9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum Terkena

152 views

9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum Terkena Penyakit jantung atau kardiovaskuler merupakan penyakit yang tidak menular, namun menjadi penyebab kematian terbesar hampir di seluruh bagian dunia. karena itu kamu perlu mencegah penyakit jantung tersebut.

Berdasarkan data dari  WHO, penyakit jantung telah merenggut sebanyak 17,7 juta jiwa setiap tahunnya. Dari total tersebut, lebih dari setengahnya diakibatkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke. Kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung ini masih dapat meningkat hingga 23,3 jiwa pada tahun 2030.

Berikut ini adalah cara mencegah penyakit jantung yang perlu kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua cara ini dapat dilakukan oleh orang-orang yang sudah memiliki penyakit jantung.

1. Perhatikan gejala yang mungkin timbul

9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum TerkenaBukan hanya untuk orang-orang yang terkena risiko penyakit jantung, namun tetap waspada setiap perubahan dalam tubuh merupakan dasar yang wajib dilakukan setiap orang untuk berjaga-jaga. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menuliskan perubahan yang timbul setiap kali kamu merasakannya.

Contohnya kesulitan dalam menarik nafas, timbul bengkak pada tangan dan kaki, sesak nafas saat beraktivitas atau berbaring, dan gejala penyakit jantung lainnya. Beritahukan kepada dokter jika mengalami gejala tersebut.

2. Rutin olahraga

9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum TerkenaDengan olahraga yang rutin akan membantu tubuhmu dalam meningkatkan kebugaran jantung dan menurunkan kelesterol juga tekanan darah, hingga berat badan tubuh terjaga. Setidaknya lakukan olahraga minimal 30 menit sehari dalam 5 hari seminggu. Tak ada batasan jenis olahraga apa yang akan kamu lakukan untuk mencegah penyakit jantung.

Pada dasarnya semua olahraga itu baik untuk kesehatan tubuh. kamu dapat berjalan kaki, berenang, yoga, jogging, bersepeda, bahkan tinju.

Jika kamu tidak terbiasa dengan olahraga, sebaiknya cek dulu ke dokter untuk melihat apakah ada batasan tentang apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Melakukan aktivitas fisik pun tidak selalu dengan olahraga. Saat kamu di kantor jadwalkan istirahat pendek dengan bangkit dari kursi, gerakkan tangan dan kaki, dan melakukan pemanasan ringan untuk memompa jantung kamu.

3. Rutin cek tensi

9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum TerkenaCara mencegah penyakit jantung lainnya adalah dengan rutin melakukan cek tekanan darah. Tekanan darah dapat dikatakan normal apabila menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHg. Ketika angka atas (sistolik) berada di antara 120-139, atau angka bawah (diastolik) sekitar 80-89, maka artinya kamu memiliki “prehipertensi”.

Walaupun angka tersebut belum bisa disebut hipertensi, namun tetap saja angka tersebut diatas normal. Apabila nilai tensi yang kamu miliki tinggi, maka risiko hipertensi akan terjadi di kemudian hari. Hipertensi sendiri dapat berisiko terkena stroke dan serangan jantung.

4. Batasi asupan kolesterol

9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum TerkenaCara ideal dalam menjaga tekanan darah adalah dengan mengendalikan asupan makanan dari lemak jenuh dan kolesterol dalam batas normal. Apabila kadar kolesterol LDL kamu melebihi dari 200 mg/dL, maka sebaiknya untuk berhati-hati. Kolesterol jahat yang tinggi mampu mengakibatkan masalah pada jantung.

jika sudah mengalami serangan jantung, sebaiknya kamu menargetkan LDl menjadi 70 mg/dL atau di bawahnya. Hindari makanan yang dapat meningkatkan kolesterol darah seperti sosis, mentega, daging, krim, hingga kue. Intinya perbanyak makan makanan yang tinggi serat dan ikan.

5. Perbanyak minum air putih

9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum TerkenaMengkonsumsi air putih yang banyak dapat melindungi kesehatan jantung. Jika kamu mengidap penyakit jantung, kamu perlu menanyakan sesuatu kepada dokter apakah kamu perlu membatasi asupan cairan yang kamu dapatkan setiap hari.

Perlu kamu ingat, bahwa bukan seberapa banyak yang kamu minum, tapi sumber cairan lain juga perlu kamu perhitungkan seperti sup, dan eskrim. Jika cairan perlu dibatasi, maka timbanglah diri kamu setiap hari. Berat badan yang yang meningkat dengan cepat dapat menjadi tanda bahwa cairan menumpuk dalam tubuh kamu.

6. Perbanyak makan buah dan sayur

9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum TerkenaMengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.  Makanan yang berserat dapat membantu kamu dalam mengelola berat badan agar tetap normal dan sehat.

Kamu bisa mendapatkan asupan serat dari gandum, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Selain itu buah-buahan seperti pisang, apel, dan pir masuk kedalam buah-buahan yang tinggi akan serat. Sedangkan sayuran yang tinggi akan serat adalah brokoli, bayam, dan wortel

7.  Belajar mengelola stres

9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum TerkenaStres merupakan salah satu hal yang wajar terjadi dan dialami oleh banyak orang. Namun masalahnya bukan stres yang menjadi penyebabnya, melainkan bagaimana kamu merespon stres tersebut. Apabila kamu sedang di bawah tekanan, maka tubuh akan memproduksi adrenalin yang membuat jantung bekerja lebih keras. Sehingga tekanan darah menjadi meningkat sebagai akibatnya.

Stres yang kronis dapat membuat seseorang berujung pada serangan jantung apabila tidak di kelola dengan baik. Untuk mencegah penyakit jantung yang dipicu karena stres, kamu perlu lebih pintar dalam mengelola emosi.

8. Berhenti merokok

9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum TerkenaApabila kamu seorang perokok, maka yang perlu kamu lakukan adalah dengan berhenti merokok.  Merokok dapat meningkatkan tekanan dalam darah sehingga merusak pembuluh darah. Karena itu, berhentilah merokok atau hindari asap rokok agar membantu dalam pencegahan penyakit jantung.

9. Mengkonsumsi obat dengan rutin (bagi yang sudah punya penyakit jantung)

9 Langkah Mencegah Penyakit Jantung Sebelum TerkenaKadang perubahan gaya hidup saja tidak cukup untuk mencegah penyakit jantung. Kamu mungkin perlu menggunakan obat penurun tekanan darah untuk mengurangi risiko serangan jantung. Jika dokter memberikan obat-obatan tertentu yang perlu kamu konsumsi, sebaiknya patuhi dengan meminumnya secara  teratur sesuai petunjuk dokter.

Nah, itulah 7 cara dalam mencegah penyakit jantung yang perlu kamu ketahui. Walaupun kamu tidak memiliki riwayat penyakit jantung, namun tetap perlu menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola hidup sehat.

author
Author: