Makanlah 10 Buah Untuk Penyakit Jantung

281 views

Makanlah 10 buah untuk penyakit jantungBanyaknya jenis buah untuk penyakit jantung yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Tapi bukan hanya penderita penyakit jantung saja lho, ternyata buah-buahan ini dapat dikonsumsi oleh orang dengan jantung yang sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menyatakan bahwa penyakit jantung sebagai penyebab kematian nomor dua di Indonesia setelah stroke.

Karena itu, dalam mencegah penyakit jantung kamu perlu menjalani pola hidup yang sehat. Mulailah dari olahraga yang rutin, menghindari asap rokok, hingga mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, terutama buah untuk penyakit jantung.

Selain mengkonsumsi makanan untuk penyakit jantung, kamu juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis buah untuk mencegah dan membantu proses pemulihan penyakit jantung berikut ini.

1. Pisang

Buah Untuk Penyakit JantungBuah pisang kaya akan vitamin B6, vitamin C dan kalium. Kalium adalah jenis mineral yang mempunyai khasiat dalam menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah.

Selain itu, kandungan garam atau natrium dalam buah pisang tergolong rendah. Dengan kombinasi kalium yang tinggi dan natrium yang rendah mampu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko penyakit jantung dapat berkurang.

2. Buah sitrus

Buah Untuk Penyakit JantungBuah sitrus merupakan campuran dari buah yang terdiri dari jeruk nipis, limau, lemon, jeruk, dan pomelo. Buah-buahan ini kaya akan serat dan antioksidan  flavonoid serta vitamin C yang telah diketahui memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Bukan hanya itu, buah sitrus ini sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar tidak membentuk plak yang mamou menghambat pembuluh darah jantung.

3. Apel

Buah Untuk Penyakit JantungBuah apel telah dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga mampu melindungi jantung. Sehingga cocok dikonsumsi sebagai buah untuk penyakit jantung. Bahkan mengkonsumsi satu buah apel setiap hari selama satu bulan penuh dapat menurunkan risiko penyumbatan pada pembuluh darah hingga 40%.

4. Alpukat

Buah Untuk Penyakit JantungBuah alpukat mengandung banyak lemak, tapi jenis lemak yang ada pada alpukat adalah jenis lemak yang disebut lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tersebut dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Bukan hanya itu, buah alpukat juga dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) di dalam tubuh, serta kaya antioksidan dan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

5. Anggur

Buah Untuk Penyakit JantungBuah anggur mengandung senyawa yang disebut  resveratrol yang banyak ditemui pada bagian kulitnya. Senyawa tersebut yang memberikan warna merah keunguan pada buah anggur.

Selain memberikan warna, senyawa resveratrol juga mempunyai sifat antioksidan yang baik dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung. Buah anggur juga mampu menurunkan darah tinggi dan kolesterol, serta mengatasi peradangan.

6. Tomat

Buah Untuk Penyakit JantungBuah tomat merupakan buah untuk penyakit jantung yang kaya akan antioksidan likopen. Likopen merupakan senyawa yang dapat membantu menghilangkan lemak jahat, mengurangi risiko serangan jantung dan mencegah penyumbatan pada pembulah darah.

7. Beri

Buah Untuk Penyakit JantungBuah beri masih satu keluarga dengan bauh stroberi, rasberi, dan blueberi yang mengandung antioksidan antosianin yang memberikan warna merah dan biru.

Senyawa ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena telah dipercaya dalam menjaga kelenturan pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan menstabilkan tekanan darah. Karena manfaat tersebut, buah beri dianggap sangat baik dalam pemulihan setelah penyakit jantung dan mengurangi risiko munculnya kembali penyakit jantung.

8. Delima

Buah Untuk Penyakit JantungSalah satu penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus delima setiap hari selama 3 bulan secara teratur dapat melancarkan sirkulasi darah ke jantung. Buah delima mengandung banyak antioksidan, termasuk polifenol dan antosianin yang dapat melenturkan pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

9. Buah manggis

Buah Untuk Penyakit JantungPenelitian menyatakan, bahwa buah untuk penyakit jantung yang paling banyak manfaatnya  adalah kulit manggis dan bukan dagingnya.

Tapi tidak mudah untuk mendapatkan zat xanthones yang terdapat di dalam kulit manggis. Kulit manggis perlu di proses untuk mendapatkan ekstraknya dengan alat yang mutakhir untuk memisahkannya.

Zat xanthone mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk obat penyakit jantung. Zat ini mampu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi penumpukan lemak. Tapi saat ini telah banyak ekstrak kulit manggis yang beredar dan bisa kamu dapatkan di toko-toko obat.

10. Buah mengkudu

Buah Untuk Penyakit JantungBuah mengkudu terkenal dengan kemampuannya dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, buah ini sering dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Dengan menurunnya tekanan darah, maka hal itu dapat mencegah terjadinya stroke dan penyakit jantung. Buah mengkudu mempunyai kandungan xeronin yang kaya akan vitamin dan mineral yang mempu memperbaiki fungsi dalam tubuh agar dapat digunakan untuk terapi penyakit jantung dan sroke.

Beragam jenis buah untuk penyakit jantung di atas bisa kamu coba sebagai sumber nutrisi dalam menjaga kesehatan jantung. Semakin banyak buah-buahan yang kamu konsumsi, maka semakin banyak pula manfaat yang diberikan untuk kesehatan tubuh dan jantung kamu.

 

author
Author: