10 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

2400 views

Pepaya merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis. Buah yang berasal dari Amerika Latin tersebut sangat digemari oleh semua usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena rasanya yang enak. Bahkan anak bayi pun juga doyan memakan buah berwarna jingga pada dagingnya tersebut. Lalu apakah manfaat buah pepaya itu baik untuk kesehatan? Pertanyaan tersebut memang pas diajukan mengingat pepaya sering difavoritkan untuk dikonsumsi tiap hari. Sebelum membahas lebih dalam lagi tentang manfaat buah pepaya bagi kesehatan, ada baiknya jika mengetahui isi kandungan pepaya terlebih dahulu.

manfaat buah pepaya

Nutrisi dan Manfaat Buah Pepaya yang Wajib Diketahui

Tanaman pepaya merupakan salah satu tanaman tropis yang dimanfaatkan buahnya. Tetapi bagi masyarakat Indonesia sendiri, tak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat tetapi daun pepaya dan bunganya juga memiliki khasiat tersendiri. Misalnya pada daunnya, daun buah tersebut sering dijadikan jamu dan manfaat daun pepaya bisa untuk menambah nafsu makan serta menyembuhkan penyakit malaria dan kina. Tak heran jika khasiat buah pepaya maupun daunnya tersebut, sekarang ini buah pepaya banyak dibudidayakan.

 

Sebelum mengetahui tentang manfaat buah pepaya, pada bagian ini akan dibahas tentang nutrisi yang terkandung dalam buah tersebut. Yang pertama adalah buah pepaya mengandung vitamin A dan C, selain itu pepaya juga mengandung serat. Kandungan serat pada buah tersebut merupakan yang paling tinggi di antara buah lainnya. Kemudian pepaya juga mengandung kalsium, fosfor, potassium, kalium, zat antioksidan, natrium, zat besi dan magnesium. Karena banyaknya nutrisi di dalamnya, tak heran jika manfaat buah pepaya sangat banyak, tak hanya untuk kesehatan saja tetapi juga baik bagi kecantikan.

 

Namun perlu Anda garis bawahi, tidak semua pepaya itu baik untuk dikonsumsi terutama bagi ibu hamil. Pernahkah Anda menjumpai pertanyaan bolehkah ibu hamil makan pepaya setengah matang? Pertanyaan tersebut kerap kali muncul ketika para bumil tak sengaja memakan pepaya setengah matang pada rujak. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena pepaya muda memiliki kandungan pepsin dan getahnya tersebut beresiko meningkatkan kontraksi dan memicu terjadinya keguguran. Jadi untuk para bumil sebaiknya mengkonsumsi pepaya yang sudah matang. Lalu apakah ada manfaat buah pepaya muda? Umumnya pepaya muda dijadikan sayur oleh kebanyakan orang.

 

Setelah mengetahui beberapa penjelasan singkat tentang kandungan nutrisi dan tentang pepaya muda untuk bumil, berikut ini ada beberapa poin tentang manfaat buah pepaya yang bisa Anda ketahui.

1. Melancarkan pencernaan

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika pepaya menjadi rajanya buah soal melancarkan sistem pencernaan. Hal itu karena buah tersebut terdeteksi memiliki serat pangan yang begitu tinggi dan juga banyak mengandung air. Kandungan itulah memiliki fungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengatasi sembelit. Tak heran jika buah ini dimanfaatkan sebagai obat pencahar alami. Sebagai info, buah ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan seperti bayi MPASI, anak-anak, orang dewasa maupun ibu hamil.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah pepaya yang kedua adalah menjaga kesehatan mata. Buah tropis tersebut tercatat memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan juga didukung adanya zat betakaroten yang bisa mempertajam penglihatan. Mata Anda pun akan selalu sehat apabila sering mengkonsumsi buah ini setiap hari dan akan terhindar dari penyakit mata.

3. Mencegah kanker

Buah dengan rasa manis tersebut juga memiliki manfaat yang luar biasa yaitu mencegah kanker. Karena banyak mengandung zat antioksidan dan juga vitamin C, buah ini pun dipercaya bisa menangkal radikal bebas. Tentu Anda semua sudah tahu jika bahaya radikal bebas bisa mengakibatkan tumbuhnya sel kanker dan tumor di dalam tubuh. Oleh karena itu rajin-rajinlah mengkonsumsi buah utamanya pepaya.

4. Membantu diet

Tahukah Anda jika manfaat buah pepaya untuk diet itu juga sangat bagus. Pepaya banyak mengandung serat dan juga energi yang bisa memperlancar sistem pencernaan. Energi yang terkandung di dalamnya bisa menekan nafsu makan Anda dan karena itulah manfaat buah pepaya bisa menurunkan berat badan.

5. Menghaluskan wajah

Selain baik bagi kesehatan, manfaat buah pepaya untuk wajah pun juga ada yaitu bisa menghaluskan kulit wajah. Dengan membuat masker dari buah tersebut, Anda akan menjadikan wajah menjadi halus dan lembut. Caranya, blender pepaya sampai halus kemudian oleskan pada bagian wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin hingga wajah terasa halus dan lembut.

6. Mencegah jerawat

Selain untuk menghaluskan wajah, manfaat buah pepaya untuk kecantikan adalah mencegah jerawat. Daging buah pepaya yang sudah difermentasi terbukti bisa membantu mengecilkan pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mencegah timbulnya jerawat.

7. Memperkuat tulang dan gigi

Buah yang berdaging empuk ini ternyata juga bisa memperkuat tulang dan gigi. Kandungan kalsium dan fosfor pada buah tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang serta gigi. Khusus bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, sangat disarankan untuk selalu mengkonsumsi buah ini karena bisa mempercepat dan menguatkan tulang.

8. Menurunkan kolesterol

Pepaya juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol berlebih di dalam tubuh. Serat pangan yang tinggi dan didukung oleh vitamin C serta zat antioksidan bisa membantu menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, buah pepaya untuk diet bagi seseorang yang memiliki kolesterol serta lemak jahat sangat dianjurkan.

9. Menghaluskan tumit yang pecah-pecah

Anda merasa kurang percaya diri karena tumit pecah-pecah? Jangan khawatir karena sekarang ini Anda bisa mengembalikan rasa percaya diri Anda dengan pepaya. Pasalnya pada getah pepaya muda bisa mengatasi masalah tersebut, caranya Anda cukup mengoleskan getah pepaya muda di bagian tumit yang pecah-pecah lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu cucilah kaki dengan menggunakan air hangat dan lakukanlah sampai tumit menjadi halus.

10. Meningkatkan sistem imun tubuh

Meningkatkan sistem imun supaya tidak gampang sakit bisa juga dibilang salah satu manfaat buah pepaya untuk ibu hamil. Kandungan zat antioksidan, vitamin C dan juga zat besi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bumil. Sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan supaya tidak gampang sakit saat mengandung supaya tumbuh kembang janin tidak terganggu dan bermasalah.

 

pohon pepaya

 

Baca juga : Manfaat Buah Sirsak yang Perlu Anda Ketahui

 

Dari beberapa manfaat di atas, tentu mengkonsumsi pepaya sangat dianjurkan. Mengingat khasiatnya yang begitu luar biasa, budidaya pepaya marak sekali dilakukan. Menanam pohon pepaya pun juga tidak sulit karena tidak memerlukan lahan yang luas. Di halaman rumah pun pepaya sudah bisa tumbuh subur karena memang buah tersebut sangat pas di daerah tropis terutama Indonesia. Setelah mengetahui poin-poin manfaat buah pepaya, maka jangan ragu lagi untuk selalu mengkonsumsinya dan menjadikan buah tersebut sebagai buah yang wajib ada di rumah.

author
Author: 
    Khasiatkesehatan dot com adalah media digital yang menyajikan artikel-artikel terbaik seputar dunia kesehatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.