Ternyata Banyak Khasiat Buah Belimbing Untuk Hipertensi

2191 views

Buah belimbing (Averrhoa carambola) atau star fruit berasal dari Sri Lanka, India, dan Indonesia termasuk Maluku dan termasuk buah-buahan tropis. Kini, buah belimbing kini tersebar di seluruh penjuru Asia Tenggara yaitu Polinesia, Tonga, Guyana, Ghana, Peru, Brasil, dan Republik Dominika. Bahkan, di Florida Selatan dan Hawaii yaitu Amerika Serikat, buah ini di budidayakan secara komersial. Selain itu, buah inipun menjadi ikon kota Depok di Jawa Barat, Indonesia. Namun, apakah anda tahu ternyata khasiat buah belimbing untuk kesehatan sangat banyak dan beragam.

manfaat belimbing untuk darah tinggi

Bentuk buah belimbing adalah bintang dan persegi sedangkan warnanya adalah hijau ketika masih mentah dan kuning ketika sudah matang. Ketika buah ini dipotong maka penampangnya akan berbentuk bintang dan terlihat biji kecil yang berwarna coklat. Buah ini ternyata memiliki manfaat yang belum diketahui banyak orang yaitu dapat memberikan khasiat buah belimbing untuk kesehatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Semua jenis belimbing seperti belimbing dewi, belimbing madu, belimbing malaya, belimbing wulan, belimbing demak, belimbing sembiring, belimbing bangkok,termasuk belimbing wuluh, salah satunya adalah menurunkan hipertensi. Selain itu, jenis belimbing wuluh sering ditambahkan sebagai bumbu penyedap pada masakan karena memberikan rasa asam.

Berikut ini adalah kandungan buah belimbing yang bermanfaat bagi kesehatan dan menurunkan hipertensi:
• 2% kalori untuk memenuhi kebutuhan kalori harian.
• 9,5 gram karbohidrat per porsinya yang memenuhi 3% dari asupan hariannya.
• 1 gram protein yang memenuhi 2% untuk nilai harian.
• 1 gram lemak yang memenuhi 2% untuk nilai harian.
• 2,5 gram serat makanan yang memenuhi 10% dari kebutuhan serat harian.
• Provitamin A yaitu 15% dari asupan hariannya.
• 29 mg Vitamin C dalam 100 gram berat buahnya atau 24 mg vitamin C dalam 1 buah. Kadar ini memenuhi 40% dari asupan harian untuk vitamin C.
• Vitamin B1
• Vitamin B2
• Fosfor
• Kalsium
• 140 mg Kalium dalam 100 gram berat buahnya.
• Natrium
• Pektin
• 0,36 mg zat besi dalam 1 buahnya dan memenuhi 2% dari nilai harian.

Namun, kandungan vitamin C dalam buah belimbing dapat mengalami degradasi atau penurunan seandainya terkena panas dan cahaya yang berlebihan. Oleh karena itu, simpanlah buah ini di kondisi gelap dan dingin untuk menjaga kandungan nutrisinya. Selain itu, hindarilah memotongnya jika tidak langsung dikonsumsi.

I. Apa itu Penyakit Hipertensi?

kandungan buah belimbing

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah pada pembuluh darah meningkat. Selain itu, tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika aliran darah sangat cepat yang menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dan jantung yang bekerja keras untuk mengimbanginya. Jika anda memiliki tekanan darah tinggi 140/90 mmHg atau lebih anda memiliki hipertensi. Namun, batas normal tekanan darah pada setiap kalangan umur adalah berbeda-beda.

Mengingat pembuluh darah ada dimana-mana diseluruh tubuh, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan penyakit komplikasi lainnya seperti stroke. Stroke disebabkan pecahnya pembuluh darah di otak. Selain itu, pecahnya pembuluh darah di organ mata dapat menyebabkan kebutaan. Ditambah, penyakit ini menyerang dan bahkan membunuh secara tiba-tiba.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda perlu menghindari makanan yang banyak mengandung garam dan mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat. Selain itu, anda dapat mengonsumsi buah belimbing secara rutin. Manfaat buah belimbing salah satunya adalah menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

II. Kandungan Buah Belimbing untuk Hipertensi

Kandungan gizi buah belimbing yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi:
• Buah belimbing mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin ini juga berkhasiat sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas masuk kedalam tubuh yang mengoksidasi sel-sel sehat tubuh yang dapat menimbulkan berbagai penyakit degeneratif.
• Vitamin A dalam buah belimbing juga bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit degeratif seperti hipertensi dan stroke.
• Buah ini juga mengandung minera essensial seperti zat besi, zinc, fosfor, dan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk menurunkan kadar kolesterol dan hipertensi.
• Kandungan kalium dalam belimbing sangat berperan penting dalam darah dan cairan tubuh. Kandungan ini mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Mineral ini akan menekan pengaruh buruk yang diakibatkan oleh sodium. Kalium juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, dan otot.

Baca juga : Segudang Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

• Serat larut dalam buah belimbing bermanfaat untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan, mencegah obesitas dan kegemukan,mencegah darah tinggi (hipertensi), dan menghindari penyakit stroke.
• Buah belimbing mengandung vitamin B 1 yang dapat membantu fungsi pembuluh darah dan jantung. Vitamin B1 bermanfaat untuk mendukung produksi acetylcholine yaitu neurotransmitter yang mengirim pesan ke otot dan saraf. Defisiensi dari vitamin ini dapat menyebabkan gangguan detak jantung karena mengganggu neurotransmitter tersebut. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan gagal jantung kongestif.
• Vitamin B2 (Riboflavin) dalam buah ini bermanfaat untuk menjaga kekebalan, daya tahan, atau daya imun tubuh dengan cara menjaga tubuh dari infeksi.
• Kandungan kalsium dalam buah ini memiliki khasiat untuk mengontrol tekanan darah, menjaga kontraksi otot, dan menjaga kesehatan syaraf. Oleh karena itu, kandungan ini akan menjaga fungsi pembuluh darah dan jantung berkerja normal.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.