Kenali 5 Gejala Asam Urat Paling Jelas Beserta Penyebabnya

51 views

Kenali 5 Gejala Asam Urat Paling Jelas Beserta PenyebabnyaAsam urat merupakan suatu penyakit yang kemunculannya ditandai dengan nyeri, pembengkakan, dan ada rasa panas di area persendian. Pada dasarnya, gejala asam urat akan dirasakan oleh semua sendi yang dimiliki manusia.

Tapi biasanya yang paling sering terserang adalah pada bagian lutut, jari tangan, jari kaki, dan pergelangan kaki. Biasanya penyakit ini akan mudah menyerang pada pria berusia 30 tahun ke atas. Sedangkan bagi wanita, asam urat akan terjadi selepas menopause.

Asam urat adalah senyawa alami yang dapat diproduksi langsung oleh tubuh. Jika kadar asam urat normal dalam tubuh, kamu tidak akan mengalami nyeri sendi.

Gejala asam urat biasanya akan terjadi jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi. Saat tubuh mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, maka tubuh secara otomatis akan memproduksi asam urat.

Namun, kebanyakan orang berpikiran jika asam urat hanya dialami oleh orang tua saja. Nyatanya, kadar asam urat dapat saja naik di usia berapapun. Untuk kamu yang masih muda perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dengan cukup tanpa berlebihan.

Bukan hanya makanan saja, asam urat dapat terjadi karena faktor genetik. Jadi, bagi kamu yang mempunyai anggota keluarga yang memiliki penyakit asam urat, maka kamu juga akan mengalami kondisi yang sama.

Lalu, bagaimana dengan gejala yang ditimbulkan asam urat?

Berikut ini adalah gejala-gejala asam urat tinggi yang perlu kamu waspadai

1. Sendi Menjadi Kaku

Kenali 5 Gejala Asam Urat Paling Jelas Beserta PenyebabnyaAsam urat dapat membuat sendi-sendi menjadi kaku sehingga muncullah rasa nyeri pada sendi.

Biasanya hal ini akan terjadi karena adanya penumpukan asam urat pada persendian yang membuatnya terbatas dalam rentang gerak sendi.

Gejala yang ditimbulkan biasanya membuat seseorang mengalami kesulitan saat  berjalan, khususnya pada malam hari.

2. Sendi Mendadak Terasa Sakit

Kenali 5 Gejala Asam Urat Paling Jelas Beserta PenyebabnyaBukan hanya kaku yang akan dirasakan pada penderita asam urat, namun dapat menyebar ke area persendian.

Biasanya gejala ini akan dirasakan sebentar atau bisa sampai beberapa jam dan yang paling parah bisa berhari-hari.

3. Nyeri Hebat pada Area Persendian

Kenali 5 Gejala Asam Urat Paling Jelas Beserta PenyebabnyaRasa nyeri pada sendi serta bengkak dapat menjadi gejala asam urat tinggi. Bahkan, asam urat dapat dibarengi dengan radang sendi dan kesemutan yang dapat terlihat pada permukaan kulit.

Jika kamu sering merasakan nyeri pada bagian sendi seperti lutut, jempol kaki, pergelangan tangan, siku, dan jari-jari selama 4 sampai 12 jam pertama, lalu berkurang, maka perlu kamu waspadai.

Apalagi jika kamu sering mengalami gejala ini sampai berhari-hari, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

4. Radang Kemerahan

Kenali 5 Gejala Asam Urat Paling Jelas Beserta PenyebabnyaGejaja lainnya adalah dapat ditandai dengan sendi yang menjadi merah dan terasa sangat panas. Biasanya rasa nyeri akan terasa pada telapak kaki dengan warna merah yang diikuti dengan rasa panas yang sangat menyengat juga rasa nyeri saat digunakan berjalan.

Hal tersebut dapat terjadi lantaran Kristal asam urat menetap pada sendi, sehingga memicu peradangan dan pembengkakan.

5. Terdapat Benjolan

Kenali 5 Gejala Asam Urat Paling Jelas Beserta PenyebabnyaAsam urat dapat ditandai dengan adanya benjolan di bawah lapisan kulit di sekitar area sendi. Kondisi ini dapat menyebabkan asam urat menumpuk dalam waktu yang lama.

Jika dibiarkan Kristal tersebut dapat menumpuk pada saluran kemih, sehingga dapat menyebabkan batu ginjal.

Penyebab asam urat yang perlu  kamu waspadai

1. Faktor Makanan

Biasanya asam urat dapat disebakan oleh faktor makanan yang mempunyai kadar purin yang tinggi seperti jeroan, makanan laut, dan daging merah.

Bukan hanya makanan, asam urat dapat juga disebabkan oleh minuman beralkohol dan minuman yang manis.

2. Obat-obatan Tertentu

Gejala asam urat dapat disebabkan juga karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti aspirin dan obat yang memiliki fungsi yang dapat membuang kelebihan air dan garam dari dalam tubuh.

Asam urat juga dapat terjadi karena adanya proses penyembuhan luka selepas operasi dan kondisi medis tertentu.

3. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan selalu dikaitkan sebagai penyebab asam urat. Kenapa bisa? Berat badan yang tidak terkontrol dengan baik menyebabkan kadar asam urat melonjak tinggi.

Kondisi tersebut dapat mengakibatkan ginjal kesulitan dalam membuang asam urat dari dalam tubuh.

4. Riwayat Keluarga

Faktor genetik dari riwayat keluarga atau keturunan dapat juga menyebabkan seseorang terkena asam urat.

Jika kamu mempunyai anggota keluarga yang mengidap penyakit tersebut, maka kamu juga dapat mengalami masalah yang sama.

Cara Mengobati Asam Urat

Penyakit ini memang tak dapat disembuhkan secara total, namun gejala asam urat dapat diatasi dan dicegah dengan pola hidup yang sehat.

Kamu pun dapat mengontrol asam urat dengan cara mengobatinya seperti berikut ini:

  • Olahraga teratur selama 30 menit setiap hari
  • Atur pola makan sehat, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Kamu juga perlu menghindari makanan dan minuman manis, serta kurangi konsumsi lemak jenuh dari daging merah, unggas, dan produk susu yang mengandung lemak tinggi.
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Perbanyak minum air putih
  • Rajin mengkonsumsi jus lemon
  • Meminum teh jahe tanpa gula

Dengan perawatan yang benar dan tepat, maka gejala asam urat akan hilang dengan sendirinya. Namun, yang pernah mengalami asam urat tinggi dapat berpotensi kembali terserang asam urat.

Jika perawatan yang dilakukan tidak tepat dapat menyebabkan gejala yang akan lebih sering timbul. Karena itu, sebaiknya berobat langsung ke dokter agar dapat ditangani dengan tepat dan cepat.

author
Author: