Hindari 6 Buah Pantangan Asam Urat Berikut Ini

385 views

Hindari 6 Buah Pantangan Asam Urat Berikut IniBuah-buahan menjadi makanan yang banyak dikonsumsi  karena dianggap memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. namun ada beberapa buah pantangan asam urat yang tidak bisa dikonsumsi oleh penderitanya.

Asam urat dapat terjadi karena kelebihan zat purin di dalam tubuhnya, yang menyebabkan pembengkakan pada sendi, sehingga ngilu dan meradang.

Purin sendiri merupakan suatu zat yang ada pada buah-buahan, hewan, maupun sayuran tertentu yang kita konsumsi setiap hari.

Tapi, mengkonsumsi buah-buahan tidak bisa berlebihan, karena buah-buahan tertentu mengandung purin yang dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan seperti asam urat.

Berikut ini adalah buah-buahan pantangan asam urat diantaranya.

1. NangkaBuah-buahan menjadi makanan yang banyak dikonsumsi karena dianggap memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. namun ada beberapa buah pantangan asam urat yang tidak bisa dikonsumsi oleh penderitanya

Nangka merupakan buah-buahan yang mengandung purin tinggi. Seperti yang dijelaskan di atas, purin menjadi buah pantangan asam urat.

Selain itu purin dapat mengganggu fungsi ginjal karena tidak dapat dicerna dan di keluarkan oleh tubuh dengan baik.

Jika asam urat menumpuk pada ginjal dapat menyebabkan batu ginjal.

Baca juga : Kenali 5 Gejala Asam Urat Paling Jelas Beserta Penyebabnya

 2. Nanas

 Buah Pantangan Asam Urat

Buah nanas merupakan buah yang memiliki cita rasa manis asam saat di konsumsi, membuat seseorang yang mengkonsumsinya menjadi merem melek.

Selain itu buah nanas merupakan buah yang dapat berubah saat di konsumsi, saat nanas masuk ke sistem pencernaan akan langsung difermentasi tubuh menjadi alkohol.

Alkohol sendiri sangat tidak baik di konsumsi untuk orang penderita asam urat, karena dapat meningkatkan purin dengan cepat.

Karena itu pantang sekali mengkonsumsi nanas untuk penderita asam urat.

 3. Mangga

Buah Pantangan Asam Urat

Buah mangga menjadi salah satu buah favorit banyak orang, bukan hanya karena rasanya yang manis tapi harganya juga yang terbilang cocok untuk isi dompet.

Namun mengkonsumsi mangga dengan jumlah banyak juga tidak baik untuk tubuh. jika terlalu banyak mengkonsumsi buah mangga dapat menghambat menurunnya kadar kalori dalam tubuh.

Hal tersebut dapat menyebabkan berat badan menjadi naik sehinga asam urat bisa saja menjadi kambuh kembali.

oleh karena itu buah ini pantangan untuk pengidap asam urat.

4. Pisang

 Buah Pantangan Asam Urat

Selain mangga adalagi buah pantangan asam urat yang memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga menyebabkan berat badan menjadi naik, yaitu buah pisang.

Buah pisang memiliki bentuk yang panjang melengkung dengan warna kuning yang cerah saat sudah matang. Selain itu buah pisang mengandung potassium atau kalium, serat, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, buah pisang mengandung kadar glukosa yang tinggi. sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya asam urat.

5. Durian

 Buah Pantangan Asam Urat

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berduri tajam yang satu ini? Buah yang memiliki cita rasa manis dengan harum yang memabukkan membuat orang enggan untuk mengkonsumsi buah ini.

Namun, mengkonsumsi buah durian tidak boleh berlebihan karena membuat orang yang memakannya menjadi pusing.

Buah durian juga menjadi buah pantangan asam urat, karena mengandung kolesterol yang tinggi.

Sebenarnya buah ini pantang untuk di makan untuk penderita asam urat dan juga kolesterol, karena dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti penyakit jantung, radang, stroke, dan hipertensi.

6. Rambutan

 Buah Pantangan Asam Urat

Buah selanjutnya yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat yaitu rambutan. Rambutan menjadi buah yang memiliki kandungan gula yang tinggi, dan termasuk sebagai buah bersifat alkoholik.

Maksudnya adalah kandungan gula dalam buah rambutan dapat berubah menjadi alkolol jika terlalu matang.

Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat memicu terjadinya asam urat kamu naik.

Makanan untuk Asam Urat

Jika ada buah pantangan asam urat pasti ada yang dianjurkan. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk asam urat dan hal yang bisa membantu untuk mengatasi asam urat:

  • konsumsi makanan yang banyak mengandung potasium seperti yoghurt dan kentang.
  • Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti stroberi, papaya, dan jeruk.
  • Konsumsi buah dan sayur untuk mengobati asam urat seperti tomat, sawi hijau, sawi putih, buah naga, dan labu kuning.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks seperti ubi, singkong, roti, dan nasi.
  • Sebaiknya kurangi mengkonsumsi karbohidrat jenis fruktosa seperti arum manis, permen, gula dan sirup.
  • Jangan minum aspirin.
  • Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut adalah makanan yang dapat dikonsumsi bagi penderita asam urat, tapi dalam jumlah sedikit!

  • Tahu dan tempe, ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi.
  • Konsumsi beberapa jenis sayur seperti jamur, kangkung, bayam, brokoli dan tauge.
  • Sebagian berpendapat bahwa lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat melalui urine. seperti santan, mentega, margarin, atau gorengan.

Nah, itu dia buah pantangan asam urat yang perlu dihindari. Sebaiknya pilihlah buah yang memang tidak menimbulkan purin dalam tubuh meningkat, agar asam urat dapat teratasi dengan baik. Agar tidak kambuh, kamu perlu ingat pantangan asam urat yang telah di jelaskan di atas, ya.

 

author
Author: