4 Jenis Buah Penambah Darah Rendah

3249 views

Jumlah sel darah merah atau hemoglobin (hb) yang sedikit dalam darah akan menyebabkan berkurangnya oksigen dan nutrisi yang tersebar ke seluruh sel tubuh. Hal ini bisa menyebabkan gejala anemia seperti badan mudah lelah, lemas, tidak bertenaga, pusing, sesak nafas, tangan dan kaki dingin, wajah pucat, pandangan berkunang-kunang, menurunnya daya imun tubuh dan sakit kepala. Oleh karena itu, tingkatkanlah asupan nutrisi yang dapat membentuk sel-sel darah merah dari buah penambah darah rendah.

Tidak hanya dari daging dan sayur, makanan penambah darah juga bisa berasal dari buah-buahan. Sebenarnya mengonsumsi buah-buahan tersebut lebih aman dan alami daripada menggunakan obat-obatanan atau suplemen untuk penambah darah. Apa saja buah-buahan penambah darah dan bagaimana buah-buahan itu bisa menambah darah? Buah-buahan penambah darah biasanya yang biasanya mengandung zat besi. Zat besi berfungsi membentuk hemoglobin (hb) atau sel darah merah dalam tubuh.

Ulasan dibawah ini akan membahas apa saja jenis buah penambah darah rendah :

1. Anggur

Anggur adalah buah penambah darah. Anggur juga dapat mencegah dan mengatasi hipertensi, jantung coroner, dan menghambat sel-sel kanker. Anggur juga merupakan buah penambah darah untuk ibu hamil. Anggur adalah tanaman buah yang merupakan perdu merambat. Anggur termasuk kedalam keluarga Vitaceae. Anggur merupakan tanaman yang hidup di dataran rendah. Masyarakat Timur Tengah telah membudidayakan anggur sejak 4000SM.

buah penambah darah rendah

Kemudian, mengkonsumsi buah anggur bisa dengan membuat buah ini sebagai jus buah penambah darah, minuman anggur, kismis, jelly, minyak biji anggur, atau dikonsumsi secara langsung. Buah terkenal ini terkenal akan kandungan polifenol dan resveratrol yang dapat mengatasi berbagai penyakit dalam tubuh. Anggur kaya akan vitamin dan nutrisi yang lengkap seperti vitamin C, B1, B2, B3, B5, B9, B12, K, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan natrium.

Gizi dan Khasiat Anggur sebagai buah penambah darah rendah:
• Vitamin B kompleks. Vitamin ini penting untuk pembentukan dan fungsi dari hemoglobin atau sel darah merah.
• Vitamin B12. Vitamin ini berfungsi dalam produksi sel-sel darah merah dan sintesis DNA.
• Vitamin C. Vitamin ini berkhasiat sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini membantu tubuh akan memproduksi sel darah merah dengan baik.
• Zat besi. Kandungan dalam anggur ini berguna untuk mengikat oksigen dan memastikan kebutuhan akan oksigen dalam tubuh terpenuhi.

2. Jeruk

Jeruk adalah buah yang berguna untuk membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah dan merupakan salah satu dari kumpulan jenis buah penambah darah. Jeruk atau limau adalah semua tanaman berbunga dari suku Rutaceae atau suku jeruk-jerukan dan marga citrus. Anggota jeruk adalah tanaman pohon yang memiliki buah yang berdanging masam, segar, dan beberapa diantaranya manis.

buah penambah darah rendah

Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang ada dalam semua anggotanya. Jeruk manis dan sitrun atau lemon berasal dari Asia Timur. Sedangkan jeruk purut, jeruk nipis, dan jeruk bali berasal dari Asia Tenggara. Jeruk mengandung vitamin C yang berkhasiat antioksidan, vitamin B, fosfor, tembaga, kalsium, asam folat, dan zat besi yang penting dalam pembentukan sel darah merah.

Kandungan dan manfaat jeruk sebagai buah penambah darah rendah:
• Asam folat. Menurut USDA National Nutrition Database for Standard Reference, dalam 1 gelas air jeruk, terkandung 31,5 mcg asam folat. Kandungan dalam jeruk ini dapat membantu tubuh membuat sel darah merah yang baru.
• Vitamin C. Vitamin dalam jeruk ini berfungsi membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi merupakan salah satu komponen sel darah merah yang membantu mengikat oksigen yang akan disebarkan ke seluruh tubuh.
• Vitamin B. Vitamin ini bermanfaat untuk pembentukan sel-sel darah merah. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat agar sel darah merah mengerjakan tugasnya dengan baik dalam tubuh.
• Fosfor. Kandungan dalam jeruk ini berguna untuk membawa zat gizi didalam aliran darah.
• Zat besi. Kandungan ini berfungsi untuk pembentukan hemoglobin dalam darah.

3. Mangga

Mangga kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral esensial yang merupakan makanan penambah hb darah. Mangga (Mangifera Indica) atau mempelam adalah sejenis buah yang pohonnya juga disebut pohon mangga. Mangifera Indica berarti pohon yang berbuah mangga yang berasal dari India. Mangga termasuk kedalam suku Anacardiaceae, marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota. Mangga ini berasal dari perbatasan India dan Burma.

buah penambah darah rendah

Kemudian, buah penambah darah ini menyebar ke seluruh Asia Tenggara sejak 1500 tahun silam. Buah ini juga dikenal dalam bahasa daerah yaitu pelem atau joh. Mangga mengandung vitamin B, C, E, K, dan mineral essensial lainnya seperti zat besi, zinc, mangan, tembaga, kalsium, dan magnesium.

Nutrisi dan khasiat mangga sebagai buah penambah darah rendah:
• Vitamin C. Vitamin dalam buah mangga ini akan membantu penyerapan zat besi dalam usus.
• Vitamin B. Vitamin ini berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh. Vitamin ini juga turut membantu fungsi sel darah merah.
• Vitamin E. Vitamin dalam mangga ini berperan untuk mencegah penyakit kardiovaskular, membantu mengencerkan darah, dan masih banyak lagi.
• Zat besi. Zat dalam darah ini berguna untuk mengikat oksigen Zat besi juga akan membantu menyebarkan oksigen ke seluruh sel-sel tubuh.
• Zinc. Defisiensi dari zat ini akan menyebabkan tekanan darah rendah.
• Mangan. Kandungan dalam mangga ini bermanfaat untuk mengatur kadar gula dalam darah.
• Magnesium. Kandungan dalam mangga ini bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.

4. Stroberi

Buah stroberi adalah salah satu dari kumpulan buah penambah darah rendah. Stroberi adalah genus tanaman berbunga dari keluarga mawar. Ada lebih dari 20 spesies stroberi yang tersebar di berbagai belahan dunia. Stroberi adalah salah satu buah yang populer di dunia karena warnanya yang merah terang, aromanya yang khas, bentuknya, dan juga rasanya.

buah penambah darah rendah

Stroberi sering diolah dalam bentuk eskrim, milkshake, jus buah, cokelat, dan manisan. Stroberi mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, K, zat besi, mangan, dan kalsium yang dapat menyehatkan tubuh dan menambah darah. Stroberi juga mengandung antosianin yang berkhasiat sebagai antioksidan.

Kandungan nutrisi dalam stroberi sebagai buah penambah darah rendah:
• Vitamin B kompleks. Vitamin ini berfungsi memproduksi sel darah merah dalam tubuh.
• Vitamin C. Vitamin ini berguna untuk mengontrol tekanan dalam darah. Vitamin ini juga berguna sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
• Vitamin E. Vitamin dalam stroberi ini berperan untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.
• Zat besi. Kandungan dalam stroberi ini berguna untuk produksi sel darah merah atau hemoglobin. Sel darah merah ini akan mengikat dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Konsumsilah makanan-makanan termasuk buah penambah darah rendah. Umumnya, buah-buahan penambah darah tersebut sudah anda ketahui dan mudah didapatkan. Buah-buahan tersebut akan menghindarkan anda dari penyekit anemia. Selain itu, jaga pola makanan anda agar darah selalu tercukupi, tubuh selalu sehat, dan kualitas hidup pun semakin meningkat. Hindari juga penyebab darah rendah. Anda pun tidak perlu menggunakan obat-obatan yang mahal harganya, tidak alami, dan berisiko tinggi.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.