Ketahui 6 Cara Mencegah Diabetes Sebelum Menyesal

490 views

Ketahui 6 Cara Mencegah Diabetes Sebelum MenyesalSekali kamu didiagnosis diabetes, maka penyakit tersebut tak dapat disembuhkan. Penyakit diabetes akan terus dimiliki penderita seumur hidupnya. Karena itu, kamu perlu tahu cara mencegah diabetes sebelum kamu menyesal di kemudian hari.

Diabetes adalah suatu penyakit yang menjadi penyebab utama dari gagal ginjal dan kebutaan pada orang dewasa. Telah banyak penelitian yang melaporkan penderita diabetes berisiko terkena penyakit komplikasi berupa penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya.

Walau begitu, penyakit diabetes terutama diabetes tipe 2 sangat mudah di cegah. Dari 9 sampai 10 kasus diabetes dapat dihindari dengan pencegahan sederhana yang dapat di mulai dari gaya hidup jadi lebih sehat.

Lantas, pencegahan apa saja yang bisa dilakukan untuk menangani diabetes? Masih belum terlambat untuk kamu mencegah diabetes dengan menerapkannya mulai hari ini.

1. Menerapkan pola makan sehat

menu pola makan sehatUntuk terhindar dari penyakit diabetes, kamu dapat menjalankan pola makan sehat. Cara mencegah diabetes mellitus ini, kamu disarankan untuk membatasi makanan dan minuman yang tinggi gula, lemak, kalori. Misalnya makanan olahan, es krim, kue, dan junk food.

Agar risiko terkena diabetes berkurang, kamu cukup batasi asupan gula harian sekitar 40 gram yang setara dengan 9 sdt gula. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian yang mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks.

Jika kamu suka ngemil sebaiknya pilih camilan sehat seperti susu, yoghurt rendah lemak dan gula, serta kacang-kacangan yang direbus tanpa garam. Selain itu, hindari mengkonsumsi minuman bersoda atau jus buah kemasan yang mempunyai kadar gula tinggi dan perbanyak air putih.

2. Menjalani olahraga secara rutin

olahraga yang aman dan sehatMenjalani olahraga dengan rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah mencegah tubuh terkena diabetes. Olahraga rutin dapat membantu tubuh menggunakan hormon insulin dengan lebih efektif, sehingga kadar gula dalam darah dapat lebih terkontrol.

Sempatkan waktu kamu untuk berolahraga minimal 30 menit sehari. Apapun jenis olahraga yang kamu lakukan yang penting rutin, dapat menjadi cara mencegah diabetes.

3. Menjaga berat badan ideal

cara mendapatkan berat badan ideal wanitaBerat badan ideal dapat ditentukan menggunakan kalkulator BMI (body mass index). Jika nilai BMI tubuh kamu tinggi hingga melebihi batas normal, maka bisa saja kamu mengalami obesitas.

Kondisi tersebut merupakan salah satu faktor yang mampu meningkatkan seseorang terkena risiko diabetes. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal dengan rutin olahraga dan menjalani pola makan sehat yang bergizi seimbang.

4. Mengelola stres dengan baik

cara mengelola stres dalam islamStres yang berlebihan dan tidak di kelola dengan baik dapat meningkatkan seseorang untuk terkena diabetes. Hal ini karena saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Bukan hanya itu, saat stres melanda tubuh kamu juga akan lebih mudah lapar dan mendorong lebih banyak makan. Karena itu, kamu perlu lebih bijak dalam mengatasi stres agar tidak melampiaskannya dengan mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

5. Melakukan pengecekan gula darah secara rutin

cara pemeriksaan gula darahUntuk menilai kadar gula darah, kamu perlu melakukan pemeriksaan gula darah secara berkala ke dokter. Dengan tes darah tersebut kemungkinan kamu akan disarankan untuk berpuasa terlebih dahulu setidaknya 10 jam sebelum tes darah di mulai.

Tes gula darah sangat penting dilakukan agar mengetahui kadar gula darah dan mendeteksi dini penyakit diabetes. Untuk kamu yang sehat dan tidak berisiko terkena diabetes, maka pemeriksaan tes gula darah dapat dilakukan setahun sekali.

Tapi jika kamu mempunyai risiko tinggi untuk terkena penyakit diabetes seperti usia 40 tahun ke atas, mempunyai riwayat stroke, penyakit jantung, obesitas, atau anggota keluarga lainnya yang juga penderita diabetes kemungkinan besar dokter akan menyarankan kamu untuk tes gula darah sebagai cara mencegah diabetes keturunan.

6. Hindari hal yang membuat kamu ngidam makanan manis

penyebab ingin makan yang manisSiapa sih yang tak suka dengan makanan manis yang membuat orang-orang tak bisa berhenti untuk mengkonsumsinya. Selain itu makanan manis dapat merubah mood seseorang yang awalnya jelek menjadi lebih baik.

Dengan mengkonsumsi makanan manis, orang-orang akan berasumsi suasana hati akan lebih baik setelah mengkonsumsi makanan manis. Tapi tindakan ini sangat bertentangan dengan niat kamu yang ingin mencegah diabetes, alasannya adalah makanan manis dapat menaikkan gula darah jika dikonsumsi terlalu banyak.

Jadi, cara mencegah diabetes bagi penyuka makanan manis yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari stres. Dengan melakukan kegiatan lain yang dapat mengurangi stres sekaligus mencegah diabetes seperti olahraga, ngobrol, dan membaca buku.

Nah, itu dia cara mencegah diabetes yang perlu kamu lakukan. Kamu pun perlu menghilangkan kebiasaan buruk yang tidak sehat lainnya dengan berhenti merokok, tidur yang cukup setidaknya 7 jam sehari, dan membatasi mengkonsumsi minuman soda dan alcohol.

 

author
Author: