Kenali 5 Ciri Sakit Asam Urat Sebelum Parah

189 views

Kenali 5 Ciri Sakit Asam Urat Sebelum ParahAsam urat termasuk dalam bentuk rematik umum dan kompleks sehingga dapat menyerang siapa saja.  Ciri sakit asam urat dapat ditandai dengan adanya rasa nyeri pada sendi secara tiba-tiba, kemerahan, membengkak dan biasanya hal tersebut akan menimpa area dasar jempol kaki.

Pembengkakan termasuk kedalam ciri-ciri asam urat pada kaki ini tidak hanya terjadi pada sendi saja, melainkan pada sekitar area sendi yang disertai dengan warna kulit kemerahan.

Ada beberapa konsekuensi yang akan timbul dari penumpukan asam urat di dalam tubuh, termasuk nyeri sendi karena asam urat ( Arthritis gout) akut dan juga kronis, batu ginjal, serta endapan asam urat lokal pada kulit dan jaringan lainnya yang dapat menyebabkan benjolan pad kulit.

Asam urat bisa saja terjadi oleh sendirinya yang disebut dengan asam urat primer, atau bisa saja karena adanya suatu kondisi medis atau obat lain disebut juga dengan asam urat sekunder.

Asam urat atau arthritis gout dilaporkan sebagai penyebab yang paling sering dari peradangan sendi pada pria dengan usia 40 tahun ke atas. Serangan secara berulang dari arthtritis gout dapat merusak persendian sehingga menyebabkan rematik yang kronis.

Walaupun begitu, asam urat merupakan penyakit progresif, namun terdapat obat yang sangat efektif untuk mengobati asam urat. Tapi tetap saja perlu kamu ketahui tentang ciri sakit asam urat tinggi  dan tanda asam urat tinggi yang perlu kamu waspadai.

lantas, apa ciri-ciri sakit asam urat itu?

Berikut ini adalah beberapa ciri dari asam urat yang perlu kamu ketahui, diantaranya :

1. Sendi Terasa Nyeri, Panas, dan Kaku

Kenali 5 Ciri Sakit Asam Urat Sebelum ParahAsam urat kebanyakan terjadi pada daerah kaki namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada daerah sendi yang lain. Ciri sakit asam urat pada kaki ini biasanya akan menyerang pada daerah sendi yang mana akan terasa kaku, panas, dan terasa nyeri.

Biasanya bagian sendi yang paling umum mengalami dampak asam urat adalah di pangkal jempol kaki, dimana pembengkakan dapat dikaitkan dengan rasa nyeri yang parah, tapi semua sendi dapat merasakan nyeri tersebut contohnya area pergelangan kaki, lutut dan jari tangan.

2. Kaki Bengkak dan Merah

Kenali 5 Ciri Sakit Asam Urat Sebelum ParahRasa nyeri yang teramat sakit merupakan salah satu dari ciri-ciri asam urat yang disertai dengan sensasi panas, pembengkakan dan munculnya warna kemerahan pada kulit di daerah sendi.

Tapi, dalam kasus asam urat yang lebih parah, bisa saja terjadi bengkak pada daerah kaki dan tidak hanya pada sendi saja. Biasanya pembengkakan terjadi disertai dengan warna kulit yang memerah dan rasa panas yang menjalar.

3. Kesemutan yang Intens

Kenali 5 Ciri Sakit Asam Urat Sebelum ParahPasti kalian pernah mengalami yang namanya kesemutan, baik itu di kaki, tangan, bahkan wajah, ya, kan ?

Biasanya kesemutan akan terjadi jika kaki atau tangan merasakan mati rasa atau pegal. Namun, untuk penderita asam urat tinggi, biasanya akan mengalami rasa kesemutan yang sangat intens dan tidak kunjung mereda dalam waktu yang singkat. Kesemutan yang memberikan efek panas dapat menjadi salah satu dari penderita asam urat.

4. Rasa Nyeri yang Menjalar dari Bagian Bawah Kaki

Kenali 5 Ciri Sakit Asam Urat Sebelum ParahPada dasarnya, seseorang yang menderita ciri sakit asam urat tinggi akan mengalami rasa nyeri yang menjalar pada bagian bawah kaki hingga kebagian atas.

Biasanya rasa nyeri dan panas ini akan naik mulai dari jempol kaku sampai ke bagian telapak kaki dan tapak kaki, lalu menjalar lagi pada area betis, lutut, hingga paha.

Hal tersebut menjadi salah satu dari sekian banyaknya ciri asam urat tinggi dan kolesterol yang perlu kamu waspadai.

5. Rasa Sakit dan Nyeri Berkembang dengan Cepat

Kenali 5 Ciri Sakit Asam Urat Sebelum ParahSebagian orang, rasa sakit yang ditimbulkan oleh asam urat akan sangat sakit walaupun itu tersentuh seprai pada jari kaki sekalipun. Ciri sakit  asam urat biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri yang berkembang dengan cepat dalam waktu beberapa jam.

Orang yang terkena penyakit serangan asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang sangat cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa nyeri tersebut dapat berlangsung selama 3-10 hari. Tapi, ada juga yang mengalami ciri-ciri asam urat ini selama berminggu-minggu.

Walaupun serangan asam urat dapat reda sendirinya, namun kondisi tersebut tak bisa kamu abaikan begitu saja. Kamu perlu mengobati asam urat tersebut agar dapat terhindar dari risiko kambuh dengan tingkat keparahan, risiko kerusakan permanen pada sendi, dan risiko penyebaran ke sendi-sendi yang lain.

Perlu diketahui bahwa penyakit asam urat akan berisiko lebih tinggi dialami oleh orang-orang yang sedang menderita penyakit ginjal kronik, penyakit diabetes, hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi, osteoarthritis, psoriasis, dan sindrom metabolisme.

Kenali ciri sakit asam urat agar bisa mendapatkan penanganan kesehatan yang sesuai untuk meredakan gejala-gejala asam urat tersebut.

author
Author: