Apa Saja Penyebab Penyakit Jantung

141 views

Apa Saja Penyebab Penyakit JantungPenyebab penyakit jantung bermacam-macam, mulai dari serangan jantung ringan hingga gagal jantung. Penyakit kronis ini sangatlah berbahaya, karena dapat mengancam nyawa seseorang.

Memang, penyebab penyakit jantung koroner dapat terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Tapi bisa saja beberapa hal tak terduga menjadi faktor risiko penyakit jantung. Untuk itu penting sekali memahami apa saja yang menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung.

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya penyakit jantung, diantaranya:

Obat ADHD

Apa Saja Penyebab Penyakit JantungObat stimulant seperti methylphenidate dan dextroamphetamine yang kamu konsumsi tentu dapat membantu kamu untuk lebih fokus, tapi efek samping yang diberikan dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Jika obat tersebut dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah jantung.

Ada baiknya untuk berkonsultasi langsung dengan dokter jika memutuskan untuk mengkonsumsi obat tersebut untuk mengurangi risiko penyebab penyakit jantung koroner.

Mobil, pesawat, dan kereta

Apa Saja Penyebab Penyakit JantungKesehatan jantung dapat dipengaruhi oleh tingkat kebisingan suara. Mulai dari 50 desibel, setara dengan suara kebisingan lalu lintas dan suara obrolan dapat meningkatkan tekanan darah sehingga kemungkinan terjadinya gagal jantung.

Apabila setiap peningkatan 10 desibel, maka penyakit stroke dan jantung kamu akan meningkat. Hal ini terkait dengan bagaimana tubuh bereaksi terhadap stres.

Jumlah anak yang dimiliki

Apa Saja Penyebab Penyakit JantungUntuk wanita hamil yang lebih dari satu kali mempunyai peningkatan risiko terkena atrial fibrilasi (a-fib). Atrial fibrilasi merupakan detak jantung yang tidak beraturan sehingga menyebabkan terjadinya pembekuan pada darah, stroke, dan komplikasi lainnya.

Dalam sebuah penelitian melaporkan bahwa wanita hamil memiliki risiko empat kali atau peningkatan sekitar 30-50 persen mengalami a-fib dibandingkan wanita yang tidak hamil. Selama masa kehamilan maka jantung akan semakin membesar, sistem kekebalan tubuh meningkat dan hormon menjadi tidak seimbang.

Hal tersebut di gadang-gadang sebagai penyebab penyakit jantung. Tapi masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan keduanya.

Kesepian

Apa Saja Penyebab Penyakit JantungMempunyai sedikit teman dapat membuat hubungan pertemanan atau percintaan menjadi tidak bahagia, sehingga membuat kamu merasa kesepian. Hati-hati, rasa kesepian dapat meningkatkan risiko terkena penyakit stroke dan jantung. Kesepian sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan stres lainnya.

Oleh karena itu, baiknya kamu memperluas pertemanan kamu misalnya dengan gabung ke tim olahraga. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut dan mendapatkan teman yang lebih banyak.

Sering lembur

Apa Saja Penyebab Penyakit JantungSeseorang yang bekerja kurang lebih 55 jam per minggu lebih berisiko terkena penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang bekerja 35-40 jam per minggu.

Hal tersebut disebabkan karena tekanan pekerjaan yang diberikan kantor. Semakin banyak kamu menghabiskan waktu bekerja atau lembur, maka akan semakin banyak pikiran kamu. Sehingga kamu akan lebih gampang terkena stres, lebih banyak duduk, dan kurang olahraga.

Penyakit gusi

Apa Saja Penyebab Penyakit JantungPenyakit gusi dapat menjadi penyebab penyakit jantung karena bakteri yang ada pada gusi mampu menyebabkan pembengkakan di daerah gusi ataupun pembuluh darah arteri.

Hal tersebut dapat membuat arteri pembuluh darah yang membawa darah dari jantung mengalami penebalan karena menumpuknya plak. Kondisi ini sering disebut dengan aterosklerosis, yang membuat darah menjadi sulit untuk mengalir ke jantung. Kondisi inilah yang dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Nyeri bahu

Apa Saja Penyebab Penyakit JantungPenelitian yang dilakukan Journal of Occupational and Environmental Medicine, bahwa orang yang mempunyai kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi, , lebih memungkinkan untuk mengalami nyeri bahu.

Kedua hubungan tersebut belum pasti kebenarannya, namun peneliti menyatakan bahwa mengobati tekanan darah tinggi atau risiko lainnya dapat membantu meredakan rasa nyeri pada bahu.

Nonton tv terlalu lama

Apa Saja Penyebab Penyakit JantungTak ada salahnya menonton tvĀ  sambil istrirahat di rumah. Tapi jika terlalu lama menonton tv dapat menjadi faktor penyebab penyakit jantung. Jika hanya menonton tv berjam-jam sambil ngemil dengan posisi itu-itu saja, maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Asosiasi Jantung Amerika melaporkan bahwa seseorang yang berdiam diri dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama merupakan faktor risiko serangan jantung dan stroke. Tubuh yang tidak bergerak dengan aktif pada umumnya dapat memperburuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama jantung.

Selain itu, saat kamu nonton tv pasti tidak jauh makan-makanan yang cepat saji. Hal tersebut dapat juga meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung.

Usia

Apa Saja Penyebab Penyakit JantungDengan bertambahnya usia seseorang, maka meningkat pula risiko kerusakan dan penyempitan arteri dalam tubuh. Selain itu, kerja otot jantung menjadi melemah seiring bertambahnya usia.

Mungkin kamu tidak akan mampu untuk menghindari beberapa penyebab penyakit jantung, seperti usia. Tapi yang lebih penting adalah menjauhi faktor eksternal dan melakukan langkah mencegah penyakit jantung dengan cara mengubah gaya hidup, yang mungkin secara tidak sadar dilakukan saat beraktivitas sehari-hari.

author
Author: