Kenali 10 Tanda Asam Urat Tinggi Berikut Ini

85 views

Kenali 10 Tanda Asam Urat Tinggi Berikut IniSering merasakan nyeri hebat pada bagian kaki? Hati-hati, bisa jadi kamu menderita asam urat. Kenali tanda asam urat tinggi berikut ini!

Asam urat biasanya akan terjadi pada orang dewasa, namun belakangan ini anak muda yang tidak dapat menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat dapat saja terkena asam urat.

Saat terkena asam urat, hal pertama yang akan kamu rasakan adalah sakit pada area sendi dan pegal yang berkepanjangan.

Biasanya nyeri yang dirasakan karena timbulnya penumpukan asam urat pada aliran darah, sehingga mengkristal pada area persendian. Asam urat dapat dihasilkan langsung oleh tubuh yang mengandung purin.

Semua sendi yang ada pada tubuh mempunyai risiko untuk terkena asam urat, namun yang paling umum dirasakan adalah sendi pada bagian jempol kaki.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan asam urat terjadi diantaranya adalah faktor genetik atau keturunan, mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, dan kondisi kesehatan seperti kolesterol, diabetes, dan tiroid.

lantas, bagaimana mengetahui tanda asam urat tinggi?

Nah, untuk pencegahan atau mengurangi dari efek asam urat, yuk cari tahu tanda-tanda di bawah ini!

1. Sendi Terasa Sakit

Kenali 10 Tanda Asam Urat Tinggi Berikut Ini

Seperti yang telah dijelaskan tadi, asam urat dapat menyerang pada area sendi. Saat terkena asam urat, kamu akan merasakan nyeri dan pegal-pegal pada sendi.

Yang paling pertama merasakan tanda asam urat tinggi pada bagian jempol kaki. Bila sudah parah, sendi lain seperti pundak, siku, lutut, dan pergelangan tangan juga dapat terkena dampaknya.

Baca juga : Hindari 6 Buah Pantangan Asam Urat Berikut Ini

2. Muncul Benjolan

Kenali 10 Tanda Asam Urat Tinggi Berikut Ini

Jika sering merasakan nyeri, pegal, dan tiba-tiba muncul benjolan di bagian persendian, kamu perlu waspada, ya.

Karena munculnya benjolan merupakan tanda asam urat tinggi pada kaki yang sudah mengendap dan menjadi Kristal di bawah kulit. benjolan tersebut sering disebut dengan nama “tophi.”

3. Bengkak di Bagian Persendian

Kenali 10 Tanda Asam Urat Tinggi Berikut Ini

Jika asam urat sudah mengkristal persendian akan menjadi membengkak, sehingga menyerang banyak sendi pada tubuh dan mengkristal di bawah lapisan kulit.

Jika hal tersebut terjadi, maka kamu akan merasakan nyeri yang jauh lebih sakit dibandingkan dengan gejala awal.

Pembengkakan pada sendi dapat merusak tulang rawan yang ada di area persendian yang terkena asam urat.

4. Merasa Tidak Nyaman

Jika tanda asam urat tinggi semakin parah, pembengkakan pada sendi  akan jauh lebih parah sehingga kamu tidak akan merasa nyaman ketika berjalan dan lebih sulit dari biasanya.

Rasa tidak nyaman inilah yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan karena adanya Kristal asam urat yang ada di bawah kulit.

5. Kulit Terasa Gatal

Kenali 10 Tanda Asam Urat Tinggi Berikut Ini

Biasanya, rasa gatal di kulit akan terasa saat bengkak pada kulit mulai mengempis dan rasa nyeri yang dirasakan mulai mereda.

Dampak yang akan terjadi setelah meredanya rasa sakit adalah kulit akan sedikit terkelupas, bersisik, dan terus menerus merasakan gatal.

6. Badan Menjadi Lemas

Nyatanya asam urat dapat membuat kamu merasakan lemas bahkan pingsan karena tak sanggup untuk menahan rasa sakitnya.

Jika sudah sampai seperti ini, sebaiknya kamu melakukan pengobatan dan beristirahat agar badan dapat pulih kembali dengan cepat.

7. Pusing

Bukan hanya rasa lemas yang akan dirasakan, namun kamu juga akan merasakan pusing saat tanda asam urat tinggi sedang kambuh.

Hal tersebut karena didukung dengan adanya pembengkakan dan nyeri yang tak bisa ditahan.

8. Kulit Memerah

Kenali 10 Tanda Asam Urat Tinggi Berikut Ini

Jika sedang kumat, kulit akan berubah menjadi merah karena adanya peradangan. Peradangan itulah yang menjadi salah satu efek dari bengkak yang terjadi pada lapisan kulit.

Hal tersebut dipicu dengan adanya asam urat yang mengkristal sehingga mengendap lebih lama.

9. Kram

Jika tanda asam urat tinggi sudah membengkak pada area sendi, pengidap asam urat akan tiba-tiba saja merasakan kram, terutama pada daerah kaki.

Hal ini dapat disebabkan karena ada rasa kaku yang berkepanjangan yang dirasakan baik ketika kambuh atau setelahnya.

10. Buang Air Kecil Terasa Sakit

Meskipun tidak dialami oleh semua orang, namun penderita asam urat biasanya baru akan sadar setelah tanda yang dirasakan saat sudah terdiagnosa penyakit batu ginjal.

Jika sudah terkena batu ginjal, mayoritas orang akan merasakan sakit pada bagian perut sehingga kesulitan saat buang air kecil.

Itu dia tanda asam urat tinggi yang perlu kamu waspadai. Yang sudah dijelaskan diatas, bahwa asam urat dapat terjadi pada siapa saja.

Agar terhindar dari asam urat atau setidaknya dapat mengurangi tanda yang sudah muncul, kamu dapat memulainya dari mengubah gaya hidup dengan lebih sehat dan teratur.

Bila asam urat sudah kumat, sebaiknya kamu mengkonsumsi obat yang sudah diberikan dokter secara rutin sesuai yang dianjurkan agar tidak semakin parah.

 

 

author
Author: