5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat

2846 views

Wanita pasti mengidamkan rambut yang tebal, sehat, lembut, berkilau, dan nampak sehat. Dengan bahan alami minyak zaitun, anda sudah bisa memiliki rambut yang sehat tanpa memerlukan produk perawatan rambut berbahan kimia. Minyak zaitun (Olive Oil) merupakan minyak tak jenuh tunggal yang berasal dari buah zaitun (Olea Europea). Buah zaitun banyak tumbuh di kawasan Asia, Afrika, dan Mediterania.

manfaat minyak zaitun untuk rambut

Minyak ini mengandung vitamin penting yang dibutuhkan oleh rambut yaitu karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, vitamin A, C,D, E, K, lignoserat, asam stearat, asam palmitat, asam arachidat, asam maristat, asam lemak essensial, dan asam lemak tak jenuh. Kandungan minyak ini juga berupa kalsium, zat besi, potassium, asam oleat, dan polifenol yang berguna untuk kecantikan rambut anda. Berikut ini adalah manfaat minyak zaitun untuk rambut.

1. Mengatasi Rambut Kering akibat Alat Penata Rambut

Bagi anda yang sering meluruskan, mengeriting, mengembangkan, dan bleaching rambut dengan menggunakan alat-alat penata rambut seperti catok dan hair dryer, rambut anda lama-lama akan menjadi tidak sehat dan kering. Rambut kering bisa terjadi akibat rambut sering bersentuhan dengan alat penata rambut atau styling dengan suhu yang panas. Rambut pun akan sering dijepit diwarnai, dan diputar dengan menggunakan bahan kimia yang akan membuat rambut rusak dan kering.

Rambut sama halnya dengan kulit tubuh anda yang lain. Apakah yang anda rasakan jika kulit anda bersentuhan dengan benda bersuhu panas? Sakit, perih, dan terjadi luka bakar. Rambut kering akibat alat penata rambut ini akan memicu masalah rambut lainnya yaitu rambut rontok, patah, dan bercabang. Gunakanlah minyak zaitun untuk rambut ini sebagai kondisioner yang digunakan setelah keramas yang akan melembabkan rambut anda.

Kandungan-kandungan dam minyak zaitun yang berfungsi untuk melembabkan rambut kering:
• Minyak zaitun termasuk lemak sehat dan tak jenuh yang berguna untuk melembabkan kulit kepala dan rambut yang kering akibat alat penata rambut.
• Kandungan vitamin A, E, dan K dalam minyak zaitun berkhasian antioksidan untuk melindungi keratin rambut dengan menjaga kelembabannya.
• Minyak zaitun mengandung squalene, asam palmitat, dan asam oleat yang memiliki khasiat untuk melembutkan rambut.
• Minyak ini mengandung vitamin D, E, niacin, dan biotin yang berguna untuk menutrisi rambut kering.

Cara menjadikan minyak zaitun untuk mengatasi rambut kering akibat alat penata rambut:
• Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala dan rambut dari akar hingga ujung.
• Lakukan pijatan kecil dengan menggunakan ujung jari agar minyak zaitun mudah meresap kedalam kulit kepala.
• Tutuplah rambut dengan menggunakan handuk hingga 30 menit
• Anda juga bisa mengaplikasikannya pada malam hari sebelum tidur
• Cuci bersih dengan shampoo pada keesokan harinya.

2. Melebatkan Rambut

Minyak zaitun telah digunakan sejak zaman dahulu oleh kalangan wanita Timur Tengah untuk melebatkan rambut, alis, dan bulu mata, bahkan sejak anak masih bayi. Minyak zaitun yang diaplikasikan dalam suhu hangat akan lebih mujarab untuk melebatkan rambut anda. Anda harus menggunakan minyak zaitun ini mulai dari kulit kepala, akar rambut, hingga ujung rambut sehingga akar rambut akan menghasilkan rambut yang lebat.

minyak zaitun untuk melembabkan rambut

Berikut ini adalah kandungan minyak zaitun yang berguna untuk melebatkan rambut:
• Kandungan vitamin D, E, niacin, dan biotin merupakan nutrisi dalam minyak zaitun yang berguna untuk meningkatkan kesuburan rambut dan menjadikan kulit menjadi lebat.
• Khasiat anti jamur dan anti bakteri dalam minyak zaitun juga berfungsi untuk membasmi bakteri dan jamur penyebab masalah rambut yang dapat membuat rambut menjadi tipis.
• Minyak zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tinggi yang salah satu jenisnya yaitu extra virgin olive oil atau minyak zaitun asli berguna untuk membantu pertumbuhan rambut.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk melebatkan rambut adalah sebagai berikut:
• Kocoklah dua butir telur dengan dua sendok makan minyak zaitun hingga tercampur dan mengembang ( telur mengandung vitamin A, B, D, E, dan protein yang berguna untuk melebatkan rambut).
• Oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala dan rambut dari akar hingga ujung.
• Diamkan hingga 10 menit.
• Cuci bersih dengan shampoo alami.

3. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, apakah anda memilih menggunakan hair extension yang cepat, instan, namun menimbulkan risiko ataukah anda memilih menggunakan bahan alami minyak zaitu yang mudah, murah, dan aman digunakan? Minyak zaitun akan memperbaiki folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut akan cepat.

Minyak ini juga akan mempertahankan agar rambut tetap terhidrasi dan lembab sehingga kulit akan sehat dan memiliki pertumbuhan yang cepat. Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, minyak zaitun dapat dikonsumsi secara langsung atau digunakan secara topikal.

Kandungan minyak zaitun untuk mempercepat pertumbuhan rambut:
• Minyak zaitun jenis Extra virgin yang melaui tahap First Cold Press memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut.
• Manfaat minyak zaitun untuk rambut diantaranya kandungan vitamin E berguna untuk menutrisi rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Berikut ini adalah cara cara pemakaian minyak zaitun untuk mempercepat pertumbuhan rambut:
• Gunakanlah minyak zaitun yang telah dihangatkan (minyak zaitun yang hangat memiliki khasiat yang lebih baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut).
• Aplikasikan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala dan rambut sambil dipijat agar nutrisi minyak zaitun lebih meresap. Proses pemijatan juga berfungsi untuk membersihkan kotoran dari kulit kepala dan merangsang percepatan pertumbuhan rambut.
• Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.
• Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mencegah Rambut Rontok

Minyak zaitun merupakan minyak yang hampir mirip dengan minyak alami yang diproduksi tubuh untuk melembabkan kulit kepala sehingga kulit kepala sehat dan rambut tidak mudah rontok. Rambut rontok atau penipisan rambut dapat terjadi akibat polusi udara, paparan UV sinar matahari, obat-obatan, dan pola makan yang buruk. Minyak ini mampu untuk menghambat produksi hormon Dihidrotestosteron atau DHT yang dapat menyebabkan rambut rontok pada batang rambut.

minyak zaitun untuk mengatasi kerontokan rambut

Berikut ini adalah kandungan minyak zaitun untuk mencegah rambut rontok:
• Apa manfaat minyak zaitun adalah diantaranya kandungan vitamin E, D, niacin, dan biotin berguna untuk mencegah kerontokan rambut dan menutrisi rambut.
• Minyak zaitun memiliki khasiat antibakteri dan antijamur yang berguna untuk mengatasi masalah infeksi pada kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut rontok.
• Minyak ini memiliki khasiat antioksidan yang menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan.
• Kandungan gizi, nutrisi, vitamin, dan mineral essensial minyak zaitun yang dikonsumsi langsung atau digunakan secara topikal berfungsi untuk menyehatkan rambut.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk mencegah rambut rontok:
• Siapkan minyak zaitun, teteskan ke kulit kepala dan rambut anda sambil dipijat perlahan agar cepat meresap.
• Lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur.
• Bersihkan rambut pada keesokan harinya agar nutrisi minyak zaitun lebih menyerap pada kulit kepala dan rambut.

5. Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah substansi kecil berwarna putih yang dapat menyebabkan gatal pada kulit kepala. Substansi ini disebabkan oleh mikroorganisme, produksi minyak berlebih, dan sensitivitas individual. Ketombe dapat menimbulkan noda putih di rambut dan bahu. Minyak zaitun untuk perawatan rambut salah satunya adalah menghilangkan ketombe pada rambut dan kulit kepala.

Kandungan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe diantaranya:
• Minyak zaitun mengandung khasiat anti bakteri dan anti jamur yang berguna untuk menghilangkan bakteri, mikroba, dan jamur penyebab ketombe.
• Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun berguna untuk menutrisi kulit kepala sehingga rambut terhindar dari ketombe.

Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun:
• Campurlah minyak zaitun dengan shampoo yang anda gunakan untuk keramas (pilihlah shampo alami).
• Aplikasikan ke rambut anda seperti keramas biasa.
• Cuci bersih dengan air.

Kini anda telah mengetahui manfaat-manfaat yang luar biasa dari minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan rambut anda. Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun tersebut secara rutin dan teratur. Anda juga bisa menggunakannya sebagai hair mask untuk mengambil manfaat minyak zaitun untuk rambut.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.