Daftar Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol

72 views

Daftar Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol

Asam urat merupakan rasa nyeri pada persendian yang disebabkan karena benturan benda keras atau bisa saja mengkonsumsi makanan pantangan asam urat atau sayuran penyebab asam urat.

Kandungan purin yang menumpuk dapat menyebabkan pegel dan kaku pada otot, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.

Biasanya asam urat akan timbul jika asupan makanan yang dikonsumsi tidak tepat. Jika asupan makanan tidak dijaga dengan baik, maka penderita asam urat akan mengalami gangguan pada ginjal yang berujung pada kematian.

Berikut ini adalah makanan yang pantang untuk dikonsumsi penderita asam urat.

1. Daging

makanan pantangan asam urat dan kolestrol

Pasti semua orang tidak akan bisa menahan selera jika disuguhkan hidangan daging yang lezat. namun untuk kamu yang penderita asam urat tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging karena mengandung purin dan kolesterol yang tinggi.

Jika masih ingin mengkonsumi daging, sebaiknya batasi saat mengkonsumsinya dan buanglah bagian lemak yang menempel pada daging tersebut.

Daging pula tidak bisa dikonsumsi dengan cara dipanggang atau digoreng, melainkan dengan cara direbus.

2. Durian

makanan pantangan asam urat dan kolestrol Bau durian pastinya sangat menggugah selera, namun kandungan kolesterol yang tinggi membuat penderita asam urat tak dapat mengkonsumsinya.

Selain mengandung kolesterol, durian memiliki kandungan lain seperti ethyl, ethanol, dan senyawa sulfur yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Jika tetap ingin mengkonsumsi durian, sebaiknya mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit 1 atau dua biji saja sudah cukup.

Setelah mengkonsumsi durian, sebaiknya minum air putih yang banyak agar lemak yang ada pada durian dapat dibuang melalui urine.

3. Sayur Bayam

makanan pantangan asam urat dan kolestrol Sayur bayam sangat bagus untuk dikonsumsi karena dapat membantu pertumbuhan pada anak-anak.

Namun sayur bayam tidak baik dikonsumsi untuk penderita asam urat. Sayur bayam terkenal dengan kandungan purinnya yang tinggi sehingga dipercaya dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

4. Es Krim

makanan pantangan asam urat dan kolestrol

Saat terik matahari menyengat, makan es krim bisa jadi pilihan alternatif yang baik untuk meredakan panas tersebut.

Selain itu, es krim sangat baik untuk tubuh karena terbuat dari susu yang notabenenya baik untuk kesehatan tubuh.

Tapi, kandungan susu yang ada pada es krim mengandung lemak yang lumayan tinggi sehingga es krim menjadi makanan pantangan asam urat yang perlu dihindari.

5. Seafood

makanan pantangan asam urat dan kolestrol

Makanan seafood memiliki citarasa yang lezat sehingga nafsu makan bertambah, apalagi jika dicampur dengan sayuran hijau, paprika, dan tomat segar.

Walaupun seafood mengandung omega 3 dan protein yang tinggi. tapi, seafood mengandung kolesterol tinggi yang tidak baik dikonsumsi untuk penderita asam urat.

Karena itu, seafood menjadi pantangan asam urat yang harus dihindari untuk penderita asam urat.

6. Masakan Bersantan

makanan pantangan asam urat dan kolestrol

Penggunaan santan pada makanan dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih enak dan nikmat.

Tapi sayangnya, untuk penderita asam urat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung santan.

Karena, makanan yang bersantan mengandung banyak lemak yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh.

7. Jamur

makanan pantangan asam urat dan kolestrol

Jamur biasanya sering menjadi campuran untuk sayur-mayur atau dijadikan cemilan. Kandungan dalam jamur seperti zat besi, serat, kalsium, dan vitamin A, B-6, B-12 yang ada pada jamur sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Di balik kandungannya yang sehat untuk tubuh, nyatanya jamur mengandung purin yang tinggi sehingga menjadi pantangan asam urat untuk tidak dikonsumsi.

8. Kacang-Kacangan

Olahan makanan dari kacang-kacangan sangat cocok dijadikan menu diet sehari-hari. Kandungan lemak pada kacang-kacangan juga sangat menyehatkan untuk tubuh, begitu pula dengan kandungan lainnya seperti vitamin B, C, E, K, dan kalsium.

tapi, mengkonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah banyak dapat meningkatkan jumlah purin dalam tubuh yang berakibat buruk bagi penderita asam urat.

9. Makanan Olahan

Makanan yang diolah dengan cara dibakar, digoreng, dan dipanggang memang sangat lezat untuk dikonsumsi bagi yang tidak menderita asam urat.

Tapi sayangnya, makanan olahan tersebut dapat menjadi pantangan asam urat bagi penderitanya.

Sebab kandungan purin dengan air yang ada pada makanan olahan tidak seimbang. Padahal, tubuh manusia sangat membutuhkan air yang banyak untuk menetralisir makanan yang sudah dimakan.

Sehingga kolesterol, racun dan lemak yang ada pada tubuh dapat dibakar dan dikeluarkan melalui urine dan keringat.

Lebih Cermat Memilih Makanan

Orang yang mengidap asam urat memiliki pantangan asam urat yang terbilang banyak, khususnya dalam makanan.

Itulah mengapa penderita asam urat perlu lebih cermat dalam memilih makanan agar kadar asam urat dalam tubuh tetap netral, sehingga rasa nyeri pada sendi tidak terlalu sering dirasakan.

Beragam jenis makanan pantangan asam urat dan kolestrol sebaiknya diminimalisir, ya. Karena efeknya dapat membuat asam urat menjadi kambuh sehingga tidak nyaman.

Sebaiknya perbanyak air putih dan olahraga yang rutin agar membantu tubuh tetap terjaga kadar asam urat dan kolesterol.

 

 

author
Author: