun tanda kelainan pada sistem organ tubuh lainnya. Insomnia, restless leg syndrome, sleep apnea bisa menjadi faktor risiko dan gangguan umum yang mengarah pada penyakit jantung.

Sama halnya dengan rasa pusing, kelelahan yang terjadi dalam waktu yang lama membutuhkan pemeriksaan medis segera agar dapat diketahui penyebab terjadinya kondisi tersebut.

Berbagai macam kondisi di atas memang kerap kali di kenal sebagai gejala penyakit jantung  yang masih dianggap hal sepele, yang tidak perlu tindakkan pemeriksaan diri setelah mengalaminya. Jika mengalami gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan tubuhmu.

 

author
Author: