7 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

1059 views

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin. Khasiat buah nanas untuk kesehatan juga banyak. Buah yang memiliki rasa asam manis segar tersebut sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Bahkan jus nanas pun sering difavoritkan untuk mengatasi rasa dahaga. Namun, harap berhati-hati bagi perempuan utamanya yang sedang mengandung karena nanas untuk ibu hamil sangat tidak dianjurkan. Sebelum membahas manfaat buah nanas lebih dalam lagi, mari simak terlebih dahulu tentang isi kandungan nutrisinya.

manfaat buah nanas untuk kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Buah yang memiliki kulit serta daun yang tajam tersebut merupakan buah tropis dengan rasa segarnya yang khas. Manfaat buah nanas bagi kesehatan pun juga sangat banyak dan beberapa diantaranya mungkin jarang diketahui oleh orang. Berikut ini ada beberapa kandungan gizi dari buah nanas yang wajib Anda ketahui, antara lain adalah kalsium, kalium, sukrosa, magnesium, mangan, zat besi, fosfor, thiamin dan kandungan vitamin buah nanas yang paling tinggi adalah vitamin C dan A. Selain itu nanas ternyata juga banyak mengandung serat pangan.

 

Sebelum membahas tentang manfaat buah nanas, mungkin banyak yang penasaran tentang bahaya nanas bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena adanya zat bromealin dan protease pada buah yang masih muda. Kandungan buah nanas muda yang menyebabkan keguguran tersebut bisa membuat suhu air ketuban menjadi naik secara drastis dan hal itu bisa menghambat pertumbuhan janin. Jadi untuk amannya, bagi para bumil lebih baik menghindari buah tersebut. Terlepas dari bahayanya, berikut ini ada beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan yang bisa Anda lihat, antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Di saat cuaca akhir-akhir ini yang tidak menentu, Anda tentu harus menjaga kesehatan selalu supaya tidak gampang sakit. Oleh karena itu, Anda harus banyak menerima asupan vitamin C yang banyak dan salah satu sumber vitamin C yang tinggi ada pada buah nanas. Tercatat kadar vitamin pada nanas tersebut sangat tinggi dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau dibuat jus nanas yang segar.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat buah nanas yang menjadi favorit bagi kaum hawa adalah membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan nanas banyak mengandung serat, sukrosa, energi dan juga vitamin C yang merupakan faktor penurun berat badan. Jika Anda mengkonsumsi buah tersebut secara rutin maka sistem pencernaan akan lancar dan asupan gula alami serta energi di dalam buah itu bisa menekan nafsu makan Anda. Jadi tidak heran bila nanas sering dijadikan buah untuk diet. Bagi yang sedang menjalankan diet, Anda bisa membuat jus nanas tanpa gula.

3. Menyembuhkan flu dan batuk

Manfaat buah nanas muda yang paling banyak diketahui orang adalah bisa menyembuhkan flu dan batuk. Pasalnya buah tersebut terkandung zat bromealin yang cukup tinggi pada buah yang masih muda. Senyawa tersebut bisa membantu melancarkan dahak dan khasiat buah nanas muda tersebut akan sangat terasa bila Anda rutin mengkonsumsinya, niscaya batuk dan flu pun akan cepat teratasi.

4. Mengatasi radang tenggorokan

Selain bermanfaat sebagai obat batuk dan flu, manfaat buah nanas lainnya adalah bisa mengatasi radang tenggorokan. Kandungan vitamin C serta zat antioksidan pada buah ini mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab radang tenggorokan. Cara membuat obatnya pun cukup mudah, parut buah nanas kemudian peras airnya. Air perasan nanas itu kemudian minum secara rutin dan radang tenggorokan akan cepat sembuh.

5. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan fosfor pada nanas bisa dibilang cukup tinggi. Kedua kandungan nutrisi tersebut bisa membuat struktur tulang menjadi lebih kuat dan kokoh tidak mudah rapuh. Oleh karena itu, buah nanas sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari demi tercukupinya kebutuhan kalsium serta fosfor. Yang paling dianjurkan adalah anak-anak pada masa pertumbuhan. Buah ini bisa dijadikan alternatif pilihan apabila mereka tidak menyukai susu.

6. Mengatasi penyakit kulit

Anda sedang mengalami masalah tentang kulit seperti kulit kering, bersisik atau gatal dan masalah kulit lainnya? Anda bisa mengatasinya dengan buah nanas. Ya, manfaat buah nanas memang juga bagus untuk kesehatan kulit utamanya yang sedang terkena penyakit kulit. Cara membuat obatnya pun sangat mudah, pertama parut buah nanas sampai halus kemudian balurkan pada bagian kulit yang bermasalah. Gunakan ramuan tersebut sebelum tidur secara rutin dan bilaslah saat pagi hari. Masalah penyakit kulit pun akan mudah tertangani dengan nanas.

7. Melancarkan pencernaan

Siapa bilang nanas tidak baik bagi kesehatan pencernaan? Buktinya buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena banyak mengandung serat. Serat sendiri sangat baik bagi kesehatan pencernaan terutama usus. Anda bisa mengkonsumsi buah tersebut secara langsung atau dibuat minuman. Minuman dari buah nanas bisa dibuat jus maupun smooties. Sekarang ini banyak ditemui produk minuman dengan memakai gambar nanas dengan berbagai merk yang bisa Anda pilih.

 

Pernahkah Anda mendengar tentang nanas madu? Ya, itu adalah salah satu jenis nanas yang paling banyak dijual. Lalu apa perbedaan nanas madu dengan nanas biasa? Yang pertama adalah rasanya, rasa dari nanas madu jauh lebih manis dibandingkan dengan nanas biasa. Bahkan yang belum begitu matang pun rasanya sudah terasa manis. Kemudian ciri-ciri nanas madu berikutnya adalah daging buahnya yang empuk serta legit dibandingkan dengan nanas biasa yang agak sedikit keras. Kandungan air pada nanas madu pun juga sangat banyak sehingga bisa melegakan dahaga. Tak heran jika harga nanas madu jauh lebih mahal dibandingkan dengan nanas lainnya yang dijual di pasar.

buah nanas muda

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Meskipun rasanya enak dan manis, tetapi mengkonsumsi nanas madu berlebihan itu tidak baik. Efek samping nanas madu yang paling nyata adalah bisa meningkatkan kadar gula darah. Jadi bagi para penderita diabetes lebih baik tidak mengkonsumsi jenis nanas tersebut karena kandungan gulanya yang tinggi, meskipun itu merupakan gula alami atau sukrosa. Kemudian efek samping yang kedua adalah bisa menimbulkan alergi. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif harap berhati-hati bila terlalu banyak mengkonsumsi nanas madu maka badan bisa ruam-ruam. Terlepas dari itu semua, Anda tadi sudah melihat beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan. Dengan demikian, Anda tidak usah ragu lagi untuk tidak mengkonsumsinya. Namun perlu digaris bawahi, ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsinya karena akan dikhawatirkan mengalami keguguran. Meskipun ada juga yang jarang mengalami dan tidak mengkonsumsi terlalu banyak atau secukupnya saja, tetapi lebih amannya Anda hindari saja mengkonsumsi buah tersebut saat sedang hamil muda atau trimester pertama.

 

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.