Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

337 views

Makanan Untuk Asam UratPernah mengalami rasa sakit yang tiba-tiba pada daerah sendi? Bisa jadi itu gejala asam urat. Tapi tenang, ada makanan untuk asam urat yang dapat membantu mengatasi gejala tersebut.

Penyakit asam urat dalam dunia medis disebut juga dengan artritis gout. Penyakit ini dapat timbul karena kadar asam urat tinggi dalam darah.

Asam urat adalah sampah dari sisa pengelohan makanan dalam tubuh. Banyak sekali pantangan makanan untuk asam urat yang perlu dihindari seperti ikan, daging, dan makanan bergula.

Lantas, apa saja makanan yang dapat dikonsumsi untuk penderita asam urat?

Berikut ini adalah daftar makanan asam urat yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat diantaranya :

1. Teh Hijau
Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

Teh hijau dianggap ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Perlu bukti? Studi yang dilakukan oleh US National Library of Medicine – National Institutes of Health, mengenai manfaat teh hijau terhadap kadar asam urat dalam tubuh.

Studi tersebut menyatakan bahwa teh hijau kaya akan antioksidan bernama katekin. Senyawa tersebut dapat menghambat produksi asam urat di dalam tubuh. Selain itu, teh hijau dapat mengeluarkan Kristal asam urat dan meluruhkan batu ginjal.

2. Berries dan Apel
Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

Makanan untuk asam urat selanjutnya adalah apel dan berries. Asam urat dapat menyebabkan peradangan pada sendi hingga menimbulkan rasa nyeri.

Nah, buah berries terutama blueberry dan stroberry mempunyai sifat anti-inflamasi yang tinggi. Sifat anti-inflamasi tersebut dapat mengendalikan peradangan pada sendi.

Lalu bagaimana dengan buah apel? Buah apel kaya dengan malid acid yang baik untuk pengidap asam urat. Jika buah apel dikonsumsi dengan rutin, malid acid dalam apel dapat membantu menetralisir asam urat. Menariknya lagi, buah apel dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan ketika asam urat kambuh.

3. Susu
Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

Semua produk susu seperti keju dan yogurt sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kamu dapat memilih susu yang rendah lemak untuk penderita asam urat. Susu jenis ini dapat menurunkan kadar asam urat karena lebih banyak manfaat.

4. Kopi
Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

Kopi tidak berlaku negatif terhadap penderita asam urat. Beberapa riset yang dilakukan, bahwa orang yang terbiasa minum kopi berisiko lebih rendah memproduksi asam urat.

Studi yang dilakukan pada tahun 2010 ini menemukan bahwa risiko asam urat dapat menurun seiring dengan meningkatnya mengkonsumsi kopi. Bagi wanita, mengkonsumsi 1-3 cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko asam urat  sebesar 22%.

Sementara, wanita yang mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko asam urat sebesar 57%.

5. Ikan Salmon
Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

Selain kopi,ikan salmon masuk kedalam makanan untuk asam urat. Ingat, hanya ikan salmon bukan ikan lainnya ya.

Karena beberapa ikan cenderung memiliki purin yang tinggi. Beda ceritanya dengan ikan salmon.

Ikan salmon mengandung omega-3 yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain itu ikan salmon termasuk ikan yang rendah asam lemak jenuh, karena mampu menurunkan asam urat maupun kolesterol dalam tubuh.

6. Kacang Pinto dan Kuaci
Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

Pinto dan kuaci termasuk kedalam kacang-kacangan yang dapat dijadikan sebagai makanan untuk asam urat. Kandungan asam folat pada kacang pinto dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

Sama halnya dengan kuaci, makanan ini juga mengandung asam folat.

Namun yang perlu  kamu garis bawahi adalah kacang-kacangan yang aman untuk dikonsumsi penderita asam urat hanya pinto dan kuaci saja. Karena, kacang-kacangan lainnya dapat memicu terjadinya kadar asam urat naik.

7. Pisang
Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

Buah pisang selain bagus untuk pencernaan juga disebut sebagai makanan untuk asam urat. Mengapa?
Karena buah pisang memiliki manfaat dalam menurunkan kadar asam urat berlebih. Dengan rutin mengkonsumsi buah pisang, maka asam urat akan terhindar dari penumpukkan dan penggumpalan di sendi.

8. Minyak zaitun
Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

Selain mengandung lemak sehat, minyak zaitun juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Minyak zaitun juga memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang sangat baik dalam menjaga produksi asam urat tetap pada kadar normal.

9. Tomat
Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

Vitamin A yang terkandung dalam buah tomat sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu tomat memiliki sifat basa yang mampu menjaga asam urat larut dalam darah.

10. Jeruk nipis
Daftar 10 Makanan Untuk Asam Urat

Selain digunakan untuk penyedap makanan, ternyata jeruk nipis mempunyai manfaat luar biasa bagi asam urat.

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis mampu melarutkan asam urat dalam tubuh. Sehingga penderita asam urat sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jeruk nipis sebagai pencegah kadar asam urat tinggi.

Menangani penyakit asam urat tak selalu dengan obat. Dengan cara alami menggunakan makanan untuk asam urat di atas tadi, ternyata mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mengalami masalah tersebut.

author
Author: