9 Jenis Penyakit Jantung

290 views

9 jenis penyakit jantungPenyakit jantung menjadi salah satu pembunuh mematikan tertinggi di Indonesia. Selain itu, ada berbagai jenis penyakit jantung lainnya yang sama berbahayanya bagi tubuh. Jantung merupakan organ vital yang memiliki fungsi untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sehingga jaringan dan organ dalam tubuh dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Tapi, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan pada jantung dan membuat organ dalam tubuh tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Karena itu, kamu perlu mengetahui jenis-jenis penyakit jantung berikut.

Berikut ini adalah macam-macam penyakit jantung tersebut antara lain:

1. Penyakit jantung koroner

PJK atau penyakit jantung koroner akan terjadi jika pembuluh darah arteri yang menyalurkan darah ke jantung mengalami penyempitan dan mengeras. Kondisi ini dapat terjadi karena menumpuknya kolesterol dan pembekuan darah di dalam arteri atau disebut aterosklerosis.

Menyempitnya arteri menyebabkan aliran darah dan oksigen ke jantung menjadi tidak maksimal, sehingga organ tersebut tidak dapat berfungsi normal.

2. Serangan jantung

9 jenis penyakit jantungSerangan jantung merupakan suatu kondisi dimana pasokan darah menuju jantung terhambat secara total, sehingga mengakibatkan sel-sel otot jantung mengalami kerusakan. Serangan jantung dapat terjadi karena disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

3. Aritmia

Jenis penyakit jantung lainnya adalah aritmia atau gangguan pada irama jantung. Penyakit ini membuat penderitanya mengalami irama jantung yang bisa cepat dan lambat sehingga tidak beraturan. Biasanya aritmia akan terjadi apabila ada rangsangan listrik yang mengatur detak jantung menjadi terganggu, alhasil jantung tidak dapat bekerja dengan semestinya.

Gangguan tersebut sering dikaitkan dengan penyakit jantung koroner kardiomiopati, serangan jantung, dan gangguan elekrolit seperti kekurangan kalium dalam darah (hypokalemia) atau kelebihan kalium (hyperkalemia).

4. Kardiomiopati

9 jenis penyakit jantungKardiomiopati merupakan suatu gangguan yang terjadi pada otot jantung. Kondisi ini dapat menyebabkan kelainan pada bentuk dan kekuatan otot jantung. Contohnya otot jantung yang menjadi besar dan kaku sehingga tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan normal.

Penyakit ini bisa disebabkan karena adanya kelainan genetik yang menyebabkan penderitanya terlahir dengan kondisi ini. Kardiomiopati bukan hanya disebabkan oleh kelainan genetik saja melainkan dapat diakibatkan oleh penyakit jantung koroner, penuaan, gagal jantung, dan hipertensi.

5. Gagal jantung

Gagal jantung merupakan jenis penyakit jantung yang diakibatkan karena melemahnya jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi tersebut dapat diawali dengan adanya penyakit lain seperti diabetes, penyakit jantung bawaan, tekanan darah tinggi, dan jantung koroner.

Jika hal tersebut berlangsung dalam jangka panjang gagal jantung dapat memicu komplikasi yang cukup serius yakni henti jantung, gagal hati, dan gagal ginjal.

6. Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah kelainan bentuk jantung yang terjadi sejak lahir. Kelainan ini dapat terjadi pada katup jantung, dinding jantung, pembuluh darah dekat jantung atau tetralogy of fallot ( kombiasi dari semua kelainan tersebut).

Penyakit ini dapat terjadi karena adanya gangguan pada proses perkembangan jantung pada janin. Belum dapat diketahui pasti penyebab penyakit jantung ini terjadi namun diduga ada kaitannya dengan faktor genetik, penggunaan obat tertentu selama hamil, konsumsi minuman keras, atau terjadi infeksi saat trimester pertama kehamilan.

7. Penyakit katup jantung

Penyakit katup jantung termasuk ke dalam jenis penyakit jantung yang terjadi ketika katup jantung tidak dapat menutup dan membuka dengan sempurna, sehingga terjadi hambatan pada aliran darah.

Penderita penyakit ini mungkin saja tidak merasakan gejala apapun dalam waktu yang lama. Saat gejala terjadi, penderita akan mengalami nyeri dada, sesak napas, detak jantung tidak beraturan, cepat lelah, dan pembengkakan di bagian tertentu seperti perut dan tungkai.

Penyakit katup jantung bisa saja terjadi saat dia lahir akibat faktor keturunan atau terjadi ketika masa kanak-kanak dan dewasa akibat penyakit lain, contohnya endocarditis atau demam rematik. Kondisi lainnya yang dapat menyebabkan penyakit katup jantung adalah jantung koroner, Kawasaki, serangan jantung dan kardiomiopati.

8. Endokarditis

9 jenis penyakit jantungInfeksi yang terjadi pada jaringan ikat yang melapisi dinding dan katup disebut penyakit endocarditis. Infeksi ini dapat terjadi apabila kuman dari bagian tubuh lain seperti mulut dan kulit masuk ke dinding jantung melalui aliran darah.

Bakteri atau jamur dapat menyebabkan endocarditis dapat masuk melalui luka yang ada pada tubuh atau luka dimulut, pemakaian jarum yang tidak steril untuk tato, dan penggunaan NAPZA suntikan.

9. Tumor jantung

9 jenis penyakit jantungJenis penyakit jantung terakhir adalah tumor jantung. Tumor jantung merupakan pertumbuhan jaringan yang abnormal pada dinding jantung. Tumor ini dapat bersifat kanker ganas atau jinak. Tumor jantung dapat tumbuh pada dinding otot jantung atau pericardium ( lapisan pelindung jantung).

Dengan mengenali jenis penyakit jantung, kamu diharapkan dapat lebih waspada dan tidak meremehkan gejala yang mencurigakan. Segera periksakan kondisi kamu dengan dokter, agar pemeriksaan dapat dilakukan dengan saksama dan penyebab gangguan medis bisa terdeteksi dengan cepat dan tepat.

author
Author: