Konsumsi 8 Jenis Buah Untuk Daya Tahan Tubuh

173 views

Konsumsi 8 Jenis Buah Untuk Daya Tahan TubuhDi tengah mewabahnya virus corona, daya tahan tubuh menjadi salah satu faktor penting yang wajib dijaga. Pasalnya, daya tahan tubuh menjadi benteng yang menjaga kondisi tubuhmu. Karena itu, kamu perlu mengkonsumsi buah untuk daya tahan tubuh.

Sehingga, dengan daya tahan tubuh yang kuat kamu pastinya tidak mudah sakit. Hal ini tentu sangat penting mengingat sekarang ini rumah sakit banyak diutamakan bagi pasien yang terjangkit virus corona.

Meminum suplemen tambahan bisa jadi alternatif lainnya. Namun jika ingin lebih sehat, salah satu cara yang tepat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah yang baik untuk kesehatan.

Nah, berikut ini adalah buah-buahan yang wajib kamu konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Beberapa di antaranya mungkin biasa kamu konsumsi sebelumnya.

1. Jeruk

Konsumsi 8 Jenis Buah Untuk Daya Tahan TubuhBuah-buahan pertama yang wajib kamu konsumsi sebagai buah untuk daya tahan tubuh adalah buah jeruk. Buah satu ini termasuk salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C.

Sehingga tak heran jika di saat seperti ini buah jeruk menjadi buah yang direkomendasikan untuk sering dikonsumsi. Apalagi buah satu ini termasuk yang mudah dijumpai di pasar tradisional maupun minimarket terdekat.

Untuk jenis jeruknya sendiri, kamu bisa mengkonsumsi hampir semua buah jeruk. Pasalnya hampir semua jenis jeruk kaya akan kandungan vitamin C seperti jeruk bali, jeruk lemon, dan masih banyak lainnya.

2. Jambu biji

Konsumsi 8 Jenis Buah Untuk Daya Tahan TubuhJambu biji kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat memberikan perlindungan alami terhadap infeksi dan penyakit. Kadar vitamin C yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi dan penyakit.

Bahkan, satu jambu memberikan sekitar dua kali lipat jumlah asupan harian untuk vitamin C. Jumlah ini dua kali lipat dari jumlah yang didapatkan dari buah jeruk. Vitamin C membantu membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

3. Tomat

Konsumsi 8 Jenis Buah Untuk Daya Tahan TubuhTomat adalah sumber makanan utama antioksidan lycopene yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko penyakit jantung dan kanker. Tomat kaya akan folat, yang membantu menurunkan risiko infeksi dan peradangan.

Tomat juga merupakan buah yang mengandung antioksidan terbanyak. Antioksidan melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Tomat menyediakan tiga vitamin antioksidan utama yaitu beta-karoten, vitamin C dan vitamin E yang penting untuk kekebalan tubuh.

4. Pepaya

Konsumsi 8 Jenis Buah Untuk Daya Tahan TubuhSelanjutnya, ada buah untuk daya tahan tubuh yang direkomendasikan untuk sesering mungkin kamu konsumsi adalah pepaya. Jika selama ini pepaya dikenal sebagai buah yang bisa mencerahkan kulit dan melancarkan percernaan, ternyata ada manfaat lainnya.

Manfaat tersebut adalah menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C yang terkandung pada buah pepaya inilah yang menjadi suplemen tambahan untuk daya tahan tubuh.

Saat kamu mengkonsumsi satu buah pepaya kamu bisa mendapatkan 224 persen dari jumlah vitamin C harian yang harusnya kamu dapat. Jadi termasuk sangat banyak, bukan?

5. Stroberi

Konsumsi 8 Jenis Buah Untuk Daya Tahan TubuhBuah beri pertama yang ada di daftar buah-buahan yang wajib kamu konsumsi adalah stroberi. Sama seperti buah-buahan lainnya, stroberi mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh.

Namun tidak hanya itu saja stroberi mengandung asam folat, mangan, dan antioksidan lainnya yang pastinya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara pengolahannya bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Kamu bisa membuat jus dari buah stroberi yang sudah kamu beli. Ataupun jika tidak kamu bisa langsung memakannya. Jangan lupa dicuci terlebih dahulu ya!

6. Kiwi

Konsumsi 8 Jenis Buah Untuk Daya Tahan TubuhKiwi menjadi buah selanjutnya yang wajib dikonsumsi sebagai buah untuk daya tahan tubuh. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, buah satu ini memiliki banyak nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Nutrisi yang dimaksud di antaranya adalah folat, kalium, vitamin K, dan pastinya vitamin C yang memang dibutuhkan dalam menjaga daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian menuturkan bahwa kiwi bisa mengurangi kemungkinanmu untuk terkena penyakit seperti pilek atau flu. Hal ini terutama diperuntukkan bagi kelompok berisiko seperti orang dewasa di atas 65 tahun dan anak-anak.

7. Blueberry

Konsumsi 8 Jenis Buah Untuk Daya Tahan TubuhTidak hanya stroberi saja lho yang pas untuk kamu konsumsi setiap harinya. Ada juga buah beri lainnya yakni blueberry yang mempunyai manfaat yang sama dengan buah berwarna merah tersebut.

Buah blueberry sendiri mengandung bioflavonoid yang biasa disebut anthocyanin. Nah, kandungan yang bersifat antioksidan ini bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan efek yang optimal dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh, porsi yang tepat untuk memakan blueberry ini adalah satu mangkuk buah blueberry dengan campuran buah beri lainnya.

8. Delima

Konsumsi 8 Jenis Buah Untuk Daya Tahan TubuhBuah untuk daya tahan tubuh lainnya adalah delima. Buah delima mengandung antioksidan, polifenol, dan sifat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh.

Kandungan-kandungan tersebut yang membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan kandungan tersebut dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah dan mengobati pilek. Manfaat dari buah delima ini pun sudah ada sejak zaman dulu. Pada zamannya, orang-orang Mesir kuno seringkali menggunakan buah ini untuk mengobati infeksi.

Selain dengan mengkonsumsi jenis buah untuk daya tahan tubuh, sistem kekebalan tubuh juga dapat diperkuat dengan melengkapi imunisasi termasuk pemberian vaksin varicella, dan mengkonsumsi suplemen tertentu berdasarkan anjuran dokter.

author
Author: