5 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi

1836 views

Bagi anda yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, anda perlu memperhatikan asupan dan pola makan yang seimbang untuk mengendalikan tekanan darah. Anda perlu membatasi asupan garam, gula, dan lemak yang merupakan penyebab darah tinggi. Disamping itu, sebaiknya Anda juga memperbanyak konsumsi berbagai macam buah penurun darah tinggi.

Dari banyaknya penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, ada banyak orang yang sembuh hanya dengan cara pengobatan tradisional, herbal, dan menjaga pola makan ini. Makanan penurun darah tinggi adalah makanan yang banyak mengandung serat, potassium, dan magnesium. Selain itu, masih banyak alternatif makanan yang dapat menurunkan darah tinggi. Diantaranya adalah buah-buahan yang efektif untuk penurun darah tinggi.

Apa saja yang termasuk buah penurun darah tinggi? Simak dalam ulasan dibawah ini.

1. Mengkudu.

Mengkudu (Morinda citrifolia) adalah salah satu buah yang terkenal kaya akan manfaat dan khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mengkudu adalah buah yang berasal dari pohon yang tidak besar dan memiliki ketinggian 3-8 meter. Buah mengkudu berwarna hijau muda mengkilat yang disertai bintik- bintik hitam di seluruh permukaan kulitnya. Bentuknya berbuku-buku yang tidak teratur. Mengkudu adalah buah penurun tekanan darah tinggi yang sangat ampuh dan efektif. Selain itu, mengkudu ini juga berfungsi melancarakan sistem peredaran darah dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Kandungan dan khasiat mengkudu untuk dijadikan obat darah tinggi alami yang ampuh:
• Mengkudu mengandung vitamin, mineral, protein, asam kaprat, lysine, alizarin, asam kaproat, asam kaprilat, sodium, alizarin, steroid alami, xeronine, dan proxeronine yang mampu melancarkan sistem peredaran darah dan menurunkan darah tinggi.
• Senyawa scopoletin adalam mengkudu memiliki anti-bakteri dan anti-inflamasi. Khasiat anti-inflamasi inilah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi adalah akibat penyempitan pembuluh darah. Kandungan ini dapat melebarkan pembuluh darah.
• Kandungan vitamin C dalam buah mengkudu berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, anda tidak mudah terserang penyekit, termasuk penyekit hipertensi ini.

Cara mengolah mengkudu untuk obat alami darah tinggi:
• Siapkan dan bersihkan buah mengkudu yang telah matang.
• Kupas kulit mengkudu.
• Haluskan mengkudu dengan alat tumbuk.
• Saring mengkudu dengan alat saring halus hingga airnya keluar.
• Masukan air mengkudu ke gelas.
• Tambahkan air hangat dan madu ke gelas tersebut, aduk-aduk hingga merata.
• Konsumsi ramuan mengkudu ini dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

2. Buah Pisang

Buah pisang juga merupakan salah buah penurun darah tinggi. Bahkan FDA di Amerika telah menyatakan bahwa buah pisang mampu mengatasi penyakit darah tinggi dan stroke. Menurut Dr Alicia McDonough, University of Southern California, makanan yang mengandung kalium seperti pisang mampu menstabilkan dan menurunkan natrium yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Kemudian, sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology-Endocrinology and Metabolism menyarankan untuk mengonsumsi buah pisang secara rutin. Konsumsi dua buah pisang sehari untuk mengatasi penyekit hipertensi atau tingginya hemoglobin.

Kandungan dan manfaat buah pisang untuk menurunkan darah tinggi secara herbal:
• Pisang mengandung kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah atau hb.
• Buah ini juga memiliki kandungan potassium yang dapat mengontrol sistem peradaran darah. Kandungan potassium ini juga berfungsi memberikan dorongan energy pada tubuh untuk meminimalkan kram otot.
• Kandungan mineral dalam pisang bermanfaat menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh dan meningkatkan fungsi organ ginjal.
• Pisang memiliki sedikit gandungan garam dan sodium sehingga bagus dan cocok untuk penderita hipertensi.
• Buah ini juga memiliki kandungan vitamin C, mineral, vitamin B6, mangan, dan magnesium yang dapat membakar lemak, tidak mengandung kolestrol, dan natrium. Berkurangnya lemak dan kolesterol dalam tubuh akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
• Vitamin B6 dalam pisang mampu mengurangi pembengkakan akibat obesitas. Vitamin ini juga berguna meningkatkan kekebalan tubuh dengan memproduksi sel-sel darah putih.

