9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek Samping

115 views

9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek SampingAsam urat biasanya dapat ditangani dengan resep obat dari dokter, walaupun sebagian orang masih percaya akan khasiat obat herbal asam urat.

Obat yang dibuat dari bahan alami sering kali dianggap lebih aman untuk mengatasi sebuah penyakit misalnya asam urat, karena dapat meminimalisir risiko efek samping. selain penggunaan obat herbal adapula pengobatan dengan terapi titik bekam asam urat.

Tapi, tidak semua obat herbal dapat dipakai untuk mengatasi gejala asam urat. Berikut ini adalah beberapa contoh obat herbal asam urat yang pernah diteliti secara medis yang memiliki manfaat untuk asam urat.

1. Jahe

9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek SampingJahe merupakan tanaman herbal yang mempunyai manfaat sebagai obat pereda nyeri asam urat. Manfaat tersebut diduga datang dari zat aktif anti-radang, yaitu shogaol dan gingerols.

Penderita asam urat dapat mengkonsumsi jahe secara rutin setiap hari karena dapat memperbaiki rasa sakit, kekakuan sendi, dan pembengkakan yang signifikan.

2. Cuka Apel

9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek SampingCuka apel yang memiliki rasa asam ini disinyalir dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan asam urat. Sedangkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan bahwa cuka apel dapat meningkatkan kebasaan tubuh (Alkalinitas).

Kadar pH dalam tubuh yang memiliki sifat basa akan turut mempengaruhi kadar pH pada cairan urine. Kadar pH urine yang berubah akan menjadi lebih basa atau Alkali yang disimpulkan oleh penelitian tersebut yang efektif untuk membuang kelebihan asam urat dalam tubuh.

Tetapi, hal tersebut belum jelas apakah penambahan cuka apel dalam asupan makanan yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi keasaman urine.

3. Biji Seledri

9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek SampingSeledri sering kali digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit kandung kemih. Tetapi, ekstrak dari biji seledri kini telah dipercaya sebagai obat herbal asam urat. Dalam biji seledri mengandung senyawa aktif yang bernama luteolin dan 3-N-Butylphthalide (3nb).

Kedua senyawa tersebut telah diteliti dan memiliki manfaat untuk mengatasi peradangan dan mengendalikan produksi asam urat dalam tubuh.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa luteolin dari seledri kemungkinan dapat memberikan perlindungan pada persendian akibat peradangan yang disebabkan oleh Kristal asam urat. Walaupun begitu, penelitian ini baru diuji pada hewan. Karena itu, masih butuh lebih banyak penelitian lanjutan lainnya untuk manusia.

4. Tanaman Jelatang

9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek SampingTanaman jelatang atau sering disebut sebagai urtica dioica, merupakan tanaman herbal yang diyakini sebagai obat herbal asam urat. Ektrak tanaman jelatang mengandung zat antiradang dengan nama hox alpha. Hox alpha dapat menekan pelepasan sitokin yang menjadi pemicu terjadinya peradangan pada sendi.

Selain itu tanaman ini kaya akan kalsium, kalium, dan juga magnesium. Walaupun begitu, masih belum jelas apakah manfaat tanaman jelatang dapat digunakan sebagai obat alami untuk asam urat.

5. Bunga Dandelion

9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek SampingDikutip dari laman Healtline, bahwa ekstrak bunga dandelion dipercaya mampu mengobati asam urat. Jurnal Reinal Failure melakukan penelitian tahun 2016 bahwa bunga dandelion dapat menurunkan kadar asam urat pada penderita yang berisiko terkena sakit ginjal.

Namun, kebenarannya belum terbukti secara medis dan perlu banyak penelitian lagi untuk memastikan hal tersebut.

6. Kunyit

9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek SampingKunyit mengandung senyawa kimia sebagai antiradang yang dapat meredakan peradangan yang disebut curcumin. Kunyit mengandung protein NF-Kappa B adalah zat yang dapat menghasilkan peradangan dalam tubuh.

Saat produksi protein tersebut ditekan, peradangan yang diakibatkan oleh Kristal asam urat pada sendi dapat mereda. Namun, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan kunyit sebagai obat herbal asam urat. Karena dalam beberapa kasus, penggunaan kunyit dapat menyebabkan efek samping kepada penggunanya.

7. Kembang Sepatu

9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek SampingHibiscus atau yang kita kenal sebagai kembang sepatu semakin banyak digunakan Karena dipercaya dapat menjadi obat alami untuk meredakan asam urat.

Biasanya kembang sepatu akan dikonsumsi dengan cara dimakan atau dijadikan sebagai teh. Tapi, masih banyak yang perlu diteliti kembali untuk membuktikan efektivitasnya sebagai obat asam urat.

8. Brotowali

9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek SampingEkstrak jus batang brotowali digadang-gadang sebagai obat herbal asam urat. Brotowali telah dipercaya dapat menetralkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Journal Clinical And Evaluation Research tahun 2014 menunjukkan bahwa brotowali dapat dijadikan obat pereda nyeri untuk asam urat seletah diuji coba pada hewan.  Namun, penelitian itu belum sampai pada manusia, karena itu sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter untuk penggunaan lebih lanjut.

9. Meniran Hijau

9 Obat Herbal Asam Urat Alami Tanpa Efek SampingMeniran hijau dipercaya dapat menghambat produksi asam urat yang berlebih dalam tubuh, sekaligus mampu memecah dan membilas penumpukan Kristal asam urat pada sendi.

Dengan begitu, obat ini ampuh dalam mencegah terjadi asam urat. sebelum menggunakan obat herbal asam urat sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter, pasalnya belum ditemukan penelitian yang jelas dalam menyatakan bahwa meniran hijau benar-benar ampuh dan bebas efek samping.

Telah banyak penetian yang melaporkan beberapa manfaat dari obat herbal asam urat. Namun, kamu tetap perlu konsultasi kepada dokter sebelum menggunakan obat apapun. Sebaiknya kamu meminta saran kepada dokter mengenai obat herbal atau seplemen apapun yang aman utuk dikonsumsi ketika mengalami asam urat.

author
Author: