Kandungan dan Manfaat Buah Semangka

1881 views

Buah semangka kaya akan manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dengan segala kandungan vitamin serta mineral yang dimilikinya. Buah yang masuk dalam anggota keluarga Citrullus lanatus memiliki peran untuk menjaga metabolisme dan membantu kesehatan tubuh. Buah tropis ini adalah buah yang segar karena mengandung banyak air. Sangat pas sekali untuk menyantap buah semangka terutama ketika cuaca panas. Manfaat buah semangka juga sangat banyak termasuk bagi kesehatan yang bisa berpengaruh terhadap kecantikan tubuh. Sebelum membahas mengenai manfaat buah ini lebih jauh lagi, mari kita bahas terlebih dahulu zat-zat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

manfaat buah semangka

Kandungan Buah Semangka

1. Buah semangka kaya vitamin

Pada umumnya, buah-buahan mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga berlaku pada buah semangka. Ada beberapa macam vitamin yang terdapat pada jenis buah segar ini. lalu, buah semangka mengandung vitamin apa saja? Vitamin yang utama dalam buah ini adalah vitamin C. Vitamin tersebut sangat baik dalam melawan radikal bebas. Ia juga berperan penting dalam mencegah terjadinya kanker sebagai salah satu manfaat buah semangka. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin B1, B6, dan vitamin A. Meskipun kandungannya tidak sebanyak vitamin C, vitamin B1 diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi, sedangkan vitamin B6 membantu untuk menguatkan sistem imun tubuh.

2. Buah semangka mengandung beberapa jenis asam dan zat-zat lain

Selain kaya vitamin, kandungan semangka lainnya juga tidak kalah penting perannya untuk membuat tubuh menjadi sehat. Ada beberapa jenis asam yang bermanfaat dalam semangka seperti asam folat dan asam amino sitrulin. Asam folat sendiri bisa membantu mencegah terjadinya gangguan pada susunan saraf pusat serta kecacatan pada otak, sedangkan asam amino sitrulin bermanfaat bagi organ hati, sistem kekebalan tubuh, dan sistem peredaran darah. Manfaat buah semangka bisa pula diperoleh melalui zat-zat lain yang dikandungnya termasuk biotin, tembaga, potasium, magnesium, dan kalium.

3. Buah semangka mengandung gula alami dan air

Buah semangka terdiri dari gula yang alami sebanyak 6 persen serta air sebanyak 91 persen. Melihat besarnya persentase air dalam buah dengan bentuk bulat ini, tidak heran jika ia sangat menyegarkan karena menghasilkan banyak air. Lihat saja saat Anda mencoba membuat jus semangka, tanpa perlu menambah air terlalu banyak pun jus dari buah semangka sudah menghasilkan cairan yang cukup. Air dalam semangka sangat cocok sebagai pelepas dahaga. Meskipun demikian, konsumsilah buah ini dengan jumlah yang tepat seperti yang diperlukan tubuh, jangan sampai berlebihan.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan vitamin dan nutrisi-nutrisi lainnya, sekarang saatnya mengetahui apa saja khasiat buah semangka. Dalam hal ini, manfaat buah semangka yang dibahas adalah dilihat dari segi kesehatan.

1. Menyehatkan ginjal

Manfaat semangka untuk kesehatan yang pertama adalah mampu membantu menyehatkan ginjal. Buah ini akan membantu memperlancar saluran kemih serta membantu ginjal untuk menyaring zat-zat sisa metabolisme. Ia juga bisa berperan untuk membuat ginjal Anda bekerja dengan lebih optimal. Hal ini juga akan membuat zat-zat yang dibuang melalui urine menjadi lancar pula.

2. Mencegah dehidrasi

Manfaat buah semangka berikutnya adalah mampu mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini dikarenakan salah satu kandungan utama dalam semangka adalah air. Orang yang menderita dehidrasi tentu memiliki beberapa faktor pemicu. Ketika Anda memerlukan jumlah cairan yang cukup banyak, selain mengonsumsi air putih Anda juga bisa mengonsumsi buah ini untuk membantu mencegah dehidrasi.

3. Menurunkan tekanan darah

Buah semangka juga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang mengalami hipertensi, ada baiknya bila Anda mencoba mengonsumsi buah yang satu ini. Ia memiliki bahan alami yang berperan dalam menurunkan tekanan darah Anda. Zat-zat tersebut adalah kalium serta magnesium yang mendukung penurunan tekanan darah.