3. Alpukat

Alpukat (apokat atau avokad) adalah buah untuk tekanan darah tinggi yang cukup populer di Indonesia. Alpukat ini kaya akan kandungan lemak dan kalori yang lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Walaupun begitu, lemak yang terkandung didalamnya adalah lemak sehat yang mampu menstabilkan dan mengendalikan tekanan darah dan hemoglobin dalam tubuh. Bahan dan senyawa yang terkandung dalam buah alpukat dapat mengobati dan menyembuhkan darah tinggi.

buah penurun darah tinggi

Nutrisi yang terkandung dan manfaat alpukat untuk darah tinggi secara herbal:
• Kandungan potassium dalam alpukat berperan mengontrol, dan menstabilkan tekanan darah. Dengan stabilnya tekanan darah, tubuh anda akan terhindar dari tekanan darah tinggi, darah rendah, dan penyekit stroke. Potassium juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang tersumbat.
• Lemak sehat atau lemak tak jenuh tunggal oleat dalam buah alpukat memiliki khasiat antioksidan. Lemak ini juga mampu menaikan kolesterol baik atau HDL dan menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Oleh karena itu, kandungan ini mampu mencegah penyekit tekanan darah tinggi, stroke, dan jantung.
• Vitamin C berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.
• Vitamin E bermanfaat menjaga fungsi dan kesehatan organ jantung.
• Serat berperan menyehatkan tubuh dan mencegah tubuh dari berbagai penyekit.

4. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang ampuh untuk menyembuhkan darah tinggi atau hipertensi. Sebenarnya, dalam buah kecil ini, terkandung banyak manfaat dan khasiat yang tidak sedikit. Menurut penelitian, pria dan wanita yang mengonsumsi tiga buah kiwi sehari dalam delapan minggu memiliki tekanan darah atau hb sistolik yang rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi buah ini.

Kandungan dan Khasiat Kiwi untuk Penurun darah tinggi:
• Lutein dalam kiwi berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, menurut penelitian yang dipimpin oleh Mette Svendsen dari Oslo University Hospital di Norwegia.
• Kalium yang tinggi dalam kiwi mampu meniadakan natrium dalam tubuh. Natrium ini berisiko menimbulkan tekanan darah tinggi. Kalium juga berguna untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
• Vitamin C berfungsi menyehatkan tubuh dan mencegah hipertensi.
• Vitamin E bermanfaat untuk menyehatkan jantung.
• Serat dalam kiwi berperan mendukung kerja dan kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular. Seperti yang diketahui, tekanan darah tinggi dapat memicu penyakit jantung.

5. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang mudah didapatkan dan merupakan salah satu obat penurun tekanan darah tinggi. Buah ini dapat membuat pembuluh darah rileks dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan, menurut American Journal of Hypertension, ekstrak semangka mampu mengurangi tekanan darah pada pergelangan kaki.

buah penurun darah tinggi

Kandungan dan Kegunaan Semangka untuk Darah Tinggi.
• Semangka mengandung L-citrulline yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
• Vitamin C berguna meningkatkan imun agar terhindar dari penyekit hipertensi.
• Buah semangka merupakan salah satu sumber potassium yang baik. Potasium mampu menurunkan tekanan darah, mengontrok detak jantung, dan mencegah penyakit stroke.
• Likopen dan kalium dalam buah ini berkhasiat menjaga fungsi jantung.
• Vitamin A dan C berguna untuk mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh.
• Kandungan asam amino sitrulin dalam semangka juga mampu mencegah akumulasi sel dan melancarkan sirkulasi darah.

Ulasan tadi telah membahas mengenai makanan yang termasuk kategori buah penurun darah tinggi yang efektif. Konsumsilah salah satu atau semua buah-buah penurun darah tinggi diatas. Selain itu, lakukanlah pola hidup sehat agar anda terhindar dari hipertensi.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.