4. Mencegah kram otot

Selanjutnya, manfaat buah semangka yang dibahas menjadi lebih khusus lagi karena hal tersebut berhubungan dengan kesehatan ibu hamil. Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang bertanya-tanya bolehkah ibu hamil makan semangka. Tentu saja hal tersebut diperbolehkan asalkan dalam jumlah yang diperlukan tubuh dan tidak berlebih. Buah ini bisa mencegah kram otot pada ibu hamil. Buah semangka yang dikonsumsi oleh ibu hamil berkhasiat mengurangi kram yang terjadi pada tulang dan otot serta mengurangi rasa sakit pada otot.

5. Mengurangi pembengkakan

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang lainnya adalah mengurangi pembengkakan yang terjadi dalam masa kehamilan. Pembengkakan ini umum terjadi secara ringan pada bagian kaki dan tangan ibu hamil. Kandungan air pada semangka bisa mengurangi terjadinya penyumbatan pembuluh darah sehingga bisa mencegah terjadinya pembengkakan.

Baca juga : Khasiat Buah Manggis, Adakah Efek Sampingnya?

Menggali Manfaat Buah Semangka Melalui Budidaya

Daripada selalu membeli di pasaran untuk mendapatkan manfaat buah semangka, mungkin Anda mau mencoba berbisnis sekaligus mengambil manfaat kesehatan yang lebih melalui budidaya semangka. Hal ini merupakan salah satu peluang budidaya yang cukup menjanjikan. Melihat permintaan pasar yang tergolong masih tinggi akan buah semangka, maka peluang Anda untuk memasarkannya masih terbuka lebar. Untuk melakukan budidaya buah semangka, Anda perlu mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk menanam semangka. Ada beberapa langkah yang diperlukan. Beberapa langkah tersebut dibagi ke dalam proses pembibitan, penyiapan lahan, penanaman, perawatan, dan pemanenan.

• Pembibitan

Pertama-tama, belilah bibit buah semangka sekitar sebelas bungkus. Kemudian rendam bibit tersebut selama satu malam, tiriskan, lalu bungkus menggunakan kain untuk digantung semalaman sampai tumbuh tunas. Setelah itu, masukkan satu bibit semangka bertunas ke dalam polibek kecil yang diberi pupuk. Anda bisa menyemai bibit tersebut setelah seminggu.

• Penyiapan lahan

Cara menanam semangka berikutnya adalah penyiapan lahan. Anda perlu membuat kanal air untuk pengairan dimana sisi kiri dan kanan kanal akan dipakai sebagai pot atau arena tanam. Untuk cara yang lebih baik, taburkan pupuk organik dan tutuplah area tanam menggunakan plastik yang sudah dilubangi sebagai tempat menanam biji bertunas.

• Penanaman

Setelah satu minggu, sobeklah dan buang plastik polibek. Tanah dan bibit tersebut kemudian dipindah ke area tanam. Beri jarak tanam dan cukupilah kebutuhan airnya.

• Perawatan

Selanjutnya, dalam tahap perawatan, siramilah tanaman semangka Anda setiap seminggu sekali. Semprot pupuk dauan dan anti hama (pestisida) penggerek di minggu pertama. Beri pupuk penyubur dua minggu berikutnya. Kendalikan hama penyakit dengan menyemprot pestisida lagi ketika ada serangan hama. Apabila tanaman Anda sudah berbunga dan sudah muncul bakal buah semangka, petiklah bakal buah dan bunga tersebut. Kontrol dengan tepat bahwa satu pohon semangka harus hanya memiliki satu hingga dua buah saja. Setelah satu bulan, beri lagi pupuk penyubur yang sama yang pernah digunakan kepada semangka tersebut.

• Pemanenan

Tahap terakhir adalah tahap pemanenan. Biasanya, setelah masa dua bulan tanaman semangka yang telah Anda budidayakan siap dipanen. Anda bisa menilai sendiri apakah hasil panen semangka Anda berhasil atau gagal, cukup bagus atau tidak melalui beberapa referensi secara tertulis maupun dengan melihat gambar buah semangka. Kini saatnya Anda menikmati manfaat buah semangka yang kaya nutrisi.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.